Comscore Tracker

5 Tips Menata Ruang agar Tampak Lebih Luas dan Berkarakter

Cocok buat ruangan sempit

Beberapa orang ingin menonjolkan karakteristik mereka melalui dekorasi rumahnya. Akan tetapi, hal yang sering menjadi tantangan adalah ukuran rumah dan dana yang terbatas. Apalagi kalau kita tinggal di kota besar. 

Tapi kamu gak perlu khawatir! Dilansir press release IKEA, berikut tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menata ruang agar tampak lebih luas dan berkarakter!

1. Cat dinding warna cerah

5 Tips Menata Ruang agar Tampak Lebih Luas dan Berkarakterpexels.com/ATBO

Salah satu trik untuk menghadirkan kesan agar ruangan terlihat lebih luas adalah mengecat dinding dengan warna cerah. Hindari warna gelap yang dapat menyerap cahaya dan membuat ruangan terkesan lebih sempit.

Pilih warna pastel yang dapat menciptakan suasana ceria. Selain itu kamu juga bias memilih warna tegas seperti merah dan kuning yang dapat memantulkan cahaya, sehingga membuat ruangan terasa lebih luas.

2. Pilih perabot warna berani dan motif unik

5 Tips Menata Ruang agar Tampak Lebih Luas dan BerkarakterKoleksi SAMMANKOPPLA. dok. IKEA

Kalau warna dinding sudah cerah, perabotmu harus kontras supaya ruangan lebih hidup. Pilihlah warna atau desain yang sesuai dengan karaktermu.

Jangan ragu untuk memilih perabot dengan warna yang berani dan memiliki aksen unik! Dengan begitu, ruangan kecil tidak akan terasa membosankan bahkan dapat memberikan statement yang unik.

3. Gunakan perabot multifungsi untuk menghemat ruang

5 Tips Menata Ruang agar Tampak Lebih Luas dan BerkarakterInspirasi ruang SAMMANKOPPLA. dok. IKEA

Penggunaan perabot menjadi kunci untuk membuat ruangan semakin bermakna. Lupakan perabot besar yang memakan banyak ruang! Lebih baik gunakan perabot dengan desain praktis dan minimalis.

Selain itu pilihan perabot multi fungsi juga sangat diutamakan! Misalnya, kamu bisa menggunakan kasur yang juga bisa berfungsi sebagai sofa, atau penyekat ruangan sekaligus rak buku.

Baca Juga: 6 Cara Cerdas Bikin Ruangan Terbatas Terasa Luas 

4. Gunakan sekat dan hindari penggunaan pintu

5 Tips Menata Ruang agar Tampak Lebih Luas dan BerkarakterSekat ruang SAMMANKOPPLA. dok. IKEA

Penyekat ruangan merupakan cara tradisional untuk memisahkan fungsi satu ruangan dengan lainnya. Cara tradisional ini pun bakal cocok untuk diterapkan dalam ruangan yang sempit.

Ruangan kecil jika dibatasi pintu akan terasa semakin sempit. Dengan menggunakan sekat, kamu tetap bisa memberi pemisah antar ruangan dengan fungsi yang lebih maksimal. Misalnya, kamu juga bisa menggantungkan baju di penyekat ruanganmu.

5. Jangan lupa selalu merapikan ruangan ya!

5 Tips Menata Ruang agar Tampak Lebih Luas dan Berkarakterpexels.com/Vecislavas

Terakhir, jangan lupa untuk selalu merapikan ruanganmu ya! Meski kita sudah banyak berupaya untuk membuat ruangan terlihat lebih luas dan berakarter, ruangan bakal hilang nilai estetisnya kalau berantakan.

Pastikan selalu susun barang-barang kembali ke tempatnya, bersihkan perabot dari debu, dan rutin sapu dan pel ruanganmu. Dengan begini, tentunya ruangan bakal selalu estetis!

Menciptakan ruangan yang lebih luas dan berkarakter ternyata gak sulit kan? Yuk mulai dipraktikkan!

Baca Juga: 6 Tips Menata Kamar Kos Sempit Biar Rapi dan Lebih Luas

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya