Comscore Tracker

Tips Mengurangi Rasa Cemas Pasca Melahirkan untuk Ibu Baru

#IDNTimesLife Pahami perubahan hormon ini

Menjadi ibu baru adalah tantangan tersendiri, terutama di masa pandemik ini. Pasca melahirkan, seorang ibu tentu mengkhawatirkan banyak hal tentang anaknya.

Rasa khawatir dan cemas yang secara konstan datang, tentu melelahkan dan bisa mengganggu kesehatanmu. Lalu, bagaimana mengatasi rasa cemas setelah melahirkan ini? Yuk, simak tips mengurangi rasa cemas pasca melahirkan berikut ini!

1. Sadari bahwa rasa cemas ini datang karena perubahan hormon

Tips Mengurangi Rasa Cemas Pasca Melahirkan untuk Ibu Baruunsplash.com/Sharon McCutcheon

Perubahan hormon setelah melahirkan, ternyata dapat berdampak pada rasa cemas ibu baru. Dilansir What to Expect, setelah melahirkan, beberapa ibu mengalami perubahan hormon yang drastis dan bisa berdampak pada kecemasan dan suasana hatimu.

2. Ingatlah bahwa perasaanmu bukanlah pertanda kamu adalah ibu yang buruk!

Tips Mengurangi Rasa Cemas Pasca Melahirkan untuk Ibu Baruunsplash.com/lucy wolski

Terkadang, rasa cemas berlebih ini datang karena kamu merasa belum mampu jadi ibu yang baik. Cobalah untuk menyadari bahwa perasaanmu ini tak menandakan hal tersebut!

Untuk menghilangkan perasaan tak nyaman seperti ini, kamu bisa mencari tips parenting sehingga kamu pun bisa belajar lebih baik lagi. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas parenting agar yakin kalau bukan hanya kamu yang seperti itu.

3. Cobalah untuk tetap aktif bergerak!

Tips Mengurangi Rasa Cemas Pasca Melahirkan untuk Ibu Baruunsplash.com/@p34k

Saat menjadi ibu baru, bukan berarti kamu harus selalu mengurus anak terus-menerus. Dilansir Parents, Dr. Margaret Howard, Ph.D, Ahli Pospartum Depression, menyarankan ibu untuk lebih aktif bergerak. Kamu bisa berolahraga atau jalan-jalan untuk mengalihkan pikiran dari rasa cemas.

Baca Juga: 10 Adu Gaya Mama Muda Anissa Aziza vs Acha Sinaga, Bak Mahasiswi!

4. Carilah dukungan dan terapi yang dibutuhkan!

Tips Mengurangi Rasa Cemas Pasca Melahirkan untuk Ibu Baruunsplash.com/seth reese

Saat merasa cemas dan khawatir, cobalah menyampaikan perasaanmu pada pasangan atau teman. Dilansir Parents, kalau kamu memiliki orang yang bisa diajak bicara tentang perasaanmu, itu bisa membuatmu teralih dari pikiran untuk terus-menerus menjaga anak.

5. Cobalah melakukan meditasi!

Tips Mengurangi Rasa Cemas Pasca Melahirkan untuk Ibu Baruunsplash.com/sean roy

Tidak hanya menghilangkan rasa cemas yang biasa, meditasi juga berguna untuk ibu baru. Kamu bisa melakukan meditasi sebelum tidur sehingga lebih rileks. Kamu pun menjadi lebih tenang, rasa cemasmu hilang, dan istirahatmu lebih berkualitas.

Ini dia hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurasi rasa cemasmu sebagai ibu baru. Yuk, sama-sama belajar mengendalikan emosi dan perasaanmu!

Baca Juga: 10 Adu Pesona Celine Evangelista Vs Ayu Ting Ting, Mama Muda Seumuran

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya