Comscore Tracker

5 Keuntungan Public Speaking untuk Anak, Kupas Tuntas

Tanamkan kepercayaan diri untuk si kecil!

Kemampuan public speaking biasanya identik dengan skill yang harus dimiliki orang dewasa pada saat memasuki dunia kerja karena skill public speaking sangat berpengaruh dalam menunjang karier.

Namun tahukah kamu ?. Dewasa ini skill public speaking juga sangat dianjurkan untuk diajarkan sejak usia dini sebagai investasi skill untuk masa depan dan tak hanya itu ternyata kemampuan public speaking juga memiliki pengaruh banyak dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi seorang anak.

Public Speaking merupakan kemampuan dalam menyampaikan ide dan gagasan dengan baik kepada audience. Seorang public speaking yang baik adalah orang yang tidak hanya dapat menarik perhatian banyak orang tetapi dapat memberikan informasi dan menginspirasi banyak orang. Nah, kemampuan tersebut tidak langsung bisa dimiliki setiap orang namun perlu pelatihan dan praktik. 

Sementara itu, banyak orang tua di Indonesia mulai menyadari akan pentingnya skill public speaking, di mana mereka melihat kondisi anak mereka yang kurang percaya diri dan susah berkomunikasi serta mengekspresikan diri mereka. Di usia golden age pada saat usia 5 tahun sangat penting diajarkan skill public speaking di mana anak dapat meningkatkan kepercayaan diri. Inilah 5 keuntungan belajar skill public speaking untuk anak : 

Baca Juga: SPEAKING.id Jadi Solusi Pelatihan Komunikasi dan Public Speaking

1. Meningkatkan keberanian dan melatih kepercayaan diri

5 Keuntungan Public Speaking untuk Anak, Kupas Tuntasilustrasi orang tua belajar dengan anak (pexels.com/andreapiacquadio)

Di dunia ini setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak mereka baik pendidikan, makanan, kesehatan dan lingkungan. Di masa tumbuh kembang anak orang tua akan melihat apa kebutuhan anak yang paling penting untuk masa depan mereka.

Dimana ketika orang tua melihat anak mereka merupakan anak pemalu dan tidak memiliki kepercayaan diri seperti anak pada umumnya atau bahkan terlalu percaya diri sehingga ingin mencari wadah untuk mengembangkan potensi anak mereka maka sekolah public speaking merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian dalam berbicara di depan umum serta menjadi wadah untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam diri mereka. 

Sekolah public speaking akan mengajarkan bagaimana cara berbicara dengan baik dengan penyusunan kata yang tepat sehingga ide dan gagasan bisa tersampaikan dengan baik. Orang tua akan sangat bangga ketika melihat anak mereka penuh percaya diri berbicara di depan umum dan dapat mempengaruhi serta menginspirasi banyak orang.

2. Bisa menyampaikan gagasan dan ide dengan baik

5 Keuntungan Public Speaking untuk Anak, Kupas Tuntasilustrasi anak menyampaikan pendapat (pexels.com/yankrukov)

Seorang anak yang pintar dan pandai akan menjadi anak biasa jika anak tersebut tidak memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Ide dan gagasan yang berada di kepala mereka akan tersimpan dan tidak tersampaikan kepada banyak orang. Akan sangat disayangkan jika hal tersebut terjadi oleh karena itu orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan kebutuhan seorang anak dalam pengembangan skill komunikasi. 

Mengajarkan public speaking kepada anak sejak dini memiliki peran yang sangat penting dalam melatih kepercayaan diri ketika berbicara di depan umum. Belajar public speaking sejak dini selain melatih kepercayaan diri anak, anak juga akan mudah bersosialisasi dan lebih berani dalam mengungkapkan ide dan gagasan mereka. Hal ini sangat bagus untuk pengembangan kepribadian anak. 

Baca Juga: 5 Tips Disukai Banyak Orang Lewat Kemampuan Public Speaking

3. Public speaking membentuk kepribadian positif

5 Keuntungan Public Speaking untuk Anak, Kupas Tuntasilustrasi anak ngomong di depan umum (pexels.com/yankrukov)

Mengajarkan public speaking sejak dini memiliki banyak manfaat untuk menumbuhkan kepribadian positif bagi anak. Selain meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian, public speaking juga mengajarkan anak untuk menjadi seorang anak yang terbuka dan ekspresif dalam mengungkapkan perasaan mereka. 

Seorang anak yang belajar public speaking akan memiliki kepribadian terbuka dalam menyampaikan perasaan mereka dan memiliki keberanian bertanya di depan umum. Selain itu, public speaking juga melatih mereka untuk rendah hati ke sesama. Skill public speaking bukan hanya untuk menarik perhatian banyak orang, namun skill public speaking lebih ke arah memberikan informasi dan pengetahuan kepada banyak orang dan menginspirasi mereka dengan informasi yang diberikan. Pada intinya public speaking merupakan hal memberi dan bukan hanya sekedar menerima perhatian.  

4. Dapat merangkai kata dengan baik dan mudah dipahami

5 Keuntungan Public Speaking untuk Anak, Kupas Tuntasilustrasi mengajarkan anak public speaking (pexels.com/yankrukov)

Kemampuan merangkai kata tidak serta merta didapat sejak lahir, namun semuanya butuh pelatihan. Banyak orang memiliki keberanian untuk berbicara di depan umum, namun pembicaraan mereka tidak memiliki isi dan sulit dipahami. Dengan pelatihan public speaking, anak akan belajar bagaimana cara menyusun kata agar menjadi kalimat yang efektif dan efisien serta mudah dipahami banyak orang sehingga informasi, ide dan gagasan bisa tersampaikan dengan baik. 

Selain itu, kata filler world seperti hmm.. eh.. dan sebagainya bisa dikurangi dan dihilangkan. Belajar public speaking sejak dini juga akan mengajarkan artikulasi atau cara pengucapan dengan jelas dan tidak bergumam. Anak akan belajar ngomong dengan jelas dengan menggunakan intonasi dan gesture agar lebih menarik dan menghibur ketika berbicara di depan umum. 

5. Sebagai investasi untuk masa depan

5 Keuntungan Public Speaking untuk Anak, Kupas TuntasPotret anak - anak belajar public speaking di workshop Sunarisa Speaking School (dok. Pribadi/Khatin Riyanti)

Mengajarkan skill public speaking kepada anak sejak dini merupakan suatu investasi untuk masa depan bagi anak. Seorang anak yang memiliki kemampuan public speaking yang bagus akan mudah dalam melakukan presentasi di kelas serta dapat menjadi seorang pemimpin organisasi sekolah maupun kampus ketika memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Sementara itu, di dalam dunia kerja, skill public speaking yang ditanam sejak kecil akan memiliki peran besar dalam pengembangan karier dan dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Skill komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam dunia kerja seperti pada saat presentasi, berdiskusi, menyampaikan pendapat dan menjalin hubungan dengan rekan kerja. Selain itu, kemampuan public speaking juga memiliki beberapa pekerjaan yang bagus seperti menjadi MC, pengisi acara, hubungan masyarakat, dan pembicara.

Di Indonesia sudah banyak bermunculan lembaga les public speaking yang dapat mengajarkan anak bagaimana cara public speaking yang baik. Salah satunya terdapat tempat les public speaking yang mengajarkan public speaking anak dari usia 5 tahun sampai 23 tahun tepatnya di Sunarisa Speaking School salah satu tempat les public speaking terbaik di Jakarta. 

Selain melalui lembaga les, para orang tua juga dapat mengajarkan skill public speaking secara sederhana di rumah dengan cara melatih anak untuk berani bercerita tentang kehidupan sekolah mereka di depan keluarga ataupun mengajarkan anak untuk bercerita atau story telling tentang dongeng di depan anggota keluarga.

Khatin Riyanti Photo Verified Writer Khatin Riyanti

A bud of flower which have a dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya