Comscore Tracker

6 Hal yang Bisa Dilakukan Anak di Satu Tahun Pertamanya!

Penting banget mengamati perkembangan bayi

Setelah penantian selama sembilan bulan dalam kandungan, kamu pasti excited banget ya untuk melihat tumbuh kembang buah hati setiap hari. Si Kecil pasti selalu memiliki kejutan yang bakal bikin kamu takjub sebagai orangtua. 

Nah, maka dari itu, enam hal yang bisa dilakukan anak di satu tahun pertamanya ini wajib kamu ketahui. Biar kamu tahu kalau si Kecil tumbuh dengan baik!

1. Mulai dari mengoceh, tersenyum sampai tertawa saat diajak bicara

6 Hal yang Bisa Dilakukan Anak di Satu Tahun Pertamanya!Freepik/javi_indy

Kapan bayi mulai bisa senyum, tertawa dan mengoceh? Semua itu berlangsung secara bertahap. Buat kamu yang baru punya anak pertama, pasti harap-harap cemas kira-kira umur segini seharusnya sudah bisa melakukan apa ya? Tersenyum dan tertawa biasanya sudah bisa dilakukan oleh bayi usia 3 bulan.

2. Belajar berguling sendiri

6 Hal yang Bisa Dilakukan Anak di Satu Tahun Pertamanya!Freepik/freepic.diller

Di usia 3 sampai 4 bulan, beberapa bayi memang sudah ada yang mampu mengenali suara. Tapi di usia ini pula, meski masih sangat sedikit, ada juga bayi yang sudah bisa berguling, bertepuk tangan pelan, dan menoleh saat ada suara keras. Yang pasti, perkembangan bayi secara bertahap itu wajar dan kamu sebagai orangtua nggak perlu terlalu khawatir.

3. Meniru hingga menoleh saat mendengar suara

6 Hal yang Bisa Dilakukan Anak di Satu Tahun Pertamanya!Freepik/freepic.diller

Perkembangan bayi yang berumur 6 bulan diantaranya bisa berguling ke kanan dan ke kiri, bermain ludah, menirukan suara, serta menoleh saat ada suara. Sebagian bayi ada yang sudah bisa meraih sesuatu yang ada di hadapannya lalu dimasukkan ke mulut. Coba cek, si Kecil sudah bisa melakukan ini semua belum?

4. Duduk dengan tegak sendiri hingga merangkak

6 Hal yang Bisa Dilakukan Anak di Satu Tahun Pertamanya!Freepik/v.ivash

Jika kamu bertanya-tanya, kapan bayi bisa duduk sendiri? Jawabannya saat ia memasuki usia 7 bulan. Saat ia berusia 7 bulan biasanya mulai bisa duduk sendiri dengan tegak dan menirukan suara orang yang berbicara. Di usia ini ada juga bayi yang sudah lancar merangkak serta melambaikan tangannya.

5. Mulai deh belajar berdiri

6 Hal yang Bisa Dilakukan Anak di Satu Tahun Pertamanya!Freepik/rawpixel.com

Di usianya yang ke 9 bulan, perkembangan bayi umumnya meliputi belajar berdiri sambil bertumpu pada benda di sekitarnya serta memadukan ocehan sampai menirukan kata-kata. Saat menginjak 10 bulan, si Kecil mulai dapat merangkak dengan lancar hingga menjelajahi seluruh sisi rumah. Kamu sebagai orangtua harus makin waspada nih. 

Perlu dicatat, kemampuan motorik sebagian bayi ada yang sudah lebih lancar, tapi bisa berbeda satu sama lain. Jadi, Mama atau Papa nggak usah terlalu parno ya.

6. Saat hampir 1 tahun, ia mulai jago berjalan sampai bisa menyebut Papa-Mama

6 Hal yang Bisa Dilakukan Anak di Satu Tahun Pertamanya!Freepik/rawpixel.com

Mendekati ulang tahun pertamanya, biasanya si Kecil sudah bisa membedakan panggilan “Mama” dan “Papa” dengan benar, serta berdiri sendiri selama beberapa saat. Beberapa bayi ada yang mulai suka meniru yang dilakukan orang lain, memahami perintah yang sederhana, dan mengumpulkan benda ke wadah.

Bahkan ada juga bayi yang bisa membungkuk dari posisi berdiri, memiliki satu kosa kata baru, dan bisa minum dari gelas. Pastinya, aksinya bakal bikin makin gemas deh. Tapi jika kamu mendapati perkembangan bayi tidak sama dengan bayi lain seusiannya, nggak usah khawatir.

Perlu diketahui, masing-masing bayi memang memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Kamu hanya perlu memberikan terus stimulasi yang dibutuhkan oleh bayi supaya ia dapat berkembang dengan baik. Jika ada yang terasa berbeda, kamu boleh berkonsultasi melalui laman Tanya Pakar. 

Di sana ada para ahli yang akan membantu Papa dan Mama. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu. Klik di sini ya untuk info lengkapnya!

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Berita Terkini Lainnya