Comscore Tracker

5 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga, Coba Tegur Sapa Duluan!

Tetangga merupakan 'saudara' terdekatmu, lho!

Menjaga hubungan dengan tetangga sangat diperlukan, karena mau bagaimana pun juga, tetangga layaknya adalah saudara terdekatmu. Maka dari itu, kamu perlu membina hubungan baik dengan tetangga agar kamu lebih nyaman dan aman berada di rumah.

Bayangkan saja jika kamu tidak akur dengan tetanggamu, pasti kamu bawaannya ingin pindah rumah dan tidak nyaman berada di lingkungan rumah. Namun, mungkin ada banyak orang yang kurang paham bagaimana cara menjaga hubungan yang baik dengan tetangga.

Melalui ulasan kali ini, penulis memberikan beberapa cara untuk menjaga hubungan baik dengan tetangga. Perhatikan caranya dibawah ini!

1. Tegur sapa duluan

5 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga, Coba Tegur Sapa Duluan!ilustrasi saling menyapa (pexels.com/Zen Chung)

Cara menjaga hubungan yang baik dengan tetangga yaitu kamu perlu tegur sapa duluan. Jangan sampai kamu hanya ingin disapa duluan, lho! Karena hal ini akan mempersulit kamu bila ingin memiliki hubungan baik dengan tetanggamu.

Kamu bisa sekadar tersenyum saat berpapasan dengan tetanggamu ketika di lingkungan rumahmu. Kamu juga bisa tambahkan sedikit basa basi, misalnya ketika tetanggamu terlihat hendak pergi ke suatu tempat, kamu bisa ucapkan "hati-hati di jalan ya".

Jika kamu melihat tetangga sedang santai, kamu bisa mulai ajak bicara dengan bertanya "akhir-akhir ini jarang keliatan, sedang sibuk, ya?" atau kamu bisa bertanya tentang kabar terkini mereka agar bisa memecahkan suasana awkward

2. Tolong tetanggamu bila meminta bantuan

5 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga, Coba Tegur Sapa Duluan!ilustrasi menolong (pexels.com/Tim Samuel)

Selanjutnya, kamu bisa mengulurkan pertolongan ketika tetanggamu meminta bantuan. Ingat, tetanggamu adalah saudara terdekatmu, jadi sebisa mungkin kamu bantu tetanggamu agar mereka merasa lebih lega karena mendapatkan bantuan darimu.

Dengan adanya interaksi seperti ini, nantinya kamu dan tetanggamu akan saling tolong menolong. Nah, seiring berjalannya waktu, kamu akan lebih akrab dengan tetanggamu dan kamu akan merasa lebih nyaman bila berada di sekitar kawasan rumahmu.

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Tak Mampu Jalani Hubungan Jangka Panjang dengan Pacar

3. Saling menghargai, bukan saling menggosipi

5 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga, Coba Tegur Sapa Duluan!ilustrasi berbincang (pexels.com/William Fortunato)

Mungkin kata tetangga cukup identik dengan kata saling menggosipi atau saling julid. Tetapi, kamu bisa hindari hal yang satu ini lebih dahulu. Ketika kamu ada kesempatan berkumpul dengan tetangga, lebih baik hindari menggosipi tetangga lainnya yang tidak hadir.

Sebisa mungkin jangan sampai kamu terlibat dalam dunia pergosipan para tetangga, karena nantinya akan berujung tidak baik dan kamu akan gagal menjalin hubungan baik dengan tetanggamu. Lebih baik kamu menghargai tetanggamu saja lebih dulu, sehingga kamu terhindar dari situasi yang bikin runyam nantinya.

Jika tetanggamu ketahuan suka menggosipimu dibelakangmu, lebih baik kamu diamkan saja dan hindari saja bila tidak perlu ditanggapi. Karena percayalah, terkadang para tetangga yang suka gosip hanya tidak ada kerjaan saja.

4. Jaga halamanmu agar selalu rapih

5 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga, Coba Tegur Sapa Duluan!ilustrasi halaman rumah bersih (pexels.com/Magda Ehlers)

Salah cara menjaga hubungan baik dengan tetanggamu yaitu menjaga kebersihan halamanmu. Dikutip All Womens Talk, bila kamu menjaga kebersihan halamanmu hingga terlihat rapih, maka sama saja kamu menghargai tetanggamu. 

Banyak orang yang merasa bahwa bagaimana cara tetangga menjaga kebersihan halaman mereka menjadi cerminan dari diri mereka.

Jika kamu rajin memangkas rumput secara teratur, maka akan terlihat lebih rapih dan siapa pun yang melihatnya pun akan merasa lebih senang dibandingkan melihat halaman yang kotor dan berantakan.

5. Berbagi makanan 

5 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga, Coba Tegur Sapa Duluan!ilustrasi memberi makanan (pexels.com/RODNAE Productions)

Bagi kamu yang berniat untuk menjaga hubungan baik dengan tetanggamu, kamu bisa berbagai makanan dengan tetanggamu saat ada momentum yang tepat. Misalnya, ketika sedang lebaran, kamu bisa berbagai ketupat, opor ayam, atau kue sambil berbincang untuk menjaga tali silaturahmi.

Dengan saling berbagi makan, kamu dan tetanggamu akan semakin dekat dan kemungkinan rasa sungkan terhadap sama lain akan semakin berkurang. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terlalu canggung saat bertemu dengan tetanggamu.

Mungkin cara-cara yang sudah disebutkan untuk menjaga hubungan baik dengan tetangga terdengar sangat sederhana, tetapi nyatanya, masih banyak yang lupa, lho! Nah, bagi kamu yang sudah membaca semua caranya, jangan lupa kamu terapkan, ya!

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Tetangga yang Iri dan Dengki, Tetap Tenang, ya!

Fajrina Annisa Photo Verified Writer Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya