Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku Parenting untuk Para Orangtua Muda

Pentingnya mempersiapkan diri menjadi orangtua

Semua orangtua tentu ingin menjadi orangtua terbaik untuk anaknya. Tapi banyak orang tua muda yang merasa kesulitan karena tidak ada pendidikan untuk menjadi orangtua. Beruntung di era digital seperti ini, kita dipermudah dengan banyaknya artikel yang tersebar di internet. Namun artikel yang ditampilkan seringkali ditampilkan dengan info yang kurang lengkap. Selain itu kita harus berhati-hati apabila artikel tidak menyebutkan sumber yang jelas. Tentu kita tidak mau diri kita sendiri dan anak kita menjadi korban dari artikel yang tidak bertanggung jawab.

Pilihan yang paling aman tentu saja dari buku. Selain terjamin bahwa penulisnya adalah seorang profesional, informasi yang didapatkan akan jauh lebih lengkap dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk membantu, berikut beberapa buku parenting yang dapat menjadi pilihan.

1. Strong as a Mother – Kate Rope

5 Rekomendasi Buku Parenting untuk Para Orangtua Mudagoodreads.com

Sesuai dengan tagline-nya yang berbunyi, “Your guide to being the sanest mommy on the block!”, buku ini berisi panduan untuk ibu muda untuk mempersiapkan diri memasuki dunia motherhood. Mulai dari bagaimana menyikapi rasa panik di masa kehamilan, mempersiapkan mental untuk segala kemungkinan pasca melahirkan, hingga menerima kelebihan dan kekurangan diri sebagai seorang ibu. Walau terdengar seperti buku khusus untuk ibu, buku ini tetap wajib dibaca oleh para calon ayah. Agar para calon ayah lebih memahami apa saja yang akan dilalui oleh calon ibu.

 

2. The Baby Book: Everything You Need to Know About Your Baby From Birth to Age Two – William Sears, M.D. & Martha Sears, R.N

5 Rekomendasi Buku Parenting untuk Para Orangtua Mudaamazon.com

Buku ini ditulis oleh dokter spesialis anak dan merupakan buku parenting terlaris di Amerika. Dengan rentang pembahasan untuk bayi usia nol hingga dua tahun, buku ini memberikan informasi secara lengkap mulai dari perawatan dasar untuk bayi, panduan breastfeeding, bagaimana memastikan bayi dalam kondisi nyaman, informasi perkembangan bayi, hingga kesehatan bayi. Sangat membantu orangtua muda yang masih awam dengan dunia parenting.

3. How to Talk So Kids Will Listen & Listen So Kids Will Talk – Adele Faber, Elaine Mazlish

5 Rekomendasi Buku Parenting untuk Para Orangtua Mudaamazon.com

‘How to Talk So Kids Will Listen & Listen So Kids Will Talk’ merupakan panduan bagi orangtua untuk menjalin hubungan kedekatan dengan anak di usia balita. Mulai dari pembahasan bagaimana orangtua menjadi pendengar yang baik bagi anak, membantu anak mengungkapkan perasaannya, mengajarkan anak kerjasama, hingga bagaimana memberikan hukuman dan pujian yang efektif. Setiap pembahasan dari buku ini dilengkapi dengan step by step dan ilustrasi menarik yang mempermudah para orangtua untuk mempraktikannya.

Baca Juga: Tere Liye Tak Cetak Buku Lagi, Ini Daftar Bukunya yang Perlu Kamu Baca

4. Bringing Up Bébé - Pamela Druckerman

5 Rekomendasi Buku Parenting untuk Para Orangtua Mudaamazon.com

Pamela Druckerman-sang penulis-menceritakan pengalamannya sebagai orang Amerika dalam membesarkan anak di Perancis. Ia melihat banyak hal menarik dari cara mendidik para orang tua di sana bila dibandingkan dengan gaya parenting di Amerika. Bagaimana anak-anak mereka dapat tidur tepat waktu, tidak memilih-milih makanan, dan lebih mampu mengendalikan diri.

Setelah melakukan riset, penulis menemukan poin penting yaitu para orang tua di Perancis mendidik anak-anak mereka sejak usia dini serta mereka selalu menjaga diri tetap happy sebagai orang tua. Walaupun terdiri dari 400 halaman, tapi penjelasan di dalam buku ini cukup ringan sehingga mudah untuk dipahami dan tidak membosankan.

5. How to be a Happier Parent - K.J. Dell'Antonia

5 Rekomendasi Buku Parenting untuk Para Orangtua Mudakjdellantonia.com

K.J. Dell'Antonia menjabarkan sembilan poin umum masalah parenting yang paling sering dihadapi oleh para orang tua, yaitu: persoalan bangun pagi, pekerjaan rumah, masalah antar saudara, olahraga, PR (homework), gadget (TV maupun HP), kedisiplinan, family time, dan free time.

Masing-masing dari poin diberikan penjelasan mulai dari apa saja masalah yang dapat terjadi di sana, hingga bagaimana cara mengatasinya. Contohnya, bagaimana orangtua dapat mengajak anak untuk melakukan pekerjaan rumah bersama, atau bagaimana orangtua mengajarkan anak untuk menerima kegagalan. Dengan adanya hubungan antara orangtua dan anak yang terjalin, diharapkan suasana menyenangkan selalu ada di dalam keluarga.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Buku Bertema Sains yang Asyik untuk Anak-anak, Ayo Baca!

Gita Photo Community Writer Gita

A full-time wife, former reporter-editor.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You