Comscore Tracker

5 Cara Bijak Menjadi Orang Tua yang Bisa Membuat Anaknya Bahagia

Memahami anak menjadi kuncinya

Orang tua biasanya memiliki standar tersendiri dalam mendidik anaknya. Hal ini menjadikan orang tua terkadang melakukan suatu hal yang menurutnya baik namun belum tentu demikian bagi anak. Setiap orang menginginkan kebahagiaan atas kehendak yang dipilihnya, begitu pula dengan anak. Maka 5 cara ini diperuntukan bagi orang tua untuk membuat anaknya bahagia. 

1. Setiap anak berharga, banggalah terhadap anakmu

5 Cara Bijak Menjadi Orang Tua yang Bisa Membuat Anaknya BahagiaPexels/Feedyyourvision

Orang tua terkadang suka membandingkan sang anak dengan sebayanya dalam pencapaian tertentu. Hal ini berarti orang tua tidak menerima anak seutuhnya. Padahal setiap anak itu berharga, banggalah terhadap apa yang ada pada diri anak. Dengan demikian, anak merasa berharga dan membuatnya percaya diri dalam memandang dunia.

2. Karakter tiap pribadi itu berbeda, terima karakter anakmu

5 Cara Bijak Menjadi Orang Tua yang Bisa Membuat Anaknya Bahagiapexels.com/pixabay

Yang perlu dan menjadi peer orang tua adalah memahami anak dengan karakternya. Sadarilah bahwa tiap anak memiliki karakter yang berbeda sehingga cara mendidiknya pun memiliki ritmenya sendiri. Cobalah untuk selalu pahami, terima dan perlakukan anak sesuai karakternya agar didikan orang tua dapat diterima anak dengan baik. 

3. Pahami kebutuhan anak

5 Cara Bijak Menjadi Orang Tua yang Bisa Membuat Anaknya Bahagiapexels.com/agungpanditwiguna

Setiap orang memiliki hak terhadap dirinya sendiri, begitupun anak. Meskipun sebagai orang tua beranggapan jika anak adalah tanggung jawabnya, bukan berarti pula berkuasa dalam mengatur segala gerak gerik anak seperti robot. Pahami perasaan dan kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan anak, bukan sekedar keinginan orang tua.

Baca Juga: 5 Nasihat dari Orangtua yang Sering Dilupakan Ketika Beranjak Dewasa

4. Mendengarkan sudut pandang anak seutuhnya

5 Cara Bijak Menjadi Orang Tua yang Bisa Membuat Anaknya Bahagiainstagram.com/visinemaid

Orang tua bukanlah teman berdebat anak dimana pendapatnya selalu dianggap benar. Namun, jadilah pendengar yang baik untuk anak, sehingga akan memahami pendapat dari sudut pandang anak. Karena anak juga memiliki hak dalam menentukan langkahnya. 

5. Biarkan anak mengendalikan dirinya dan seringlah mengajak berdiskusi

5 Cara Bijak Menjadi Orang Tua yang Bisa Membuat Anaknya Bahagiapexels/anastasiyagepp

Biarkan anak mengeksplor dan melakukan apa yang dikehendakinya agar rasa ingin tahunya tertuntaskan. Dengan begini, anak akan menjadi pribadi yang kreatif dan mandiri. Tugas orang tua hanya mengawasi dan menjadi teman diskusi yang baik ketika meminta anak melakukan sesuatu atau menegur anak ketika melenceng dari aturan.

Itulah yang perlu dilakukan orang tua agar anaknya bahagia. Jadi memahami anak dengan baik adalah kuncinya ya.

Baca Juga: 5 Cara yang Benar Dalam Mendidik Anak Agar Cinta & Peduli pada Hewan 

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya