Comscore Tracker

Gak Cuma Testpack, Kamu Bisa Cek Kehamilan Dengan 5 Bahan Dapur Ini

Ada yang sudah pernah kamu coba sebelumnya?

Testpack memang sudah menjadi alat andalan banyak orang, saat mereka ingin mengetahui telah berhasil hamil atau belum. Pemakaiannya yang mudah, harganya yang terhangkau, serta hasilnya yang relatif akurat, membuatnya menjadi primadona alat tes kehamilan.

Nah, sekarang lupakan testpack sejenak. Tahukah kamu kalau bahan-bahan alami yang tersedia di dapurmu juga bisa menjadi alat tes kehamilan? Jauh sebelum testpack digunakan, terdapat cara tradisional untuk mengetahui apakah seseorang sudah hamil atau belum. Caranya tersebut dengan menggunakan beberapa bahan dapur yang tentu saja, sangat mudah didapatkan.

Biar gak makin penasaran, berikut 5 bahan dapur yang bisa kamu gunakan sebagai alat tes kehamilan.

1. Gula

Gak Cuma Testpack, Kamu Bisa Cek Kehamilan Dengan 5 Bahan Dapur Inihacked.com

Dilansir dari parenting.firstcry.com gula memang bisa dijadikan sebagai alat tes kehamilan yang cukup akurat. Ambil satu sendok makan gula dan letakkan dalam sebuah mangkuk kecil.

Kemudian, tuangkan sedikit urine pertamamu di pagi hari pada gula tersebut. Jika gula tersebut berubah larut setelah ditetesi urine, kemungkinan kamu belum berhasil hamil. Namun, jika gula tersebut malah membentuk gumpalan, kemungkinan sekarang sudah ada janin yang tumbuh di rahimmu.

Hal ini bisa terjadi karena dalam urine wanita yang sedang hamil, terdapat hormon yang disebut HCG (Human Chorionic Gonatdotropin). Hormon inilah yang menyebabkan gula tak bisa larut saat dicampur dengan urine, namun malah membentuk gumpalan.

2. Garam

Gak Cuma Testpack, Kamu Bisa Cek Kehamilan Dengan 5 Bahan Dapur Ininews.yale.edu

Setelah tadi menggunakan bahan dapur yang manis, sekarang menggunakan bahan dapur yang bercita rasa asin, garam. Pada urine pertama di pagi hari yang telah diletakkan di wadah kecil, masukkan satu hingga dua jumput garam. Sama dengan gula, garam yang dicampur dengan urine, akan membentuk gumpalan berwarna putih. Hal ini menandakan bahwa sang wanita memang sedang berbadan dua.

Baca Juga: 10 Tanda-Tanda Kehamilan yang Wajib Diketahui, Hamil atau Tidak ya?

3. Cuka

Gak Cuma Testpack, Kamu Bisa Cek Kehamilan Dengan 5 Bahan Dapur Inibathfitterjersey.com

Cuka merupakan bahan dapur yang relatif murah dan mudah didapatkan. Cuka yang akan digunakan adalah cuka berwarna bening yang sering digunakan untuk keperluan memasak, jadi bukan cuka apel ya!

Untuk mengecek kehamilanmu, pertama-tama taruh dulu cairan cuka pada sebuah wadah kecil. Setelahnya, tuangkan cairan urine pertama di pagi hari pada cuka tersebut sedikit demi sedikit. Aduk hingga dua cairan itu tercampur rata dan kemudian diamkan selama lebih kurang 5 menit. Perhatikan apakah ada perubahan warna pada campuran cairan tersebut, karena jika memang ada, berarti kamu memang sedang dalam keadaan hamil.

4. Baking Soda

Gak Cuma Testpack, Kamu Bisa Cek Kehamilan Dengan 5 Bahan Dapur Inimedicalnewstoday.com

Tak hanya untuk membuat kue, baking soda juga bisa lho digunakan untuk mengecek kehamilanmu. Berdasarkan informasi dari medicalnewstoday.com, saat seorang wanita sedang hamil, campuran urine pertamanya di pagi hari dengan baking soda akan menghasilkan suatu reaksi.

Ambil dua sendok makan baking soda dan letakkan dalam sebuah wadah kecil. Setelahnya, tuangkan sedikit cairan urine pada baking soda tersebut. Jika terjadi reaksi karbonasi, berupa munculnya buih dan bunyi desis saat dua bahan ini bertemu, maka itu menjadi pertanda bahwa kamu memang positif hamil.

5. Minyak Tuna dan Cuka

Gak Cuma Testpack, Kamu Bisa Cek Kehamilan Dengan 5 Bahan Dapur Inihaibunda.com

Jika tadi hanya menggunakan cuka, untuk cara yang satu ini, pengecekan kehamilan dilakukan dengan bantuan minyak tuna. Dalam wadah kecil, tuangkan cuka dan minyak tuna dengan jumlah yang sama, misalnya saja sebanyak satu sendok makan. Setelahnya, tambahkan dengan urine sebanyak masing-masing cairan sebelumnya.

Perhatikan perubahan warna campuran ketiga cairan ini setelah diaduk rata. Jika warnanya berubah menjadi agak jingga, itu berarti kamu belum hamil. Sedangkan, jika warnanya berubah menjadi kehijauan atau kebiruan, tandanya kamu memang sedang dalam keadaan mengandung.

Itulah beberapa bahan dapur yang sering bisa kamu gunakan untuk mengecek kehamilanmu. Kondisinya yang selalu ada hampir di setiap rumah, membuat bahan-bahan ini bisa menjadi alternatif untuk mengecek kehamilan, saat kamu tak sempat membeli testpack atau alat pengecek kehamilan modern lainnya. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 6 Komplikasi Kehamilan yang Dapat Menyebabkan Kematian pada Ibu Hamil

ghafsari Photo Community Writer ghafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You