Comscore Tracker

5 Tips agar Ruang Belajar Anak Terasa Aman dan Menyenangkan

#IDNTimes Biar anak gak bosan sekolah online

Menurut psikolog anak, Anastasia Satriyo, penerapan sistem pembelajaran jarak jauh sejak awal pandemik berdampak pada kesehatan mental anak. Salah satu dampaknya, anak menjadi mudah bosan dan sulit diatur, khususnya ketika sedang sekolah online

Jika anak sudah mulai bosan untuk sekolah online, orangtua bisa mulai mengeksplorasi dan menciptakan suasana yang menyenangkan untuk ruang belajarnya. Dilansir dari pres rilis IKEA, berikut tips agar ruang belajar terasa aman dan menyenangkan!

1. Cari pencahayaan yang tepat

5 Tips agar Ruang Belajar Anak Terasa Aman dan Menyenangkaninstagram.com/ikea_id

Kualitas pencahayaan menjadi salah satu hal terpenting bagi ruang belajar. Sistem pencahayaan yang tepat, dapat mendukung suasana dan motivasi belajar.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat, orangtua bisa memilih ruangan dengan jendela yang luas atau menambahkan lampu di meja belajar dan area yang gelap seperti pojok ruangan.

2. Siapkan ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik

5 Tips agar Ruang Belajar Anak Terasa Aman dan Menyenangkandok. IKEA

Sirkulasi udara yang baik dapat membuat ruang belajar menjadi lebih nyaman. Kehadiran ventilasi dan jendela mampu memberi asupan oksigen yang maksimal guna menghindari anak dari virus dan jamur.

Selain itu, berdasarkan penelitian, menghirup udara segar dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Hal ini tentunya mendukung anak untuk lebih fokus belajar. 

3. Pilih lokasi ruangan yang strategis

5 Tips agar Ruang Belajar Anak Terasa Aman dan Menyenangkandok. IKEA

Jangan khawatir kalau ruang di rumah terbatas! Orangtua tetap bisa menggunakan sedikit tempat di ruang tamu atau dapur untuk dijadikan area belajar anak kok!

Pilihlah lokasi ruangan yang strategis. Jadi, orangtua bisa berkegiatan sambil tetap mengawasi anak saat sedang belajar dan bermain.  

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka Belum Terlaksana, Dua Guru Positif COVID-19

4. Lengkapi ruangan dengan dekorasi yang unik dan menarik perhatian

5 Tips agar Ruang Belajar Anak Terasa Aman dan Menyenangkandok. IKEA

Agar anak betah berada di ruang belajar, pertimbangkan untuk menambah dekorasi unik yang dapat menarik perhatiannya. Beri cat dinding sesuai dengan warna kesukaannya, pasang wallpaper dengan motif tokoh favoritnya, dan lain-lain.

Bahkan orangtua juga bisa berkreasi lebih jauh. Misalnya, menambahkan boneka hewan dan stiker dekorasi tumbuhan untuk menghadirkan suasana layaknya sedang berada di hutan. 

5. Gunakan perabot multifungsi yang aman untuk anak

5 Tips agar Ruang Belajar Anak Terasa Aman dan Menyenangkandok. IKEA

Agar ruangan tidak terasa sempit, orangtua dapat menggunakan perabot multifungsi untuk mendukung kegiatan belajar dan bermain anak. Misalnya, meja kayu yang dapat dipakai sebagai meja belajar sekaligus tempat penyimpanan buku dan mainan anak. 

Dengan adanya perabot multifungsi seperti ini, orangtua bisa mengajak anak untuk belajar dan bermain sambil mengajarkan tanggung jawab atas barang-barangnya. Pastikan juga kalau material dan desain perabot aman, ya!

Baca Juga: 5 Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Nyaman dan Ideal

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya