Comscore Tracker

Kadang Keras, 5 Didikan Orangtua Ini Bisa Pengaruhi Kesuksesan Anaknya

Membiarkanmu menyelesaikan masalah sendiri 

Didikan orangtua biasanya akan mempengaruhi kehidupan anaknya kelak. Bahkan kesuksesan yang kamu raih pun bisa jadi karena ketelatenan mereka dalam membimbingmu. Untuk itu, janganlah sekali-kali kamu melupakan jasa keduanya.

Lantas, apa saja didikan orangtua yang bisa mempengaruhi keberhasilanmu nantinya? Yuk, langsung saja baca penjelasan di bawah ini hingga selesai!

1. Mengajari menjadi anak bertanggung jawab

Kadang Keras, 5 Didikan Orangtua Ini Bisa Pengaruhi Kesuksesan AnaknyaPexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Bertanggung jawab merupakan sikap yang hendaknya orangtua ajarkan sejak dini. Misalnya meminta anak membereskan mainan atau membuang sampah di tempatnya. Dengan begitu, anak-anak pun akan tahu apa yang sebaiknya dilakukan dan sebaliknya.

2. Mendidik mandiri sejak dini

Kadang Keras, 5 Didikan Orangtua Ini Bisa Pengaruhi Kesuksesan AnaknyaPexels.com/Public Domain Pictures

Kemandirian juga sebaiknya diajarkan orangtua pada anak-anaknya. Didikan tersebut akan membuat si anak gak bersikap manja dan egois. Jika sudah waktunya, mintalah anak melayani dirinya sendiri, misalnya ketika mau mandi atau makan.

Baca Juga: 5 Cara Asuh dan Didikan yang Pelan-pelan Bikin Anak Menjauh Darimu 

3. Membiarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri 

Kadang Keras, 5 Didikan Orangtua Ini Bisa Pengaruhi Kesuksesan AnaknyaPexels.com/Josh Willink

Ketika mendapat masalah, hendaknya orangtua gak langsung membantu anak menyelesaikannya. Mereka dapat membimbing anaknya menemukan solusi. Misalnya saat mainan anak rusak, jangan langsung membelikannya lagi. Orangtua bisa mengarahkannya memperbaiki mainan tersebut.

4. Gak pernah mengajari menyalahkan orang lain

Kadang Keras, 5 Didikan Orangtua Ini Bisa Pengaruhi Kesuksesan AnaknyaTeens.lovetoknow.com

Didikan lainnya yang perlu diajarkan orangtua ke anak ialah gak membiasakan menyalahkan orang lain. Saat berbuat kesalahan, bimbinglah dia untuk mengakuinya lalu meminta maaf pada orang yang dilukainya. Dengan begitu, kelak dia akan tumbuh menjadi pribadi yang tegas dan pemberani.

5. Belajar disiplin dan menghargai waktu 

Kadang Keras, 5 Didikan Orangtua Ini Bisa Pengaruhi Kesuksesan AnaknyaUnsplash.com/Marten Bjork

Gak ketinggalan, orangtua juga sebaiknya mengajarkan kedisiplinan pada anaknya. Sikap ini akan membuat si anak lebih menghargai waktu dan usaha orang lain. Kelak ketika memasuki dunia profesional pun dia akan disukai oleh rekan maupun atasannya.

Meskipun dirasa keras, didikan orangtua tersebut akan sangat berguna bagi kehidupan anaknya kelak. Siapkah kamu menerapkannya pada anak-anakmu nanti?

Baca Juga: 5 Didikan Anak di Masa Golden Age, Bukan Cuma Baca Tulis

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya