Comscore Tracker

Meski Sibuk, Ini 6 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Orangtua

Kesibukan gak perlu menjadi hambatan

Kedekatan dengan orangtua biasanya akan berkurang ketika kamu mulai beranjak dewasa. Apalagi saat ini kamu sedang disibukkan oleh berbagai urusan, seperti pekerjaan, persahabatan, atau percintaan.

Alhasil, kamu pun jadi jarang berkumpul dengan mereka. Meski sibuk, cobalah ikuti beberapa tips di bawah ini agar hubunganmu dengan orangtua selalu terjaga baik. Yuk, langsung saja simak uraian lengkapnya berikut ini!

1. Jagalah komunikasimu dengan kedua orangtua

Meski Sibuk, Ini 6 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan OrangtuaUnsplash.com/Chase Chappell

Walau sibuk bekerja, tetaplah jaga komunikasimu dengan orangtua. Carilah waktu luang agar bisa menghubungi mereka setiap harinya. Semisal pagi hari sebelum berangkat kerja atau malam hari sebelum tidur. Dengan begitu, kamu dan orangtuamu pun tetap dekat meski kalian gak tinggal bersama.

2. Selalu jujur dan terbukalah pada mereka

Meski Sibuk, Ini 6 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan OrangtuaRutherfordsource.com

Bersikap terbuka juga salah satu cara agar kamu bisa dekat dengan orangtua. Dengan mereka, kamu bisa berbagi banyak hal, seperti aktivitas sehari-hari, urusan pekerjaan, atau masalah percintaan. Biar gak terjadi kesalahpahaman, jawablah dengan jujur setiap pertanyaan dari orangtuamu, ya.

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Dirahasiakan dari Orangtua, Demi Kebaikan!

3. Libatkanlah orangtuamu saat hendak mengambil keputusan penting

Meski Sibuk, Ini 6 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan OrangtuaParenting.firstcry.com

Pikirkanlah baik-baik sebelum kamu mengambil sebuah keputusan. Jangan lupa meminta pendapat orangtuamu jika itu tergolong penting. Selain merasa dihargai, siapa tahu mereka juga bisa memberikan pertimbangan terbaik yang bisa mempengaruhi kehidupanmu ke depannya.

4. Ketika mendapat masalah, ajaklah mereka berdiskusi dan mencari solusi 

Meski Sibuk, Ini 6 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan OrangtuaNewcastlebeach.org

Jangan sungkan-sungkan meminta pendapat orangtua ketika kamu ditimpa masalah. Ajaklah keduanya berdiskusi mengenai kesulitan-kesulitan yang kamu hadapi. Selain beban jadi berkurang, orangtua yang notabene 'hidup duluan' daripada kamu, mungkin juga akan mendapatkan solusi bijak dari mereka.

5. Hindarilah berdebat dengan orangtuamu

Meski Sibuk, Ini 6 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan OrangtuaTeens.lovetoknow.com

Senang mendebat orangtua merupakan sikap buruk yang sebaiknya kamu hindari. Kalau gak hati-hati, kebiasaan ini juga bisa membuat keduanya merasa tersinggung atau sakit hati. Bukannya makin dekat, hubunganmu dengan mereka pun bisa kian merenggang. Jangan sampai terjadi, ya!

6. Jika tinggal berjauhan, rutinlah mengunjungi mereka

Meski Sibuk, Ini 6 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan OrangtuaFreepik.com/katemangostar

Apakah saat ini kamu sedang bekerja jauh dari orangtuamu? Jika iya, alangkah baiknya kamu selalu mengunjungi mereka secara rutin. Kebiasaan ini tentunya akan membuat keduanya merasa bahagia. Biar tambah senang, bawakan pula orangtuamu buah tangan yang mereka sukai.

 

Nah, sudah tahu kan, bagaimana cara menjaga hubungan baik dengan orangtua? Setelah menerapkannya, semoga kebiasaanmu tersebut mampu mendekatkanmu dengan mereka sekaligus membahagiakan keduanya.

Baca Juga: Jangan Ngegas, Gak Perlu Kesal pada Orangtua Hanya karena 6 Hal Ini 

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya