Comscore Tracker

5 Suka Duka yang Dirasakan Saat Punya Ekspektasi Tinggi

Jangan sampai terlalu kecewa ya

Mempunyai harapan tentu membuat kita juga mempunyai semangat untuk menggapai apa yang kita inginkan. Namun dengan menempatkan ekspektasi yang terlalu tinggi justru bisa menimbulkan kekecewaan yang mendalam jika apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan harapan.

Mempunyai ekspektasi yang tinggi memang bukanlah kesalahan. Dan 5 hal suka duka ini pasti kamu rasakan saat menempatkan ekspektasi yang terlalu tinggi.

1. Meningkatkan rasa optimis

5 Suka Duka yang Dirasakan Saat Punya Ekspektasi Tinggiwww.dramabeans.com

Tak bisa dipungkiri, saat mempunyai harapan tinggi akan sesuatu, perasaan kita pun diliputi dengan rasa percaya diri yang tinggi. Hal itu bisa menjadi salah satu penyemangat untuk menuntun kita mencapai apa yang kita inginkan.

Saat kita mempunyai pikiran yang lebih positif kita jauh lebih mampu untuk mengoptimalkan kemampuan yang kita miliki, selain itu kita juga bisa lebih terbuka terhadap peluang yang ada.

2. Semakin tinggi Ekspektasi yang kamu harapkan, semakin tinggi pula risiko kamu mengalami kekecewaan

5 Suka Duka yang Dirasakan Saat Punya Ekspektasi Tinggiwww.dramabeans.com

Semakin tinggi harapan yang kita pegang akan berbanding lurus dengan kekecewaan yang kita peroleh jika apa yang kita harapkan tersebut tidak menjadi kenyataan. Dalam hidup ini tentu kita pernah merasa satu atau dua kali kekecewaan karena menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi. Alhasil bukan hanya merasa kecewa, kadang hal tersebut juga diikuti dengan rasa sedih yang mendalam bahkan hingga merasa stres.

3. Punya ekspektasi tinggi boleh, tapi jangan biarkan kebahagiaan kita ditentukan oleh orang lain

5 Suka Duka yang Dirasakan Saat Punya Ekspektasi Tinggiwww.dramabeans.com

Menempatkan harapan kita pada orang lain sama halnya seperti kita menaruh kebahagiaan kita. Harapan yang terlalu tinggi akan pengakuan orang lain justru bisa membuat kita terlalu terpaku pada ekspektasi mereka dan melupakan apa yang membuat kita merasa bahagia.

Baca Juga: 5 Harapan Warga Eks Lokalisasi Dolly untuk Presiden & Wapres Terpilih

4. Ubah Ekspektasi menjadi aksi

5 Suka Duka yang Dirasakan Saat Punya Ekspektasi Tinggiwww.dramabeans.com

Harapan dan keinginan memang tak bisa dihindarkan dari sifat manusia. Tentu hal itu memang tidak salah. Namun untuk mencegah terjadinya kekecewaan akibat harapan tersebut yang tak sesuai dengan ekspektasi kita, maka cara meminimalisir hal tersebut adalah dengan mengubah harapan tersebut menjadi sebuah aksi atau perbuatan. Biarkan harapan serta perbuatan yang kamu lakukan menjadi sebuah hasil yang tidak akan kamu sesali hasilnya karena merasa kurang berusaha.

5. Pada akhirnya kita akan sadar bahwa kita tidak bisa memaksa orang lain untuk menjadi sama seperti kita

5 Suka Duka yang Dirasakan Saat Punya Ekspektasi Tinggiwww.hancinema.net

Setiap orang tentu mempunyai pemahaman hidup serta karakter yang berbeda-beda. Harus kita sadari bahwa hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa kita paksakan untuk menjadi sama seperti halnya kita. Hal ini pun sering menjadi pemicu datangnya kekecewaan pada saat apa yang kita harapkan pada orang lain justru tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Segala sesuatu akan selalu mempunyai sisi baik dan sisi buruk tergantung dari sudut mana kita ingi melihat dan bagaimana kita bisa menyikapinya. Begitupun dengan sebuah ekspektasi. Mempunyai ekspektasi yang tinggi bukan berarti sesuatu yang buruk, tapi juga jangan biarkan hal itu jadi membuat kita memaksakan diri hingga mengalami kekecewaan.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Biar Tidak Kehilangan Harapan Hidup, Jangan Stres Dulu

Kartika Dewi Photo Community Writer Kartika Dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 09:15:05

Progress: 770.700 dari 813.350 TPS (94.75625%)

Just For You