Comscore Tracker

5 Ciri Orangtua Bossy, Membuat Anak Sulit Mengambil Keputusan Sendiri

Apakah kamu orangtua bossy atau anak dari orangtua bossy?

Orangtua dengan segala ketahuannya kadang menjadi pengambil peran terbesar bagi hidup anaknya. Hal ini tidak berdampak baik jika sang anak tidak diberikan kesempatan untuk melakukan yang disukainya dan selalu dikendalikan dalam segala pilihan hidupnya.

Dampaknya anak menjadi sulit mengambil keputusan sendiri karena dia tidak diberi kesempatan untuk bertindak sesuai kehendaknya. Anak hanya menurut apa yang dikatakan orangtuanya tanpa berani membantah. Berikut ciri-ciri orangtua bossy, mari kita simak.

1. Anak dipaksa mengikuti keinginannya

5 Ciri Orangtua Bossy, Membuat Anak Sulit Mengambil Keputusan Sendirirawpixel.com

Orangtua memiliki segudang keinginan yang menurutnya baik dan harus dilakukan oleh anak. Meskipun anak tidak mampu melakukan semua keinginannya namun orangtua akan memaksa, dengan alasan hal itu terbaik untuk anaknya. Dengan berat hati, anakpun terpaksa menuruti keinginan orangtuanya. 

2. Haus akan hormat

5 Ciri Orangtua Bossy, Membuat Anak Sulit Mengambil Keputusan Sendirinouvelles.umontreal.ca

Orangtua yang bossy biasanya haus akan hormat. Layaknya bos dia ingin dihormati sebagai orang yang merasa berjasa mengurus anaknya. Ketika anak tidak menuruti keinginan orangtua karena bertentangan dengan keinginannya, orangtua akan melabeli anaknya tidak menghormatinya. Padahal orangtua juga tidak menghormati anak dimana dia juga perlu pengakuan akan dirinya apa adanya. 

Baca Juga: Orangtua Wajib Tahu, 5 Cara Memotivasi Anak Agar Tidak Minder

3. Ingin dimengerti namun tidak mau mengerti

5 Ciri Orangtua Bossy, Membuat Anak Sulit Mengambil Keputusan Sendirirawpixel.com

Bukankah orangtua yang seharusnya lebih memahami anak karena lebih dewasa seharusnya secara pemikiran dan emosional? namun hal ini berbeda dengan orangtua yang bossy. Dia tidak mau mengerti anaknya karena tidak bisa mendengarkan keinginan anak dan hanya mengharapkan anaknya mau mengerti dirinya. 

4. Tidak menghargai anak

5 Ciri Orangtua Bossy, Membuat Anak Sulit Mengambil Keputusan Sendiriyoungparents.com.sg

Anak dengan segala kelebihan dan kekurangannya tidak dihargai oleh orangtua. Baginya dia akan bahagia ketika anak menuruti kemauannya dan akan murka ketika anak menentangnya. 

5. Mengancam agar anak menjadi penurut

5 Ciri Orangtua Bossy, Membuat Anak Sulit Mengambil Keputusan Sendiriestrilook.com

Hal yang dilakukan orangtua bossy ketika anak tidak menuruti kemauannya, dia akan mengancam dengan segudang alasan agar anak menjadi penurut. Karena itu anak tidak punya pilihan lain selain menyenangkan orangtuanya dan mengabaikan kebahagiaan dirinya. 

Orangtua yang bossy seharusnya menyadari dan mulai mendengarkan dan memahami apa yang diinginkan anak. Anak bukan robot yang harus menuruti perintahnya, biarkan dia dengan pilihannya sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Orangtua Menjadi Sahabat Anak Ketika Remaja

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya