Comscore Tracker

6 Inspirasi Nama Anak dari Presiden Soeharto, Didominasi Bahasa Jawa

Terasa banget ningratnya!

Salah satu mantan presiden Indonesia, Soeharto, merupakan presiden dengan masa jabatan terlama. Ia diketahui memiliki enam orang anak yang juga punya karier di dunia politik. Mari kita simak inspirasi nama anak dari keluarga Soeharto berikut ini!

1. Siti Hardijanti Rukmana merupakan anak pertama Presiden Soeharto & Tien Soeharto. "Siti" bermakna tanah dalam bahasa Jawa

6 Inspirasi Nama Anak dari Presiden Soeharto, Didominasi Bahasa JawaInstagram.com/tututsoeharto

Siti Hardijanti Rukmana atau biasa dikenal dengan nama Tutut, merupakan mantan Menteri Sosial Republik Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII. Nama "Siti" dalam bahasa Jawa memiliki arti tanah. Sementara dalam bahasa Mesir dan Afrika, berarti wanita.

Untuk nama tengah, "Hardi" dalam bahasa Jawa bermakna tinggi dan dalam bahasa Sunda bermakna gunung. Sementara "Janti" diambil dari kata "Yanti". Dalam bahasa Indonesia, maknanya rajin bekerja, kedamaian, serta halus dan lembut. Sedangkan dalam bahasa Sunda, maknanya adalah seorang dewi.

Untuk nama "Rukmana" sendiri adalah nama belakang sang suami, yaitu Indra Rukmana. Dalam bahasa Indonesia, memiliki makna cemerlang.

2. Anak kedua Soeharto adalah seorang laki-laki yang dinamai Sigit Harjojudanto. "Sigit" bermakna tampan atau luar biasa baik

6 Inspirasi Nama Anak dari Presiden Soeharto, Didominasi Bahasa JawaInstagram/tututsoeharto

Anak kedua presiden Soeharto ini, merupakan pendiri klub sepak bola Arseto Solo. Dalam gambar, Sigit yang memakai topi. "Sigit" bermakna nama tampan, luar biasa baik, dan tegas dalam bahasa Jawa.

Nama "Harjojudanto" diambil dari kata "Harjo" dan "Yuda". Masing-masing berasal dari bahasa Jawa. " Harjo" adalah selamat, untung, dan baik. "Yuda" adalah perang.

3. Bambang Trihatmojo, salah satu anak presiden Soeharto yang sudah banyak dikenal orang. "Bambang" artinya prajurit

6 Inspirasi Nama Anak dari Presiden Soeharto, Didominasi Bahasa JawaInstagram/mayangsaritrihatmodjoreal

Dalam bahasa Indonesia, nama "Bambang" memiliki banyak makna. Di antaranya adalah pemuda dan prajurit. Sementara dalam bahasa Jawa memiliki arti "kesembuhan".

Untuk nama "Trihatmojo" diambil dari kata "Tri" yang berarti tiga dan "Atmaja" yang maknanya anak atau putra. Jadi, "Trihatmojo" bermakna anak ketiga.

4. Anak keempat presiden kedua tersebut, Siti Hediati Hariyadi, memiliki makna wanita yang cerdas dari kata "Haryadi"

6 Inspirasi Nama Anak dari Presiden Soeharto, Didominasi Bahasa Jawainstagram.com/titieksoeharto

Siti Hediati Hariyadi atau yang biasa dikenal dengan nama Titiek. Untuk nama "Siti" memiliki arti yang sama seperti anak pertama Soeharto, yaitu tanah dalam bahasa Jawa. Namun dalam bahasa Mesir dan Afrika, nama "Siti" memiliki arti wanita.

Sementara "Hediati" berasal dari "Hedi" dan "Ati". "Hedi" adalah baik hati atau manis (Jawa). "Ati" adalah hati (Jawa). "Haryadi" pun ada dalam bahasa Jawa dan memiliki arti baik dan mulia.

5. Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto memiliki makna nama pembawa keberuntungan dari kata "Hutomo"

6 Inspirasi Nama Anak dari Presiden Soeharto, Didominasi Bahasa JawaInstagram/hputrasoeharto

Tommy pernah menjabat menjadi Fraksi Karya Pembangunan DPR RI pada tahun 1992-1998. Merunut arti namanya, "Hutomo" sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki arti pembawa keberuntungan. Sementara dalam bahasa jawa, "Mandala" memiliki makna wilayah, daerah, dan negara. Nama "Putra" memiliki arti anak laki-laki.

6. Jadi anak bungsu, Siti Hutami Endang Hadiningsih memiliki arti perilaku mulia dari "Endang"

6 Inspirasi Nama Anak dari Presiden Soeharto, Didominasi Bahasa JawaInstagram/mamieksoeharto

Siti Hutami Endang Adiningsih merupakan anak bungsu dari Presiden Soeharto. Nama "Hutami", dalam bahasa Jepang memiliki arti pupil mata. Ia juga merupakan bentuk feminin dari " Hutomo".

Dalam bahasa Jawa, "Endang" memiliki makna tenang, halus dan memiliki perilaku yang mulia. "Adiningsih" berasal dari "Adi" dan "Ningsih". "Adi" bermakna unggul atau besar (Sansekerta) dan "Ningsih" adalah dalam kasih (Jawa).

Itu dia inspirasi nama anak dari Presiden Soeharto. Lebih kental dengan bahasa Jawa, ya?

Topic:

  • Geralda Talitha
  • Febriyanti Revitasari

Just For You