Comscore Tracker

Ibu Jangan Stres! Ini 5 Cara Memaafkan Diri Saat Tidak Bisa Menyusui

Tak bisa menyusui bukan berarti kamu ibu yang buruk

Menyusui adalah cara paling mendasar yang dapat dilakukan oleh seorang ibu untuk menunjukkan kasih sayang, komitmen, serta memperkuat ikatan dengan bayinya. Sangat membahagiakan melihat bayi yang kita sayangi berada dalam pelukan dan menyusu padamu.

Lalu bagaimana dengan ibu yang tidak menyusui? Pasti akan ada perasaan sedih dan kecewa karena tak bisa memberikan asupan ASI bagi bayinya. Belum lagi penghakiman dari orang lain yang memandang ibu yang tak menyusui sebagai sosok ibu yang 'tidak cukup baik'. 

Tentu ini dapat menyebabkan stres yang tak baik untuk sang ibu maupun bayinya. Oleh karena itu sangat penting untuk menerima dan memaafkan diri sendiri karena memberikan susu formula pada bayimu. Berikut lima alasan yang dapat membantumu memaafkan diri sendiri.

1. Bayi dapat merasakan apa yang kamu rasakan

Ibu Jangan Stres! Ini 5 Cara Memaafkan Diri Saat Tidak Bisa Menyusuithemamacoach.ca

Berada dalam kandungan ibu selama berbulan-bulan membuat bayi memiliki ikatan batin yang kuat dengan sang ibu. Bayi dapat merasakan perasaan apa yang sedang bergejolak di hatimu. Oleh karena itu ibu tak boleh membiarkan perasaan sedih, kecewa, dan stres terus berlarut-larut karena bayi juga akan merasakannya.

2. Bahkan dengan susu formula kamu dapat membesarkan anak yang sehat dan ceria

Ibu Jangan Stres! Ini 5 Cara Memaafkan Diri Saat Tidak Bisa Menyusuibabycenter.com

Menyusui bukanlah faktor penentu dalam membesarkan anak yang bahagia, sehat, dan ceria. Memeluk, mencium, menyanyi, berbicara, bermain, dan banyak aktivitas atau momen penting bersama lainnya lah yang menentukan bagaimana anak akan tumbuh.

Baca Juga: 5 Tip Menyusui di Depan Umum agar Ibu Tetap Aman dan Nyaman!

3. Apa yang orang lain katakan tidak menggambarkan dirimu

Ibu Jangan Stres! Ini 5 Cara Memaafkan Diri Saat Tidak Bisa Menyusuiimg.huffingtonpost.com

Mereka men-judge-mu dan mengatakan kamu bukan ibu yang baik karena tak memberikan ASI pada anakmu. Ada pula yang mengatakan bahwa kamu kurang atau tidak berusaha sehingga ASI yang kamu hasilkan hanya sedikit atau tidak keluar sama sekali.

Abaikan saja orang-orang yang seperti itu, mereka tak tahu apa yang sebenarnya telah kamu lewati. Kamu adalah ibu yang baik, selama kamu tak mengabaikan anakmu atau menyakitinya.

4. Menjaga dirimu tetap sehat secara fisik dan emosional adalah yang terbaik bagi bayi

Ibu Jangan Stres! Ini 5 Cara Memaafkan Diri Saat Tidak Bisa Menyusuianneilgisi.com

Ketika kamu sehat secara fisik dan emosional kamu akan mampu menjaga dan membesarkan anakmu dengan baik. Jika kamu disibukkan oleh perasaan bersalah dan stres, otak tak akan lagi mampu menanggapi sebuah situasi dengan cepat dan tepat. Yang diperlukan oleh bayi adalah ibu sehat yang akan cepat tanggap jika terjadi sesuatu padanya.

5. Kamu bukan ibu yang buruk

Ibu Jangan Stres! Ini 5 Cara Memaafkan Diri Saat Tidak Bisa Menyusuisistero.org

Kamu bukanlah ibu yang buruk selama kamu memberi asupan makanan dan gizi pada anakmu, baik itu dalam bentu ASI atau susu formula. Susu formula saat ini juga telah berkembang sangat pesat sehingga mampu memenuhi kebutuhan asupan bayi. ASI memang yang terbaik, namun bukan berarti yang lainnya buruk.

Menyusui bukanlah untuk semua orang, bersyukurlah kalian yang dapat menyusui dengan lancar. Dan untuk yang tidak bisa melakukannya, jangan berkecil hati! Selama kamu merawat anakmu dengan baik, kamu bukanlah sosok ibu gagal ataupun buruk seperti yang orang berpikiran sempit itu sandangkan padamu.

Baca Juga: 5 Fakta Penyakit Mastitis, Penyakit yang Banyak Diderita Ibu Menyusui

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You