Comscore Tracker

Kampanye #IndonesiaCintaMembaca Tingkatkan Kebiasaan Baca Sejak Dini

Sarana anak-anak mengembangkan karakter

Kebiasaan membaca sejak dini merupakan salah satu langkah awal dalam mengenalkan literasi pada anak-anak. Eddy Henry, Head of Early Childhood Education and Development dari Tanoto Foundation, mengajak untuk ikut dalam gerakan #IndonesiaCintaMembaca dan menyadari akan pentingnya kebiasaan membaca sejak dini.

Melalui Webinar #IndonesiaCintaMembaca: Manfaat Storytelling untuk Perkembangan Karakter Anak, pada Rabu (30/9/2020), Eddy ingin membuat kebiasaan membaca sebagai sesuatu yang fun dan asyik sehingga kebiasaan ini bisa dilakukan setiap harinya. Lalu, bagaimana manfaat kebiasaan membaca sejak dini berpengaruh bagi pertumbuhan seseorang, ya? Yuk, simak.

1. Menjadikan kebiasaan membaca sejak dini sebagai investasi masa depan

Kampanye #IndonesiaCintaMembaca Tingkatkan Kebiasaan Baca Sejak DiniWebinar #IndonesiaCintaMembaca

Indiana Basitha, Program Communication and Advocacy Manager dan Early Childhood Education Development dari Tanoto Foundation, mengatakan bahwa anak-anak yang bisa mencintai membaca tanpa disuruh ternyata cenderung memiliki sedikit kesulitan dalam masa sekolahnya.

"Pengaruhnya ke depan ternyata banyak sekali dampaknya. Efeknya, anak yang tidak suka membaca ternyata tingkat kriminalitasnya cenderung lebih tinggi ketika nanti mereka berada di usia remaja," kata Basitha. Namun, yang disayangkan, minta baca masyarakat Indonesia masih rendah.

2. Fakta buruknya literasi dan budaya membaca yang rendah

Kampanye #IndonesiaCintaMembaca Tingkatkan Kebiasaan Baca Sejak DiniWebinar #IndonesiaCintaMembaca

Satria Dharma, penggagas Gerakan Literasi Sekolah (GLS), menyampaikan fakta bahwa literasi Indonesia amsih rendah.  Menurut Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), budaya membaca di Indonesia menempati posisi terendah dari 53 negara di Asia Timur.  Ini belum ditambah fakta bahwa oleh Program Penilaian Pelajar Internasional (PISA) kita menempati kedua terendah.

Satria mengingatkan akan bahaya krisis literasi yang jarang disadari.

"Kalau di Indonesia, dampaknya adalah indonesia menjadi pengirim buruh migran terbesar di dunia. TKI kita itu sudah sembilan juta," kata Satria.

Selain itu, dampak krisis ini juga menyebabkan masyarakat sangat mudah percaya dengan hoaks, fitnah, hatespeech.

3. Tujuan membaca adalah dari tidak tahu menjadi tahu

Kampanye #IndonesiaCintaMembaca Tingkatkan Kebiasaan Baca Sejak Diniunsplash.com/@porkbellysteve

Di Indonesia, sekolah memang tidak mewajibkan untuk membaca karya sastra, tapi hanya dianjurkan. Anjuran ini sebaiknya didorong pula oleh orangtua untuk membangkitkan minat baca anaknya. Satria juga menyampaikan bahwa membaca adalah landasan belajar sehingga dengan menerapkan kebiasaan membaca sejak dini, kamu bisa menyiapkannya untuk sekolah.

Satria menyarankan untuk menantang anak-anak untuk membaca dan memberikan reward. Itu bsia menjadi stimulus bagi anak untuk membaca lebih banyak. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti program 1000 books before kindergarten. Kamu bisa membacakan 1 buku anak singkat setiap hari sehingga anak terbiasa membaca sejak sebelum masuk TK.

Baca Juga: Dongeng 'Malin Kundang' untuk Pengantar Tidur Anak Agar Tidak Durhaka

4. Jangan membacakan cerita secara asal, tetapi pahami dulu sebelum menyampaikan ke anak

Kampanye #IndonesiaCintaMembaca Tingkatkan Kebiasaan Baca Sejak DiniWebinar #IndonesiaCintaMembaca

"Membaca buku itu, bagaikan kita menyajikan makanan buat anak-anak kita," analogi ini disampaikan oleh Awam Prakoso, founder dari Kampung Dongeng Indonesia. 

Ia mengatakan sama halnya dengan membaca, jangan hanya sekadar menyenangkan dan menghibur, tapi memiliki nilai-nilai dan kekuatan karakter yang harus diterima oleh anak-anak.

Saat hendak membacakan buku ke anak, kamu sebaiknya membaca terlebih dulu bukunya. Kamu pun menjadi tahu poin-poin penting yang harus disampaikan ke anak sehingga anak bisa tertarik untuk membaca sendiri.

5. Target membaca untuk anak bukan menyelesaikan buku, tapi memancing minat baca

Kampanye #IndonesiaCintaMembaca Tingkatkan Kebiasaan Baca Sejak Diniunsplash.com/@picsea

Awam menyampaikan bahwa tujuan membaca untuk anak bukan menyelesaikan sebuah buku, tapi bagaimana membuat anak antusias terhadap cerita dan buku yang dibacakan.

"Bagaimana kita ketika berada di tengah-tengah cerita buku itu sudah direbut oleh anak kita. Nah, itu biasanya adalah challenge tersendiri bagi saya," katanya.

Kamu harus bisa membaut anak tertarik untuk membaca dan mengambil dari tanganmu sebelum selesai. Itu akan mendorongnya untuk membaca sendiri dan menerapkan kebiasaan membaca itu sendiri kepada anak.

6. #IndonesiaCintaMembaca mendorong orangtua untuk menyadari pentingnya membaca cerita untuk anak

Kampanye #IndonesiaCintaMembaca Tingkatkan Kebiasaan Baca Sejak Dinitanotofoundation.org

Basitha dari Tanoto Foundation menjelaskan bahwa gerakan #IndonesiaCintaMembaca ini bekerja sama dengan Nila Tanzil, yaitu pendiri taman bacaan pelangi. Ia juga bekerja sama dengan Ayo Dongeng Indonesia, Rumah Dongeng mentari, Komunitas Read Aloud Indonesia untukk mendukung gerakan ini.

Gerakan ini mempunyai beberapa kegiatan. Pertama, Weekly Storytelling di IG Live, agar mudah dijangkau oleh ibu-ibu sehingga tidak perlu join dalam video conference. Lalu, webinar literasi membaca dan bekerja sama dengan radio lokal untuk pembacaan cerita anak. Kemudian, pelatihan storytelling karena bercerita tidaklah mudah perlu keterampilan dari suara dan ekspresi yang harus dilatih.

Kegiatan lainnya yang bisa diikuti untuk mendukung gerakan ini adalah kompertisi #MomenBacaBersama di Instagram. Kamu bisa mengikutinya tanpa harus jadi orang tua, cukup abadikan momen membaca bersama anak-anak. Kamu bisa mengunggahnya di sosial media dan tag ke Tanoto Foundation dan 3 orang teman. Setiap bulan akan ada 3 pemenang dan mendapat hadiah menarik.

Itu dia pentingnya membaca sejak dini untuk anakmu. Kamu bisa membacakan cerita singkat sekitar lima menit untuk anakmu setiap hari sehingga anak terbiasa membaca buku.

Baca Juga: Dongeng 'Kancil dan Buaya' untuk Meninabobokan Si Kecil Sebelum Tidur

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya