Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Saat Orangtua Memberi Label Ini Pada Anak, Bahaya!

Jangan pernah anggap remeh, ya!

Pada dasarnya, semua orangtua ingin yang terbaik bagi anak-anaknya. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mengusahakan anak agar memperoleh pendidikan. Ya, orangtua punya harapan yang besar pada si anak. Nah, tak jarang orangtua menilai si anak belum memberikan usaha terbaiknya, entah dari nilai sekolah atau saat ia tidak bisa mengerjakan sesuatu. 

Jika orangtua tidak sabar, maka kata 'bodoh' sering diucapkan kepada anak dengan tujuan agar anak berusaha lebih keras lagi. Padahal hal tersebut punya berbagai dampak buruk lho, apalagi bila sering diucapkan yang artinya sama saja melabeli si anak dengan kata 'bodoh' tersebut. Jadi, ada 5 dampak buruk saat orangtua melabeli anak dengan kata 'bodoh'. Yuk kita simak!

1. Anak akan kehilangan rasa percaya dirinya

5 Dampak Buruk Saat Orangtua Memberi Label Ini Pada Anak, Bahaya!houstonbehavioralhealth.com

Jangan salah, label 'bodoh' yang diberikan orangtua pada si anak, punya efek yang tak bisa dianggap remeh. Orangtua adalah figur yang dipercayai oleh anak, sehingga sangat mungkin kalau anak langsung percaya dengan ucapan orangtuanya. 

Kalau hal itu terjadi, maka anak pun akan kehilangan rasa percaya dirinya. Ia benar-benar merasa bodoh, sehingga nantinya ia tidak punya keyakinan untuk menjadi lebih baik lagi, akibat label negatif yang tertanam kuat. Bahaya banget, 'kan?

2. Anak menjadi rentan terhadap stres

5 Dampak Buruk Saat Orangtua Memberi Label Ini Pada Anak, Bahaya!melbournechildpsychology.com.au

Walau dianggap demi kebaikan si anak, standar tinggi yang ditetapkan orangtua sangat berpotensi menimbulkan stres dan perasaan tertekan bagi anak. Anak akan merasa tertekan dan tidak nyaman saat ia tidak mampu untuk memenuhi standar tinggi dari orangtuanya.

Belum lagi, saat anak tak sesuai harapan orangtua, label 'bodoh' pun terkadang langsung diberikan pada anak. Ingat, tidak semua anak mau menunjukkan perasaan mereka yang tertekan dan stres akibat tuntutan orangtua yang terlampau tinggi. Pastinya sebagai orangtua kamu tentu tak ingin anakmu merasa stres dan tertekan, 'kan?

3. Anak merasa tidak dihargai oleh orangtuanya

5 Dampak Buruk Saat Orangtua Memberi Label Ini Pada Anak, Bahaya!stayathomemum.com

Dampak buruk lain saat orangtua memberi label 'bodoh' adalah anak akan merasa kecewa dengan orangtuanya, sebab orangtua dianggap tidak menghargai dirinya dengan baik. Hubungan orangtua dan anak juga akan ikut terpengaruh lho, akibat dari pemberian label 'bodoh' tersebut.

Anak mungkin jadi tidak percaya pada orangtuanya lagi. Padahal, penghargaan dari orang tua adalah hal yang penting untuk anak dan bisa memotivasinya agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sekalipun menurutmu anak belum berhasil, tetaplah bersikap sabar dan tenang, ya.

Baca Juga: 5 Langkah Menjadi Orangtua yang Bersahabat bagi Anak Remaja

4. Potensi dalam diri anak akan terkubur

5 Dampak Buruk Saat Orangtua Memberi Label Ini Pada Anak, Bahaya!aninception.com

Setiap anak punya potensinya masing-masing. Orangtua sering terburu-buru menyimpulkan kalau anaknya tidak pandai atau bahkan bodoh berdasarkan nilai atau hasil akademik yang diperoleh. Padahal, bila anak belum berhasil pada suatu bidang atau mata pelajaran tertentu, bukan berarti ia tidak memiliki bakat atau potensi apapun.

Bisa jadi, anak punya potensi di bidang atau mata pelajaran lain. Mungkin juga, potensi anak hanya belum terasah karena belum menemukan cara yang tepat. Jadi, peran orangtua untuk mendampingi dan mendukung anak sangatlah penting, agar anak dapat berkembang sesuai potensinya masing-masing.

5. Bukan tidak mungkin, masa depan anak nantinya ikut terpengaruh dengan label 'bodoh' tersebut

5 Dampak Buruk Saat Orangtua Memberi Label Ini Pada Anak, Bahaya!kidcastlecareers.com

Masa depan memang tak ada yang pasti, namun sebagai manusia kita bisa berusaha dengan maksimal. Nah, dampak jangka panjang yang tidak disadari orangtua akibat pemberian label 'bodoh' adalah masa depan anak yang ikut terpengaruh. 

Bila anak terus meyakini kalau dirinya 'bodoh', maka mungkin di masa depan keyakinan tersebut akan terus dipegangnya dan memengaruhi dirinya. Misalnya, ia menjadi tidak percaya diri dengan kemampuannya dalam dunia kerja. Sebaliknya, bila orangtua selalu mendukung anak secara positif dengan perilaku dan ucapan, maka mudah-mudahan anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang positif.

Nah, itulah kelima dampak buruk dari label 'bodoh' yang diberikan orangtua kepada anak. Semoga para orangtua bisa lebih bersikap bijak saat berbicara dengan anak. Bila anak melakukan kesalahan, nasihatilah dengan baik dan sabar. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Orangtua Perlu Tahu! 6 Perlakuan Ini Tak Baik untuk Mental Anak

Frederick K Photo Community Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You