Comscore Tracker

Punya 4 Anak, Ini Rahasia Keluarga Harmonis Joanna Alexandra

Keluarga akrab dan kuat ala Joanna

Aktris Joanna Alexandra telah berkeluarga selama 12 tahun. Meskipun begitu, keluarga Joanna sepi gosip dan berita negatif di media. Dalam acara Bincang Shopee, perempuan kelahiran 1987 ini berbagi cerita dan tips untuk membangun hubungan keluarga yang kuat dan harmonis.

Bincang tersebut dilakukan di Senayan City, Jakarta, pada Sabtu (16/11) lalu. Daripada penasaran, langsung saja kita simak rahasia keluarga harmonis Joanna Alexandra berikut!

1. Joanna menikah saat masih berusia 20 tahun dan kini sudah dikaruniai 4 orang anak

Punya 4 Anak, Ini Rahasia Keluarga Harmonis Joanna AlexandraBincang Shopee di balik Kekuatan Keluarga. 16 November 2019. IDN Times/Klara Livia

Joanna Alexandra menikah dengan Raditya Oloan Panggabean pada tahun 2007. Mereka dikarunia 4 orang anak bernama Zuriel, Zeraiah, Zoey, dan Ziona. Pemain film sinetron Super Puber ini, kerap membagikan foto aktivitasnya dengan anak-anaknya di sosial media. Mereka selalu terlihat kompak dan saling akrab satu sama lain. 

2. Joanna dan suami rutin melakukan deep talk untuk menjaga keharmonisan keluarga

Punya 4 Anak, Ini Rahasia Keluarga Harmonis Joanna AlexandraBincang Shopee di balik Kekuatan Keluarga. 16 November 2019. IDN Times/Klara Livia

Menurut Joanna, ia dan keluarga bisa memiliki hubungan yang harmonis dan kuat karena rutin melakukan deep talk. Mereka senang untuk mengutarakan apa yang mereka rasakan secara mendetail. 

"Kita suka ngobrol deep talk. Suamiku tuh sering ngulik apa yang lagi dirasakan hari ini. Biasanya aku cuma bilang, lagi senang, gak mood. Tapi, dia memaksa aku untuk memberikan detail. Gak cuma dipendam, tapi dikomunikasikan," papar Joanna.

3. Dari deep talk inilah, Joanna mengetahui bahwa si sulung sempat merasa kurang diperhatikan sejak kelahiran adik perempuannya yang bernama Zoey

Punya 4 Anak, Ini Rahasia Keluarga Harmonis Joanna Alexandrainstagram/joannaalexandra

Kebiasaan deep talk ini, kemudian diterapkan juga kepada anak-anak mereka. Meskipun anak-anaknya terlihat bahagia saja, ternyata mereka bisa memendam rasa sedih, iri, hingga kesal dengan orangtuanya. Seperti si sulung, Zuriel. 

"Pas Zoey lahir, mungkin karena baru pertama punya anak perempuan, semua perhatian jadi ke dia. Waktu aku ulang tahun, kita, satu keluarga sempat deep talk. Di sini, Zuriel cerita kalau dia merasa gak diperhatikan lagi sama aku. Aku kaget. Padahal waktu itu, umur dia sudah 9 tahun. Jadi, aku merasa dia sudah gak apa-apa dilepas. Ternyata, dia merasa kurang diperhatikan," cerita Joanna. 

Setelah mendengar curahan hati putranya, Joanna meminta maaf. Ia bertekad untuk tetap memberikan perhatian yang sama kepada keempat anaknya, meskipun mereka telah beranjak besar.

Baca Juga: Punya 4 Anak, 11 Potret Joanna Alexandra Tetap Imut bak Anak SMA 

4. Jangan malu untuk mengatakan bahwa kita capek dan butuh bantuan

Punya 4 Anak, Ini Rahasia Keluarga Harmonis Joanna AlexandraBincang Shopee di balik Kekuatan Keluarga. 16 November 2019. IDN Times/Klara Livia

Sebagai Ibu dari empat orang anak, tentu Joanna merasakan lelah. Baginya, menjadi Ibu tidak perlu sempurna. Ia butuh bantuan untuk bisa membesarkan anak-anaknya dengan baik. 

"Tuntutan palsu itu, kalau sebagai ibu, kita harus sempurna. Aku sekarang udah menerapkan gak malu lagi kalau butuh bantuan. Sebagai ibu, kita adalah manusia yang bisa merasa capek. Jadi, jangan malu kalau butuh bantuan," ucapnya.

5. Keluarga adalah safe place bagi Joanna

Punya 4 Anak, Ini Rahasia Keluarga Harmonis Joanna Alexandrainstagram/joannaalexandra

Keluarga tidak harus sempurna. Namun, masing-masing anggota keluarga mau sama-sama berusaha. Begitu pun untuk Joanna. Ia berusaha menciptakan save place dalam keluarganya. 

"Keluarga itu my safe place. Tempat yang aman untuk curhat sama suamiku. Tempat aku pulang. Tempat anak-anakku bisa menjadi diri mereka sendiri. Kita semua bisa belajar menjadi diri sendiri," tutupnya.

Baca Juga: Harmonis Banget! Ini 10 Potret Bahagia Keluarga Kecil Raditya Dika 

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Just For You