Comscore Tracker

6 Hal yang Perlu Ditanyakan Ketika Pertama Kali Cek Kandungan

Yuk dicatat!

Ketika melihat dua garis biru dalam test pack, tentu ibu dan ayah akan merasa bahagia. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memeriksa kandungan ke dokter kandungan. Nah, ketika sudah berhadapan dengan dokter kandungan, ibu dan ayah perlu mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk kelancaran masa kehamilan. Di antaranya adalah pertanyaan berikut!

1. Usia kandungan dan perkiraan bulan lahir anak

6 Hal yang Perlu Ditanyakan Ketika Pertama Kali Cek Kandunganunsplash/Germs

Tentunya ketika ibu dinyatakan positif hamil, pertanyaan pertama yang perlu ditanyakan adalah usia kandungan sekarang dan kapan perkiraan bulan lahir. Umumnya, usia kehamilan paling cepat dideteksi ketika memasuki minggu ke-4 atau ke-5. 

2. Pantangan saat hamil

6 Hal yang Perlu Ditanyakan Ketika Pertama Kali Cek Kandunganpexels/Freestocks.org

Ibu juga perlu menanyakan apa saja pantangan yang harus dilakukan selama masa kehamilan. Pantangan ini dapat berupa makanan dan minuman, hingga aktivitas harian. Tentunya ketika sudah mendapat informasi pantangan ini, ibu perlu konsisten untuk menghindari pantangan tersebut!

3. Vitamin dan suplemen yang perlu dikonsumsi

6 Hal yang Perlu Ditanyakan Ketika Pertama Kali Cek Kandunganunsplash/Fallon Michael

Supaya janin sejahtera dalam kandungan, ibu juga perlu memberikan asupan vitamin atau suplemen. Namun tentu yang lebih mengetahui vitamin dan suplemen terbaik adalah dokter kandungan. Oleh karena itu, pertanyaan ini juga perlu ibu tanyakan pada dokter.

4. Jadwal USG dan kontrol kembali

6 Hal yang Perlu Ditanyakan Ketika Pertama Kali Cek Kandunganunsplash/Cassidy Rowell

USG adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh ibu dan ayah. Ketika USG, ibu dan ayah bisa melihat kondisi janin di dalam kandungan. Umumnya, USG akan dilakukan ketika ibu hamil pertama kali cek kandungan untuk menyingkirkan kemungkinan kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik). 

Selanjutnya, jadwal USG dan kontrol kandungan kembali menyesuaikan dengan perkembangan janin. Ibu perlu menanyakan perkiraan jadwal USG dan kontrol kandungan kembali.

Baca Juga: 6 Kandungan Makanan yang Bikin Cepat Hamil, Rata-rata dalam 1 Bulan

5. Gejala yang perlu diwaspadai dan cara mengatasi gejala tersebut

6 Hal yang Perlu Ditanyakan Ketika Pertama Kali Cek Kandunganpexels/Garon

Ibu yang positif hamil tentu akan mengalami gejala-gejala tertentu seperti mual, lemas, kram perut, dan lain-lain. Gejala ini akan membuat ibu tidak nyaman, sehingga ibu perlu mengetahui langkah-langkah untuk mengatasi gejala tersebut pada dokter.

Selain gejala umum tersebut, ibu juga perlu menanyakan gejala lain yang perlu diwaspadai selama masa kehamilan.

6. Tanyakan juga informasi lain yang Ibu temukan dari internet untuk mendapat penjelasan konkritnya dari dokter

6 Hal yang Perlu Ditanyakan Ketika Pertama Kali Cek Kandunganpexels/pixabay

Ciri khas ibu millennials zaman sekarang adalah senang mencari informasi lewat internet. Memang hal ini bagus sebagai informasi tambahan, namun informasi yang paling akurat tentu berasal dari dokter. Oleh karena itu, ibu juga perlu menanyakan informasi yang ibu temui di internet, untuk mendapat penjelasannya dari dokter.

Demikian 6 hal yang perlu ditanyakan ketika pertama kali cek kandungan. Persiapkan masa kehamilan dengan baik agar bayi lahir sehat dan sejahtera!

Baca Juga: INFOGRAFIS: Timeline Periksa Kandungan untuk Ibu Hamil

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya