Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Jadi Stres di Rumah, Warna Cat Tembok Bisa Jadi Alasan!

#IDNTimesLife Sudah menata rumah dengan baik?

Banyak hal yang bisa memicu stres. Kamu bisa stres karena pekerjaan, hubungan dengan orang lain, masalah keuangan, dan lainnya. Rumah pun bisa jadi salah satu pemicu stres yang kamu abaikan. Rumah memiliki kekuatan untuk menentukan suasana hati hingga kamu harus menatanya agar tidak membuat stres.

Amber Dunford, Pakar Psikologi Desain dan Stylist di Overstock, mengatakan bahwa hunian yang berantakan bisa memberi tekanan pada pikiran. Yuk, simak alasan kenapa rumah bisa menjadi faktor yang membuatmu stres!

1. Tidak mendapatkan cukup cahaya di dalam rumah

5 Alasan Kamu Jadi Stres di Rumah, Warna Cat Tembok Bisa Jadi Alasan!unsplash.com/@ceeesk

Pencahayaan yang baik bisa mengubah suasana hatimu. Dunford menyarankan untuk memilih jenis lampu yang tepat dan serta memastikan rumah mendapat cahaya alami dari luar.

Cahaya alami juga bisa berperan dalam meningkatkan suasana hati agar kamu tidak stres. Kamu bisa membuka jendelamu agar cahaya matahari bisa menembus masuk ke rumah.

2. Warna cat tembok yang terlalu heboh

5 Alasan Kamu Jadi Stres di Rumah, Warna Cat Tembok Bisa Jadi Alasan!unsplash.com/@chuttersnap

Warna terang bisa mengubah mood dari santai menjadi stres. Dunford mengatakan bahwa warna terang dan kontras memang baik untuk memberi energi pada manusia. Tapi, kalau diterapkan dalam waktu lama, ini akan menyebabkan kecemasan dan stres.

Namun, bukan berarti kamu menghilangkan warna itu sepenuhnya. Kamu bisa menempatkan warna ini di bagian tertentu dan menambah unsur warna alam seperti cokelat dan hijau. Proporsi yang tepat bisa menetralkan warna terang dan mengurangi stres.

Baca Juga: Tips Lebih Produktif Saat Kerja di Rumah Selama Pandemik, Kasih Jeda!

3. Tidak ada variasi warna cat tembok rumah

5 Alasan Kamu Jadi Stres di Rumah, Warna Cat Tembok Bisa Jadi Alasan!unsplash.com/@filios_sazeides

Jika kamu berpikir warna terang dan berani bisa membuat stres, kamu bisa membuat semua ruangan berwarna putih bersih. Sayangnya, warna putih juga bisa membuat rumah jadi tempat yang penuh tekanan.

Tanpa adanya variasi, kamu juga bisa merasakan stres karena bisa menimbulkan respon yang berlawanan dari ketenangan yang didapat dari warna alami. Kamu bisa membuat variasi warna dengan warna beige yang lebih teduh atau abu-abu.

4. Bentrokan pola pada stiker dan aksen tembok

5 Alasan Kamu Jadi Stres di Rumah, Warna Cat Tembok Bisa Jadi Alasan!unsplash.com/@sahan_jay

Pernah melihat tembok yang terlalu banyak wall sticker dan aksen tertentu? Dunford mengatakan bahwa terlalu banyak variasi dan bentrokan pola dan warna, bisa mengacaukan suasana ruangan.

Ia menyarankan agar kamu meminta saran yang lebih ahli dalam menggabungkan warna dan pola sehingga tercapai keseimbangan warna yang diinginkan dan tidak membuatmu stres.

5. Terdapat bagian berantakan yang terlihat jelas

5 Alasan Kamu Jadi Stres di Rumah, Warna Cat Tembok Bisa Jadi Alasan!unsplash.com/@citrusboy

Marie Kondo ternyata benar bahwa rumah yang rapi bisa menimbulkan kebahagiaan. Sebaliknya, suasana berantakan dan kacau bisa membuatmu lelah secara mental.

Kamu akan fokus pada tumpukan baju atau tumpukan dokumen yang berantakan di depan mata. Karenanya, kamu tidak bisa mengatur pikiranmu dengan lebih tenang.

Dunford menyarankan agar kamu meminimalisir kekacauan di rumah dengan menaruhnya dalam keranjang sehingga tidak terlihat secara langsung. Kamu pun tak terlalu terbayang akan kekacauan itu dan bisa fokus memikirkan pekerjaan atau hal lain yang lebih penting.

Itu dia alasan kenapa rumah bisa membuatmu stres. Kamu juga bisa menata rumahmu dengan saran dari ahli desain interior agar lebih menenangkan dan tidak menambah stres. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kerja dari Rumah Jadi Lebih Capek? Ini 5 Tips Supaya Tetap Enjoy

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya