Comscore Tracker

Meski Tidak Bilang, Anak Ingin Dengar 6 Kalimat Ini dari Orangtuanya

Supaya anak makin merasa disayangi

Anak tentu butuh untuk selalu merasakan kasih sayang orangtuanya. Namun, selain kalimat 'Mama Papa sayang sama kamu', sesungguhnya anak juga ingin mendengar beberapa kalimat lain yang dapat meningkatkan rasa sayangnya terhadap sang mama papa. Beberapa di antaranya adalah kalimat berikut!

1. "Kami bangga sama kamu"

Meski Tidak Bilang, Anak Ingin Dengar 6 Kalimat Ini dari Orangtuanyapexels/kam pratt

Apabila anak berhasil melakukan hal yang membanggakan, ia ingin mendengar sang papa mama mengatakan mereka bangga kepadanya. Kalimat ini dapat membuat anak semakin bersemangat untuk terus berusaha membanggakan kedua orangtuanya.

2. "Kamu berharga untuk kami"

Meski Tidak Bilang, Anak Ingin Dengar 6 Kalimat Ini dari OrangtuanyaPexels/Josh Willink

Anak juga perlu merasa bahwa ia berharga untuk orangtuanya. Ketika ia mengetahui dirinya berharga, ini, anak juga akan belajar mencintainya dirinya sendiri. Semakin bertumbuh dewasa, anak yang tahu self worth nya akan siap untuk membagikan kasih sayangnya kepada orang lain.

3. "Terimakasih sudah membantu Ayah/Ibu"

Meski Tidak Bilang, Anak Ingin Dengar 6 Kalimat Ini dari OrangtuanyaPexels/Pixabay

Orangtua tentu pernah mengajak anak untuk turut membantu aktivitas orangtuanya. Entah itu membantu membersihkan rumah, membantu memperbaiki barang, hingga bantuan-bantuan kecil lainnya.

Apabila anak mau turut membantu, jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih pada anak. Hal ini akan membuatnya merasa dihargai dan tentu siap membantu orangtua lagi di kemudian hari.

Baca Juga: Ajak Anak Ikut Fashion Show, 10 Potret Keren Fahrani Saat Momong Anak!

4. "Kami percaya sama kamu"

Meski Tidak Bilang, Anak Ingin Dengar 6 Kalimat Ini dari OrangtuanyaUnsplash/Jehu Christan

Semakin bertumbuh dewasa, anak juga butuh untuk dipercaya. Orangtua sering kali menjadi protektif sehingga anak tidak diperbolehkan untuk melakukan hal-hal tertentu. Padahal, semakin dewasa anak juga memiliki jalan pikir dan pilihannya sendiri.

Di sini, orangtua butuh mengatakan bahwa ia percaya pada sang anak. Dengan memberikan kepercayaan, anak akan merasa lebih bertanggung jawab akan keputusannya sendiri.

5. "Tidak apa-apa, kamu sudah melakukan yang terbaik"

Meski Tidak Bilang, Anak Ingin Dengar 6 Kalimat Ini dari OrangtuanyaPexels/VisionPic .net

Setiap anak tentu juga pernah berbuat salah dan merasakan kegagalan. Ketika hal ini terjadi, usahakan untuk tidak terbawa emosi dan malah memarahi anak. Percayalah bahwa anak sudah berusaha melakukan yang terbaik.

Apabila orangtua mengucapkan 'tidak apa-apa, kamu sudah melakukan yang terbaik', anak akan merasa aman secara emosional. Ia tahu bahwa orangtuanya menghargai perjuangannya meski ternyata hasil tidak sesuai yang ia harapkan.

6. "Maaf ya"

Meski Tidak Bilang, Anak Ingin Dengar 6 Kalimat Ini dari Orangtuanyaunsplash/Xavier Photography

Terakhir, tidak ada orangtua yang sempurna. Pasti ada kesalahan yang pernah dibuat oleh Papa dan Mama baik disadari ataupun tidak di sadari. Sayangnya, banyak anak yang gak mau mengungkapkan kekecewaannya pada orangtua karena tak merasa layak.

Oleh karena itu, apabila orangtua meminta maaf kepada anak, tentu anak akan merasa disayangi. Anak bisa menerima bahwa orangtuanya juga manusia yang bisa berbuat kesalahan. Namun orangtuanya juga cukup bijak untuk meminta maaf.

Demikian enam hal yang ingin didengar anak dari orangtuanya agar semakin merasa disayangi. Yuk pelan-pelan ucapkan kepada buah hati tercinta!

Baca Juga: 5 Perbedaan Pola Asuh Orangtua Millennial Vs Orangtua Baby Boomers

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya