Comscore Tracker

Mau Tidur Lebih Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Peralatan Tidur

#IDNTimes Tidur jadi lebih berkualitas

Tidur merupakan kebutuhan biologis yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat tidur, kita memberi kesempatan bagi otak untuk menata kembali memori. Tubuh pun mendapat waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri. 

Kita semua tahu bahwa tempat untuk tidur adalah kasur. Meskipun begitu, kasur aja gak cukup untuk membuat tidur nyaman. Dilansir pres rili SOGO Department Store, berikut 5 perlengkapan kasur yang perlu kamu perhatikan supaya tidurmu lebih berkualitas. 

1. Pilih bantal dengan bahan berkualitas

Mau Tidur Lebih Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Peralatan Tidurunsplash.com/Christopher Jolly

Selain kasur, hal yang perlu diperhatikan agar tidur malam lebih nyaman adalah  penggunaan bantal yang tepat. Tidur dengan bantal yang salah bisa membuatmu sulit tidur, sakit kepala, serta nyeri pada bagian tubuh lainnya seperti leher dan bahu.

Untuk itu, kamu bisa gunakan bantal dengan bahan fiber berkualitas agar dapat memberi topangan sesuai kebutuhan posisi tidur. Misalnya, down pillow yang terbuat dari bulu angsa untuk kelembutan dan kenyamanan optimal atau latex pillow untuk topangan yang lebih nyaman. 

Kamu juga disarankan untuk mengganti bantal setiap 18 bulan sekali. Selain karena bisa tak lagi empuk, bantal bisa dihinggapi jamur, serbuk, sari, dan tungau debu yang bisa membahayakan kesehatanmu.

2. Gunakan guling dengan fiber yang baik dan bahan halus

Mau Tidur Lebih Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Peralatan Tidurfreeimages.com

Selain bantal, penggunaan guling pada saat tidur sangat umum dilakukan masyarakat Indonesia. Penggunaan guling bisa membuat postur tubuh lebih baik sehingga terasa nyaman saat berbaring di kasur.

Oleh karena itu, pilihlah guling dengan kualitas fiber yang baik! Pastikan juga guling memiliki bahan halus dan lembut yang nyaman untuk digunakan. 

3. Gunakan mattress protector

Mau Tidur Lebih Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Peralatan Tidurunsplash.com/Haley Owens

Kasur pun perlu pelindung seperti mattress protector agar selalu terjaga kebersihannya.  Pelindung kasur ini berwujud lembaran khusus yang diletakkan di atas kasur sebelum dilapisi lagi dengan seprai.  

Mattress protector dapat memperpanjang umur kasur karena mencegah kotoran dan udara lembap yang berpusat di kasur. Beberapa pelindung kasur juga sudah waterproof, anti alergi, hingga anti bakteri. 

Baca Juga: 7 Fakta soal Jam Tidur, Tidur Kamu Sudah Cukup atau Belum?

4. Pilih bahan seprai yang memiliki serat halus

Mau Tidur Lebih Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Peralatan Tidurunsplash.com/Greg Rivers

Seprai menjadi daya tarik khusus untuk membungkus kasur. Beberapa dari kita mungkin tergiur dengan seprai bermotif cantik, namun luput memilih yang berbahan bagus. Padahal, seprai dengan kualitas bagus bisa membuat tidur semakin nyaman.

Pilihlah bahan seprai yang memiliki serat halus dan dapat menyerap keringat pada saat tidur. Misalnya, seprai dengan bahan katun, tencel, flanel, hingga sutra. Setelah memilih bahan yang bagus, barulah kamu bisa memilih motif yang menarik!

5. Gunakan selimut yang ringan

Mau Tidur Lebih Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Peralatan Tidurunsplash.com/Gaelle Marcel

Selimut merupakan perangkat tidur yang difungsikan untuk menutupi dan  memberikan kehangatan saat tidur. Namun, berbeda dengan negara-negara di Eropa, Indonesia dikenal dengan iklim yang tropis. Untuk itu, penggunaan selimut harus diperhatikan.

Pilihlah selimut yang ringan dan menggunakan bahan yang memungkinkan terjadinya sirkulasi udara. Dengan begitu, selimut bisa berfungsi maksimal karena menyesuaikan suhu udara di ruangannya. Kamu pun tidak kepanasan.

Dengan beberapa perlengkapan tidur yang baik dan sesuai, tidurmu akan lebih  berkualitas. Efeknya, kamu pun bakal lebih positif dan bahagia sepanjang hari. Setuju gak?

Baca Juga: Tidur Berkualitas, Ini 10 Minuman yang Baik Diminum sebelum Tidur

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya