Comscore Tracker

5 Trik Memperlakukan Barang Saat Pindah Rumah, Hindari Lupa dan Rusak!

Rencanakan dengan baik saat akan melakukan pindahan ya!

Pindah rumah menjadi salah satu kegiatan yang cukup memakan waktu, apalagi jika kita melakukannya sendiri tanpa bantuan jasa tertentu. Namun, ada baiknya sebelum memulai pindahan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memperlakukan barang-barang tersebut selama proses pindahan berlangsung, apa saja?

1. Kemas barang secara bertahap

5 Trik Memperlakukan Barang Saat Pindah Rumah, Hindari Lupa dan Rusak!unsplash.com/@brandablebox

Saat pindah rumah, umumnya fokus kita akan mudah terbagi, antara memastikan barang sudah terangkut seluruhnya, bagaimana para pembawa barang yang sensitif mengemudikan kendaraan mereka saat mengantarkan keperluan rumah baru, dan masih banyak lagi.

Untuk mengurangi rasa cemas berlebih, coba hindari melakukan pengemasan barang dengan waktu yang sangat mepet, jika melakukannya dengan terburu-buru hal ini bisa membuatmu panik dan mudah lupa di mana menaruh barang tertentu.

Jika kamu masih memiliki waktu yang panjang, mulailah berkemas sejak jauh-jauh hari, agar menjelang pindahan, kamu tidak ketar-ketir memikirkan apa saja yang sudah dan belum masuk pengemasan.

2. Pindahkan barang-barang besar lebih dulu

5 Trik Memperlakukan Barang Saat Pindah Rumah, Hindari Lupa dan Rusak!unsplash.com/@danielcgold

Dalam urusan pindah rumah, ada beberapa cara populer yang digunakan orang untuk membuat pindahan tersebut menjadi lebih efisien. Ada yang menyewa jasa pindah rumah, dan ada pula yang lebih suka melakukannya bersama orang-orang terdekat.

Untuk orang-orang yang memilih pindahan sendiri, umumnya mereka melakukan pindahan dengan cara mengangkut barang sekaligus pada hari H, dan ada juga yang lebih suka mencicil dengan mengirimkannya sedikit demi sedikit.

Kalau kamu khawatir akan kewalahan saat melakukan yang pertama, maka jalan kedua bisa jadi salah satu alternatif. Dibandingkan perintilan kecil yang masih sering kamu gunakan sebelum pindahan berlangung, ada baiknya kamu memindahkan barang-barang besar terlebih dahulu, seperti lemari kaca, meja, kursi, dan barang-barang lain yang dianggap bisa memakan waktu dalam mengangkut dan mengeluarkannya.

3. Taruh perlengkapan serupa dalam tempat yang sama

5 Trik Memperlakukan Barang Saat Pindah Rumah, Hindari Lupa dan Rusak!unsplash.com/@noahboisclair

Dalam mengemas barang, kamu dianjurkan untuk tidak memasukan perlengkapan secara sembarangan. Peralatan makan dengan perlengkapan mandi, atau peralatan sekolah anak dengan peralatan dapur. Selain nampak acak-acakan, hal ini juga bisa merusak sebagian barang yang bersifat sensitif dalam perjalanan.

Jadi, ada baiknya kamu mengemas barang-barang serupa ke dalam tempat yang sama. Contohnya, peralatan mandi dengan peralatan mandi, peralatan makan dengan peralatan makan, peralatan lembap dengan peralatan lembap. Selain lebih tertata, melakukan ini bisa mempermudah kamu saat ingin mencari barang tertentu di rumah baru.

Baca Juga: Bukan Pindah Rumah, Ini 5 Cara Jitu Menghadapi Tetangga yang Suka Kepo

4. Pilah barang yang masih layak digunakan atau tidak

5 Trik Memperlakukan Barang Saat Pindah Rumah, Hindari Lupa dan Rusak!unsplash.com/@filios_sazeides

Ketika kamu hendak melakukan pindahan, jangan sampai terlalu bernafsu untuk memindahkan semua barang yang ada di tempat lama dengan kondisi yang tidak layak. Jika kamu menemukan barang yang sudah tak bisa diselamatkan, baiknya disingkirkan saja. Misalnya payung yang patah, lemari yang sudah dimakan rayap dengan parah, atau televisi yang sudah mati total bertahun-tahun dan sulit diperbaiki.

Hal ini berguna untuk menghemat tempat saat mengangkut barang dan membuat rumah barumu lebih rapi. Selain itu, barang yang terlalu banyak akan menyulitkanmu saat melakukan penataan di tempat baru.

5. Tata barang secara berkala

5 Trik Memperlakukan Barang Saat Pindah Rumah, Hindari Lupa dan Rusak!unsplash.com/@levajsics

Setelah sampai di rumah baru pun, ada baiknya kamu mulai menata hal-hal dasar terlebih dahulu, seperti tempat tidur, tempat makan, dan tempat mandi. Hal lainnya bisa menyusul secara perlahan, sebab memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain memang memakan waktu singkat, namun penataannya bisa jauh lebih lama, apalagi jika tidak ada bantuan dari oranglain. Ada baiknya kamu beristirahat dan siapkan energi yang cukup untuk mulai menata rumah baru dengan pikiran yang lebih fresh dan kondisi badan yang fit.

Itu dia beberapa trik dalam memperlakukan barang semasa pindahan. Selain ini, kamu juga bisa meminta pendapat dari orang-orang yang pernah melakukan hal serupa agar kamu makin yakin untuk melakukan pindahan dengan cara tersebut.

Baca Juga: Nggak Disangka Kamu Bisa Belajar 9 Hal Ini dari Pindahan Rumah di Usia 20-an

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya