Comscore Tracker

5 Tips Agar Anak Mandiri & Jadi Pribadi yang Bertanggung Jawab

Strategi pengasuhan agar anak siap dilepas ke dunia nyata

Banyak orangtua yang menginginkan memiliki seorang anak yang mandiri dan bertanggung jawab. Sosok anak yang mampu memilih dengan manakah hal yang boleh dan tidak boleh ia lakukan, sehingga ia akan baik-baik saja tanpa pengawasan orangtuanya.

Apalagi kelak saat mulai dewasa, mereka akan mulai melepaskan dirinya secara perlahan dan orangtua tak bisa lagi memantau segala aktivitasnya. Namun orangtua harus sadar bahwa untuk memperoleh sosok anak yang mandiri dan bertanggung jawab, cara pengasuhan orangtua sangat berperan penting di dalamnya.

Orangtua harus bisa menyeimbangkan antara memberikan bimbingan/arahan serta memberikan kebebasan yang cukup pada anak. Tak perlu menuntut anak menjadi sosok yang sempurna, yang terpenting adalah mendidik anak agar ia mampu bertahan dengan baik menghadapi dunia luar.

Berikut adalah lima tips cara mendidik anak agar ia mampu mandiri dan tumbuh dewasa menjadi sosok yang bertanggung jawab.

1. Biarkan anak menunjukkan seberapa banyak kebebasan yang dapat ia tangani

5 Tips Agar Anak Mandiri & Jadi Pribadi yang Bertanggung Jawabprevissima.fr

Memberikan kebebasan pada anak langkah yang harus dilakukan jika ingin anak tumbuh mandiri. Namun bukan berarti dilepas sebebas-bebasnya ya! Orangtua harus menjelaskan pada anak bahwa mereka akan memberikan lebih banyak kebebasan ketika sang anak dapat menunjukkan bahwa ia mampu membuat keputusan yang baik dan bertanggung jawab akan semua perbuatannya.

Jelaskan pada anak bahwa setiap orang dapat membuat suatu kesalahan. Namun mengakui dan tidak berbohong untuk menutupinya adalah sikap tanggung jawab yang sesungguhnya. Tegaskan pula bahwa jika ia berbohong untuk menutupi kesalahannya, maka hal itu berarti ia belum siap untuk menerima lebih banyak kebebasan.

2. Ajari anak untuk menjadwalkan setiap kegiatannya

5 Tips Agar Anak Mandiri & Jadi Pribadi yang Bertanggung Jawabblog.gemsindia.co.in

Membuat jadwal kegiatan adalah cara untuk mengajarkan pada agar bertanggung jawab dengan semua tugasnya. Selain itu, secara tidak langsung anak akan diajarkan untuk dapat memanajemen waktunya sendiri. Yang mana keterampilan manajemen waktu adalah hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia dewasa nanti.

Baca Juga: 9 Cara Mendidik yang Terbukti Secara Ilmiah Membuat Anak Jadi Lebih Cerdas

3. Dorong anak untuk peduli pada sekitar

5 Tips Agar Anak Mandiri & Jadi Pribadi yang Bertanggung Jawabcreatethegood.org

Membuat anak bergabung dengan komunitas sosial dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial secara sukarela dapat meningkatkan rasa tanggung jawabnya. Contohnya menjadi sukarelawan di panti asuhan ataupun panti jompo, membantu mengumpulkan dana untuk diberikan kepada yang membutuhkan, dan pekerjaan lainnya. 

Dengan mengikuti serangkaian kegiatan-kegiatan sosial tersebut dapat membantu anak untuk menyadari bahwa ia memiliki kekuatan untuk membuat perbedaan dalam hidup seseorang. Ini adalah latihan yang bagus untuk menjadikan dirinya lebih proaktif dalam memecahkan masalah dan peduli pada sekitar.

4. Ajari anak keterampilan hidup yang tak ia dapatkan di sekolah

5 Tips Agar Anak Mandiri & Jadi Pribadi yang Bertanggung Jawabshesconnectedblog.com

Banyak orangtua memiliki pehaman yang salah mengenai keterampilan hidup. Mereka menyangka bahwa anak dapat belajar hal tersebut hanya dengan mengamati. Memang beberapa dapat dipelajari dengan cara mengamati, namun tak semuanya.

Luangkanlah waktumu untuk secara proaktif mengajari anak beberapa keterampilan hidup praktis. Seperti memasak makanan, mencuci baju, mengelola uang, dan keterampilan hidup lainnya yang ia butuhkan untuk dapat mandiri.

5. Biarkan anak memperoleh konsekuensi dari kesalahannya

5 Tips Agar Anak Mandiri & Jadi Pribadi yang Bertanggung Jawabazitalaw.com

Akan ada saatnya ketika seorang anak membuat kesalahan atau bahkan sengaja melanggar aturan yang dibuat orangtuanya. Dan untuk menjadikannya pribadi yang lebih bertanggung jawab, orangtua harus memberikan konsekuensi yang jelas. Pastikan ketika ia berbuat buruk, maka ia akan mendapatkan konsekuensi yang buruk pula. Misalnya cabut beberapa kebebasan yang ia punya, sehingga akan meninggalkan efek jera.

Hal ini bertujuan untuk membuat anak tidak melakukan hal-hal yang buruk lagi, serta berfungsi sebagai pengingat terbaik untuk membuat pilihan yang lebih baik lain kali. Tahan keinginan untuk menutupi kesalahan yang dilakukan anak, karena melindungi anak yang berbuat salah akan membuatnya tumbuh menjadi pribadi egois dan menganggap benar semua perbuatan buruknya.

Cukup sulit memang mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak, apalagi saat kita harus memberikan hukuman saat ia berbuat salah. Namun orangtua yang tidak mengajarkan anaknya untuk memiliki rasa tanggung jawab malah akan merugikan si anak itu sendiri. 

Oleh karena itu, ikutilah lima tips di atas agar anakmu kelak menjadi sosok yang mandiri dan bertanggung jawab sehingga ia akan mampu untuk menghadapi dunia luar.

Baca Juga: Banyak Tantangan, Ini 8 Panduan Mendidik Anak Bagi Ibu Millennial

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 13:30:05

Progress: 766.964 dari 813.350 TPS (94.29692%)

Just For You