Comscore Tracker

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Anak, Bukti Cinta Tanpa Syarat

Orangtua harus memberikan yang terbaik

Menjadi orangtua merupakan hal yang membahagiakan. Sebab, orangtua akan menunggu dan melihat perkembangan anak secara bertahap. Dan tentunya, orangtua ingin anaknya bisa tumbuh sehat baik secara fisik maupun mentalnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, terkadang perkembangan kesehatan mental anak sering tidak dapat dipahami. Hal ini terjadi karena kurangnya kepekaan dari kedua orangtuanya dalam proses mengasuh. Padahal, kesehatan mental anak sangat perlu ditumbuhkan sejak dini agar mereka tumbuh sebagai anak yang cerdas dan baik. Untuk itulah orangtua perlu membangun ikatan dengan sang buah hati lho.

Berikut adalah cara untuk menjaga kesehatan mental anak, tumbuhkan cinta tulus dalam keluarga.

1. Meningkatkan kepercayaan diri

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Anak, Bukti Cinta Tanpa SyaratPixabay/Ilyessuti

Sebagai orangtua, mendorong sang buah hati untuk mewujudkan impian mereka adalah hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Teruslah menuntun mereka untuk melakukan hal-hal baik dan membanggakan, juga mengajari mereka agar tidak berbuat salah.

Namun demikian, jangan sampai memarahi anak karena mereka tidak sengaja melakukan kesalahan, ya. Sebab, seharusnya sebuah kesalahan dapat dijadikan sebagai pelajaran agar mereka dapat lebih memahami tentang kehidupan. Secara tidak langsung, hal tersebut ternyata akan membuat mereka lebih merasa percaya diri lho.

2. Tebarkan pujian atas pencapaiannya

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Anak, Bukti Cinta Tanpa SyaratPexels/Tadeusz Domagalski

Saat anak melakukan sebuah pencapaian, sekecil apa pun itu, jangan lupa untuk memberinya pujian, ya. Sebab, upaya mereka memang layak untuk dipuji. Sesekali, orangtua juga perlu memberi hadiah meskipun hanya berupa cokelat atau sebuah mainan. Hal-hal yang seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh anak, karena mereka akan merasa lebih dihargai.

3. Ajarkanlah mereka untuk terus bersikap jujur

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Anak, Bukti Cinta Tanpa SyaratPixabay/eberhartmark

Sebuah kejujuran sangat diperlukan oleh siapa pun. Untuk itu berilah mereka pengarahan agar tidak menyembunyikan sebuah kesalahan. Tumbuhkanlah kenyaman di dalam rumah agar mereka mau bersikap terbuka.

Cobalah untuk lebih dekat dengan si kecil, sesekali bertanyalah kepada mereka tentang kegiatan yang dilakukannya. Dan juga, cobalah untuk mencari tahu apakah mereka sudah melakukan sebuah kesalahan selama seharian penuh. Dengan begitu, sang anak pasti akan merasa lebih tenang untuk berkata jujur.

Baca Juga: 6 Macam Dasar Pertolongan Pertama yang Bisa Orangtua Ajarkan pada Anak

4. Jadilah teman bermain yang baik

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Anak, Bukti Cinta Tanpa SyaratPixnio.com

Bermain dengan anak tidak hanya membuat mereka bahagia, tetapi juga dapat menjadi obat stres dan lelah bagi kedua orangtuanya. Hal yang seperti ini sangat baik untuk menjaga kestabilan tumbuh kembang mereka, termasuk pola pikirnya. Tentu hal yang demikian juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental anak lho. Karena mereka merasa lebih dicintai dengan sangat baik.

5. Awasi tontonan si kecil, meskipun tidak setiap saat

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Anak, Bukti Cinta Tanpa SyaratPixabay.com

Meskipun tidak setiap saat, orangtua sangat wajib untuk mengawasi tontonan sang buah hati. Sesekali dampingilah mereka untuk menonton tayangan tertentu. Dan, pastikan agar mereka menonton tayangan yang sehat, ya! Karena, hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan mental anak. Sebab, anak-anak akan lebih mudah untuk meniru apa yang ditontonnya melalui sebuah tayangan. Untuk itulah, tontonan yang sehat sangat diperlukan demi menumbuhkan nilai-nilai positif dalam diri mereka.

Demi menjaga kesehatan mental anak, harusnya melakukan hal-hal tersebut bukanlah sebuah masalah yang besar, ya. Sebagai orangtua, tentunya hal-hal tersebut juga sudah sangat biasa dilakukan, kan? Nah, jadi jangan sampai terjadi ketidakseimbangan dalam menjaga kesehatan mental anak, ya! 

Baca Juga: 5 Perbedaan Pola Asuh Orangtua Millennial Vs Orangtua Baby Boomers

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya