Comscore Tracker

5 Tips Mudah Mengajarkan Anak untuk Berpuasa Sejak Sekarang

#RamadanMasaKini Setahap demi setahap ya!

Berpuasa Ramadan memang kewajiban semua umat muslim yang sudah baligh. Namun ada baiknya mengajarkan anak sedari kecil untuk berpuasa agar saat dewasa nanti sang anak tidak kesulitan melakukan puasa ramadan selama sebulan penuh.

Mengajarkan anak-anak berpuasa memang diperlukan sebuah kesabaran dan terapkan 5 tips berikut!

1. Ajak si anak melakukan kegiatan seputar ramadhan dulu

5 Tips Mudah Mengajarkan Anak untuk Berpuasa Sejak Sekarangaboutislam.net

Sejak kecil memang diperlukan sebuah pengetahuan tentang islami oleh para orang tua. Hal ini bertujuan agar nanti sang anak sudah biasa dan memahami segala tentang hal agama saat sudah dewasa.

Begitu pun dengan puasa, ada baiknya sebelum mengajarkan anak puasa di bulan Ramadan cobalah untuk mengajak anak melakukan aktivitas seputar Ramadan seperti mengaji misalnya. Dengan begitu takkan sulit untuk mulai mengajak sang anak untuk melakukan puasa di bulan Ramadan.

2. Siapkan hadiah agar anak semangat

5 Tips Mudah Mengajarkan Anak untuk Berpuasa Sejak SekarangPexels/Pixabay

Jangan lupa bila anak-anak sangat menyukai hadiah. Cobalah untuk mengiming-imingi anak dengan hadiah yang dia suka bila melakukan puasa dengan benar. Dengan begitu sang anak pun akan bersemangat untuk melakukan ibadah puasa. Namun, tetap beritahu pada anak bahwasanya berpuasa itu harus iklas tidak mengharapkan hadiah dari siapapun kecuali berharap pahala dari Allah SWT.

Baca Juga: Demi Kebaikan, 6 Hal Buruk Ini Harus Dihindari Saat Berpuasa

3. Jangan paksakan kehendak

5 Tips Mudah Mengajarkan Anak untuk Berpuasa Sejak Sekarangtheaustralian.com.au

Kalau memang si anak belum ada mood untuk melakukan puasa ya jangan dipaksakan. Biarkan dia melakukan ibadah ini atas keinginannya sendiri bukan tanpa paksaan siapapun. Namun, tetap ajak anak untuk berpuasa dengan cara baik-baik dan tanpa kenal lelah. Dengan begitu sang anak pun suatu saat nanti mau mengikuti ajakan untuk berpuasa. Jika memaksakan kehendak yang ada sang anak malah semakin berontak nantinya!

4. Berikan contoh

5 Tips Mudah Mengajarkan Anak untuk Berpuasa Sejak Sekarangnaturalmedicinenh.com

Semua hal akan sia-sia saja kalau sang orang tua tidak memberikan contoh atau teladan yang baik bagi sang anak. Kalau kamu menyuruh anak berpuasa maka kamu pun harus juga puasa karena sebaik-baik didikan adalah dengan praktik bukan hanya ucapan belaka. Dengan begitu pasti lambat laun sang anak pun akan belajar untuk puasa karena orang tuanya sendiri sudah menjadi teladan yang baik.

5. Jangan marah saat anak ketahuan makan

5 Tips Mudah Mengajarkan Anak untuk Berpuasa Sejak SekarangPexels/Pixabay

Namanya anak-anak pasti tak bisa sekaligus mengajarkannya untuk langsung berpuasa dari pagi sampai magrib. Mungkin juga kamu akan mendapatinya makan sembunyi-sembunyi namun janganlah memarahinya.

Oleh sebab itu, ajarilah sang anak berpuasa dengan setahap demi setahap. Misalnya hari ini ajari anak untuk berpuasa setengah hari saja namun beberapa hari kemudian tambah menjadi sampai ashar. Dengan mengajari secara bertahap pastinya akan lebih membuahkan hasil daripada sekaligus.

Nah, mudah kan? Yuk, terapkan tips di atas bagi para orangtua!

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya