Comscore Tracker

Hal yang Terjadi pada Anak Jika Orangtua Terlalu Permisif, Bikin Manja

Ini kekurangan saat anak terlalu dimanja

Pola asuh orangtua waktu kecil menjadi tolak ukur bagaimana anak mampu mengembangkan diri. Penelitian oleh psikolog Diana Baumrind, menemukan tiga pola asuh populer yaitu pola asuh otoriter, otoritatif, dan permisif.

Pada pola asuh permisif, orangtua memang lebih responsif pada kebutuhan anak. Namun sayangnya, pola asuh ini juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa hal buruk yang terjadi pada anak apabila orangtua menerapkan pola asuh permisif. 

1. Anak memiliki kendali diri yang rendah

Hal yang Terjadi pada Anak Jika Orangtua Terlalu Permisif, Bikin Manjapexels/Jessica West

Anak yang dibesarkan dengan pola asuh permisif, kurang memahami konsekuensi atau akibat dari apa yang mereka lakukan. Orangtua biasa memberi konsekuensi secara tidak konsisten. Mereka akan luluh ketika anak mulai bersikap manja dan memohon sesuatu.

Hal ini mengakibatkan anak memiliki kendali diri yang rendah. Kelonggaran orangtua terhadap aturan yang telah dibuat sebelumnya, justru bisa menjadi kelemahan karena pada akhirnya anak tidak dapat mengontrol dirinya sampai batas kesepakatan. 

2. Anak lebih mungkin bermasalah secara akademis

Hal yang Terjadi pada Anak Jika Orangtua Terlalu Permisif, Bikin Manjapexels/Gustavo Fring

Melansir 4 Types of Parents and Their Effects on Kids dari EFATA Christian School 2018 oleh Ami Morin, anak dengan orangtua permisif lebih mungkin bermasalah secara akademis.

Anak cenderung mengembangkan masalah perilaku karena mereka kurang bisa menghargai otoritas dan aturan. Bahkan pada beberapa kasus, anak bisa menjadi rendah diri dan rentan mengalami kesedihan.

3. Anak lebih beresiko mengalami masalah kesehatan seperti obesitas

Hal yang Terjadi pada Anak Jika Orangtua Terlalu Permisif, Bikin Manjapexels/Ketut Subiyanto

Dalam penelitiannya, Ami Morin juga mengemukakan bahwa anak yang dibesarkan dengan pola asuh permisif, lebih berisiko terhadap masalah kesehatan seperti obesitas.

Orang tua permisif kurang mampu memberi batasan terhadap makanan seperti junk food pada anak. Anak juga lebih mungkin memiliki gigi berlubang karena orangtua kurang bisa menerapkan kebiasaan yang baik. Misalnya, menyikat gigi dengan rutin. 

Baca Juga: 6 Pola Asuh yang Tanpa Sadar Bikin Anak Suka Membantah

4. Anak jadi kurang bertanggung jawab terhadap tugas hingga suka memberontak

Hal yang Terjadi pada Anak Jika Orangtua Terlalu Permisif, Bikin Manjapexels/Gustavo Fring

Apabila orangtua terlalu menerima, menuruti, atau mengikuti kemauan anak, maka anak akan tumbuh dengan batasan yang kurang jelas. Inilah alasan kenapa anak dengan pola asuh permisif kurang mampu bertanggung jawab atas perilaku atau pilihan yang diambil.

Hal ini berbanding terbalik dengan pola asuh otoritarif, di mana orangtua mampu memberikan aturan atau batasan rasional yang harus dipatuhi. 

Pada pola asuh permisif, orangtua jarang, bahkan mungkin tidak pernah memberikan hukuman dari konsekuensi perilaku yang salah. Ini yang membuat anak menjadi suka memberontak, suka mendominasi, dan kurang jelas arah hidupnya.

Apabila terus dibiarkan, anak bukan hanya kurang memahami dampak perilaku pada dirinya, namun juga orang lain.

5. Anak memiliki kebiasaan manja, egois, bahkan mudah menyerah saat keadaan terdesak

Hal yang Terjadi pada Anak Jika Orangtua Terlalu Permisif, Bikin Manjapexels/Ketut Subiyanto

Kebebasan yang biasa diperoleh anak, juga mengakibatkannya jadi manja, egois, kurang disiplin, dan mudah menyerah. Hal ini bahkan dijadikan tameng ketika mereka berada dalam keadaan terdesak.

Selain itu, anak dengan pola asuh permisif biasanya mengembangkan kepribadian yang kurang percaya diri. 

Pola asuh permisif membuat anak lebih mungkin mengalami masalah perilaku karena kurang mampu mengontrol diri. Orangtua seharusnya perlu memahami hal ini dan tak terlalu memanjakan anak karena itu juga berdampak negatif pada pengembangan dirinya.

Baca Juga: Pola Asuh seperti Ini Terbukti Berpotensi Menjadikan Anak Psikopat

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya