Comscore Tracker

5 Cara Mengikis Kegelisahan Pasca Melahirkan Anak Pertama

Baby blues bisa diatasi, kamu gak sendirian, Mom!

Banyak ibu muda yang mengalami baby blues pasca melahirkan buah hatinya. Apalagi jika itu adalah pengalaman pertamanya menjadi seorang ibu.

Hal-hal yang dapat memicu kegelisahan mereka di antaranya terkait pengasuhan, bentuk tubuh yang berubah, dan komentar negatif orang-orang sekitar. Kalau kamu juga sedang mengalaminya, berikut ada beberapa tips yang semoga bisa mengurangi rasa kekhawatiranmu. Yuk, simak!

1. Perlahan ubahlah rasa cemasmu menjadi rasa syukur

5 Cara Mengikis Kegelisahan Pasca Melahirkan Anak Pertamailustrasi ibu bahagia (pexels.com/RODNAE Productions)

Rasa takut atau khawatir memang manusiawi. Tetapi akan menjadi masalah jika itu sudah berlebihan. Untuk itu, perlahan cobalah ubah cara pandangmu tentang situasi yang kamu hadapi saat ini.

Bersyukurlah karena saat ini kamu dikaruniai buah hati yang sehat dan lucu. Banyak pasangan yang sudah lama menginginkan momongan tapi belum juga kesampaian, jadi coba ubah sudut pandangmu, ya.

2. Meminta dukungan suami dan orang-orang terdekat

5 Cara Mengikis Kegelisahan Pasca Melahirkan Anak Pertamailustrasi ibu, ayah, dan anak (pexels.com/RODNAE Productions)

Gak perlu cemas, kamu gak sendirian, kok. Ada suami, keluarga, dan teman-teman terdekat yang siap membantumu mengurus si kecil.

Kalau lagi lelah, kamu gak perlu memaksakan diri mengurusi buah hatimu terus-terusan. Minta tolong saja orang sekitar ketika kamu ingin istirahat atau pergi jalan-jalan.

3. Banyak mencari tahu tentang dunia parenting

5 Cara Mengikis Kegelisahan Pasca Melahirkan Anak Pertamailustrasi ibu bersama bayinya (pexels.com/Sarah Chai)

Biar kamu makin lihai mengurus si kecil, sering-seringlah mencari informasi tentang pengasuhan anak. Bisa lewat buku-buku atau membaca sejumlah artikel di internet.

Kamu pun bisa bergabung di grup atau komunitas parenting. Dengan begitu, kamu akan dapat lebih banyak ilmu dan tentunya teman sharing.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anak-anak Suka Melanggar Ucapan dari Orangtua

4. Gak perlu menghiraukan omongan negatif orang-orang sekitar

5 Cara Mengikis Kegelisahan Pasca Melahirkan Anak Pertamailustrasi ibu dan bayinya tidur (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika ada yang menjenguk bayimu, mungkin ada di antara mereka yang berkomentar kurang enak. Misalnya tentang berat badan bayi, cara menyusui, proses lahirannya normal atau caesar, dan sebagainya.

Jangan langsung berkecil hati. Kamu bisa menanggapinya dengan santai atau bahkan mengabaikan omongan-omongan negatif tersebut.

5. Luangkanlah waktu untuk dirimu sendiri

5 Cara Mengikis Kegelisahan Pasca Melahirkan Anak Pertamailustrasi ibu bersantai (pexels.com/Artem Beliaikin)

Meski saat ini sedang disibukkan mengurus si kecil, kamu juga perlu memperhatikan dirimu sendiri. Kalau gak, kamu bakal dihinggapi rasa jenuh, lelah, atau bahkan stres.

Sesekali, kamu bisa menitipkan anakmu ke suami, mertua, atau orangtuamu. Setelah itu, kamu bisa pergi jalan-jalan, berbelanja, atau perawatan diri ke salon.

Well, itulah sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa kekhawatiranmu selama ini. Semoga masa-masa sulit ini segera berlalu ya, bun.

Baca Juga: Bukan Penyakit, 5 Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome Tanpa Dokter 

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya