Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Atasi Bayi Rewel dan Susah Tidur, Biar Bisa Tidur Nyenyak

Dengan begini, ayah dan bunda tak jadi panda di pagi hari

Memiliki seorang bayi adalah kebahagiaan sekaligus tanggung jawab yang besar bagi orangtua. Banyak tantangan baru yang akan kamu alami saat memiliki bayi. Salah satunya adalah menghadapi pola tidur bayi yang tidak teratur. Hal itu tentu memengaruhi kualitas tidurmu.

Bayi yang susah tidur dan kerap terbangun akan memicu stres dan rasa lelah untuk orangtua. Namun kamu tak perlu khawatir, berikut adalah rangkuman tips paling ampuh untuk membuat bayi yang rewel tidur dengan nyenyak.

1. Singkirkan alat yang memancarkan sinar biru dari kamar

5 Cara Ampuh Atasi Bayi Rewel dan Susah Tidur, Biar Bisa Tidur Nyenyakcommunitiesofcaremn.com

Sinar biru atau blue light digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV Light). Sinar ini tampak dengan panjang gelombang pendek sekitar 415-455 nm dengan tingkat energi yang tinggi. Sumber alami utama yang memancarkan sinar ini adalah matahari. Itu sebabnya tubuh menganggap sinar biru identik dengan siang hari.

Oleh karena itu, jika ingin bayimu cepat tertidur, singkirkan benda-benda yang memancarkan sinar biru ini dari kamar. Beberapa di antaranya, seperti ponsel, televisi, laptop, serta lampu LED yang memancarkan sinar biru.

Pastikan bunda tidak mencoba menidurkan bayi sembari menonton televisi atau memainkan ponsel ya. Karena semakin banyak anak terpancar sinar biru, tubuhnya akan merespons seolah saat itu adalah siang hari. Dengan demikian, ia akan semakin sulit untuk ditidurkan.

2. Redupkan ruang tidur bayi

5 Cara Ampuh Atasi Bayi Rewel dan Susah Tidur, Biar Bisa Tidur Nyenyaklullamind.com

Sama halnya dengan kelelawar yang mencari gua di siang hari untuk tidur, bayi juga mengalaminya. Mereka akan lebih merasa nyaman jika tidak ada cahaya yang masuk. Itu akan mempercepat pelepasan hormon melatonin yang membantunya tertidur.

Ruangan yang gelap akan membuat bayi mengeluarkan hormon yang memberitahunya bahwa sudah waktunya untuk tidur. Cobalah untuk meredupkan lampu satu jam penuh sebelum tidur. Gunakan juga kelambu agar saat bayi telah tertidur, ia tidak mendapat gangguan dari para serangga.

Baca Juga: Kenapa Bayi Menangis Saat Malam? Ini 7 Penyebabnya yang Paling Sering!

3. Turunkan suhu ruangan

5 Cara Ampuh Atasi Bayi Rewel dan Susah Tidur, Biar Bisa Tidur Nyenyakbrownadipose.com

Banyak dari kita yang merasa mengantuk saat hujan turun. Hal itu karena suhu udara yang turun menyebabkan tubuh melepaskan hormon melatonin. Peristiwa ini identik dengan perubahan suhu saat matahari mulai terbenam. Menurunkan suhu ruangan akan menstimulasi bayi untuk tidur. Itu karena tubuhnya melepaskan melatonin dan membuatnya mengantuk. 

4. Ciptakan ritual untuk menandakan waktu tidur

5 Cara Ampuh Atasi Bayi Rewel dan Susah Tidur, Biar Bisa Tidur Nyenyakthilasmos.gr

Menciptakan ritual penanda tidur juga bisa mengatasi masalah bayi yang susah tidur. Kamu dapat melakukan ritual tidur dengan mendengarkan lagu; menghidupkan lilin aroma terapi dengan aroma yang konsisten; atau kegiatan apa pun yang dapat dikenali tubuh anak sebagai hal terakhir sebelum ia tertidur. Dengan begitu, tubuh anak akan mulai terbiasa dan akhirnya merespons saat kegiatan itu ia lakukan.

Selalu ingat pula, jangan membuat ritual menggendong bayi sebelum tidur. Jika terbiasa digendong, bayi yang terbangun akan kesulitan untuk tertidur kembali, kecuali digendong lagi.

5. Berikan pijatan pada titik tertentu

5 Cara Ampuh Atasi Bayi Rewel dan Susah Tidur, Biar Bisa Tidur Nyenyaki.pinimg.com

Akupresur adalah pengobatan asal Tiongkok dengan cara menekan titik-titik tertentu pada tubuh. Akupresur juga bisa membantu menghilangkan stres atau racun pada tubuh. Beberapa perusahaan seperti Holistic Baby menyarankan untuk menekan titik tertentu beberapa jam sebelum tidur. Untuk melakukan akupresur, kamu harus mengikuti kelas ataupun menonton video untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

Memiliki bayi yang rewel untuk tidur memang menjadi tantangan yang cukup melelahkan bagi orangtua. Untuk itu, lakukan lima tips di atas agar bayi maupun ayah dan bunda bisa tidur dengan pulas dan berkualitas.

Baca Juga: 5 Risiko pada Bayi Jika Digendong setelah Kerja Tanpa Ganti Pakaian

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You