Comscore Tracker

Bukan Malas, Ini 5 Alasan Anak Tidak Suka Membantu Pekerjaan Rumah

orang tua wajib tahu, nih

Pekerjaan rumah harus diselesaikan seluruh penghuni rumah, termasuk orang tua dan anak. Namun, kalau sejak kecil anak jarang diberi tanggung jawab dan tidak dilibatkan dalam pekerjaan rumah maka saat dewasa anak tidak akan terbiasa dan tidak mau membantu.

Tanpa menasehati terlebih dahulu, tidak sedikit orang tua yang langsung menyebut anaknya pemalas. Padahal bukan hanya karena malas, tapi ada lima alasan lain penyebab anak tidak suka membantu pekerjaan rumah. Apa saja? Baca sampai selesai, ya!

1. Melakukan pekerjaan rumah membosankan

Bukan Malas, Ini 5 Alasan Anak Tidak Suka Membantu Pekerjaan Rumahilustrasi ibu memberi pujian pada anak (Pexels.com/Alex Green)

Siapa sih yang senang melakukan pekerjaan rumah tangga? Tentunya tidak ada. Selain melelahkan, pekerjaan rumah juga membosankan. Apalagi bagi anak-anak yang sedang dalam fase senang bermain. Namun, orang tua harus mengubah pola pikir supaya anak tetap terlibat.

Tidak perlu dengan cara sulit, cukup berikan apresiasi setiap anak selesai mengerjakan sesuatu. Apresiasi dalam bentuk pujian, ucapan terima kasih hingga uang saku dapat meningkatkan semangat dan membuat hubungan anak lebih dekat dengan orang tua.

2. Anak tidak diajari tanggung jawab sejak kecil

Bukan Malas, Ini 5 Alasan Anak Tidak Suka Membantu Pekerjaan Rumahilustrasi anak belajar memasak (Pexels.com/RODNAE Productions)

Saat orang tua mengajarkan tentang pekerjaan rumah, di saat yang sama anak sedang belajar sikap tanggung jawab. Kalau sejak kecil sudah terlibat pada pekerjaan rumah, anak akan menyadari kalau di rumah dia juga punya peran penting untuk membantu orang tua.

Meskipun hasil pekerjaan anak tidak sebagus saat orang tua yang mengerjakan, jangan marah. Tetap sabar dan bantu anak melatih sikap tanggung jawabnya dengan memberikan pekerjaan yang ringan.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Rumah Dean Smith untuk Cegah Norwich City Terdegradasi

3. Anak dianggap menghambat pekerjaan rumah

Bukan Malas, Ini 5 Alasan Anak Tidak Suka Membantu Pekerjaan Rumahilustrasi anak membantu ibunya membuat adonan kue (Pexels.com/Gustavo Fring)

Pekerjaan rumah memang lebih cepat selesai kalau dikerjakan oleh orang dewasa karena anak sering membuat masalah sehingga menghambat selesainya pekerjaan. Namun, kalau dibiasakan anak akan belajar untuk berhati-hati dan bersikap lebih dewasa.

Mulailah dengan melakukan hal mudah seperti membagi tugas. Misalnya, saat memasak, berikan anak tugas untuk menyiapkan bahan masakan. Semakin terbiasa membantu, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter dan senang menolong.

4. Orang tua menggunakan pekerjaan rumah sebagai hukuman

Bukan Malas, Ini 5 Alasan Anak Tidak Suka Membantu Pekerjaan Rumahilustrasi ayah memarahi anak (Pexels.com/monstera)

Tidak sedikit orang tua yang menggunakan pekerjaan rumah sebagai hukuman supaya anak menyesal dengan perbuatannya. Bukannya melatih sikap tanggung jawab, anak justru akan merasa semakin terbebani.

Cukup gunakan pekerjaan rumah sebagai hukuman ketika anak berbuat salah pada saudaranya. Untuk menebus kesalahan, buat anak menggantikan pekerjaan yang biasa dilakukan saudaranya. Dengan begitu, anak akan belajar bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan.

5. Anak merasa tidak mampu melakukan pekerjaan rumah

Bukan Malas, Ini 5 Alasan Anak Tidak Suka Membantu Pekerjaan Rumahilustrasi anak mencuci baju (Pexels.com/cottonbro)

Minimnya apresiasi dari orang tua dan akibat sering dimarahi ketika berbuat kesalahan, membuat anak merasa tidak mampu untuk membantu. Apalagi kalau sambil dibentak dan disebut pemalas, anak akan semakin tidak mau mengerjakan pekerjaan rumah.

Coba berikan nasihat dan ajak anak untuk membantu sambil berbincang tentang hal-hal yang seru. Jangan melontarkan kata-kata yang menyakiti hati anak. Dengan begitu, anak akan mau membantu pekerjaan rumah secara bertahap.

Mendidik anak supaya terbiasa untuk membantu memang tidak mudah, ya. Namun, kalau lima alasan di atas sudah dipahami sambil mencoba mengubah pola pikir sebagai orang tua, tidak menutup kemungkinan kalau anak pun bisa berubah secara perlahan.

Baca Juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Terbiasa Mandiri dengan Pekerjaan Rumah

Alia Azhara Photo Verified Writer Alia Azhara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya