Comscore Tracker

Sering Gak Disangka-sangka, 5 Tanda Kamu Punya Orangtua yang Toksik

Semoga gak terjadi di kamu

Kamu mungkin sering mendengar istilah hubungan toksik. Hubungan ini ditandai dengan perilaku-perilaku 'beracun' yang merusak fisik maupun emosional diri sendiri serta pasangan.

Walaupun hubungan toksik banyak terjadi di antara dua orang yang menjalin asmara, ternyata hubungan orangtua dan anak pun bisa menjadi toksik lho! Bahkan, terkadang kita gak menyadari bahwa ternyata orangtua kita toksik untuk kita.

Lantas bagaimana cara kita mengetahui apakah orangtua kita toksik atau tidak? Cek tandanya di sini!

1. Kamu tidak merasa dekat dengan orangtuamu

Sering Gak Disangka-sangka, 5 Tanda Kamu Punya Orangtua yang Toksikhancinema.net

Cara paling sederhana untuk mengetahui apakah orangtuamu toksik atau tidak, adalah dengan mengukur kedekatan dengan orangtua. Apabila kamu nyaman dan dekat dengan orangtua, maka hubunganmu sehat. Sebaliknya, kalau merasa berjarak, hubunganmu dan orangtua mungkin saja toksik.

Saat anak tak dekat dengan orangtua, ia mungkin tak mendapatkan kehangatan yang seharusnya didapatkan sejak kecil. Saat anak tidak mendapat kehangatan, ia bisa tumbuh sebagai sosok yang selalu mencari perhatian pada orang lain. Tentunya, sikap ini toksik bukan?

2. Kamu tidak bisa bebas berekspresi atau berpendapat dengan orangtuamu

Sering Gak Disangka-sangka, 5 Tanda Kamu Punya Orangtua yang Toksikhancinema.net

Apakah kamu tidak pernah mengeluh di depan orangtuamu? Atau mungkin, kamu selalu patuh dan menyetujui semua perkataan orangtuamu? Hati-hati! Ini bisa menjadi tanda kalau orangtuamu sesungguhnya toksik.

Mereka yang tak bisa mengekspresikan perasaan dan pendapatnya, mungkin takut mengecewakan orangtua. Akhirnya, ia terbiasa memendam perasaan dan pemikirannya. Padahal, orangtua yang baik tak akan merenggut kebebasan dan kebahagiaan anaknya untuk kepentingan pribadinya.

3. Orangtuamu tidak menghargai privasi dan batasanmu

Sering Gak Disangka-sangka, 5 Tanda Kamu Punya Orangtua yang Toksikhancinema.net

Apakah orangtuamu sering mendobrak pintu kamarmu sesuka hati? Atau mungkin, ia membongkar handphone-mu untuk mengetahui apa saja kegiatanmu dengan gawai tersebut? Semua tindakan ini melanggar privasi, lho!

Pada dasarnya, privasi adalah hal yang dibutuhkan semua orang. Kamu pun berhak memiliki privasi saat bersama orangtuamu. Sayangnya, beberapa orangtua toksik sering melanggar privasi anaknya karena merasa itu hak mereka.

Baca Juga: 5 Hal Positif saat Berhasil Mengabaikan Ucapan Toksik Orang Lain

4. Orangtuamu berusaha mendominasimu

Sering Gak Disangka-sangka, 5 Tanda Kamu Punya Orangtua yang Toksikhancinema.net

Beberapa orangtua toksik juga kerap menggunakan posisinya untuk mendominasi dan mengontrol anaknya. Dominasi ini bisa dilakukan dengan mengancam hingga membuat anak merasa bersalah. 

Sedihnya, terkadang orangtua merasa hal ini wajar sebagai pola didik anak. Padahal, orangtua yang terlalu mendominasi bisa membuat anak rentan memberontak. Pada akhirnya, anak bisa tumbuh tidak mau menurut dengan orangtuanya.

5. Orangtua membuatmu bertanggung jawab atas kesejahteraan dan kebahagiaan mereka

Sering Gak Disangka-sangka, 5 Tanda Kamu Punya Orangtua yang Toksikhancinema.net

Terakhir, apakah orangtuamu sering menuntut untuk memenuhi kebahagiaan dan kesejateraan mereka? Misalnya, ibumu berkata, "Kalau kamu belum menikah, Mama gak bakal bahagia" atau "Kalau kamu sudah kerja, tolong belikan Papa motor." 

Orangtua yang baik tak akan menuntut apa pun pada anaknya. Namun, anak yang baik juga pasti akan berusaha membuat orangtuanya bahagia. Semua ini terjadi secara natural tanpa merasa terbebani untuk memenuhi kebahagiaan dan kesejahteraan orangtuamu.

Demikian 5 tanda tak disadari bahwa orangtuamu sosok yang toksik. Apakah kamu mengalami tanda-tandanya? Kalau ternyata iya, yuk coba perlahan-lahan perbaiki hubunganmu dan orangtuamu!

Baca Juga: 5 Kalimat Terlarang yang Tidak Boleh Diucapkan Orangtua pada Anaknya 

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya