Comscore Tracker

5 Tips WFH Tanpa Terganggu Anggota Keluarga, Jadi Lebih Fokus!

Agar suasana makin kondusif

Wabah COVID-19 membuat banyak kantor memberlakukan work from home (WFH) pada pekerjanya. Kebijakan ini tentu disambut baik untuk para pekerja, namun ternyata WFH pun banyak tantangannya lho! Salah satu tantangan terbesar adalah bekerja dengan kondusif tanpa terganggu anggota keluarga. 

Lantas bagaimana menciptakan WFH kondusif tanpa diganggu keluarga? Berikut tipsnya!

1. Ciptakan workspace tertutup

5 Tips WFH Tanpa Terganggu Anggota Keluarga, Jadi Lebih Fokus!Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

WFH akan sulit kondusif apabila kamu tidak memiliki ruang kerja pribadi. Ruang kerja ini gak perlu benar-benar berbentuk ruang bak kantor kok. Cukup siapkan satu ruangan tertutup yang bisa kamu gunakan untuk dirimu sendiri selama bekerja.

Kamu bisa kok memanfaatkan kamarmu sendiri sebagai ruang kerja. Jika kamu sudah berkeluarga, penting untuk mengomunikasikan waktu kerjamu dengan pasangan dan anak agar mereka tidak keluar masuk selama kamu bekerja. 

2. Beri shift waktu kerja

5 Tips WFH Tanpa Terganggu Anggota Keluarga, Jadi Lebih Fokus!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Keuntungan work from home adalah kamu bisa bebas mengatur shift kerjamu sendiri. Ketika di rumah, tentu mustahil benar-benar menerapkan jam kerja 9 to 5. Apalagi karena kehadiranmu pasti dinantikan keluarga.

Oleh karena itu, cobalah untuk membuat shift kerja mandiri. Misalnya, kamu 3 jam bekerja, lalu 2 jam menghabiskan waktu bersama keluarga, lalu bekerja lagi waktu selanjutnya.

3. Gunakan waktu istirahat bersama keluarga

5 Tips WFH Tanpa Terganggu Anggota Keluarga, Jadi Lebih Fokus!unsplash/National Cancer Institute

Meski bekerja di rumah, kamu juga ingat akan adanya waktu istirahat. Nah, apabila kamu sulit menentukan shift kerja, kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat ini menghabiskan waktu bersama keluarga.

Gunakan waktu kurang lebih dua jam untuk makan bersama keluarga sambil saling bercerita sebagai bentuk quality time. Tentu kehadiranmu bakal tetap terasa meski harus selalu bekerja.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Membuat Aktivitas WFH Tak Lagi Membosankan

4. Pastikan kebutuhan anak sudah tercukupi sebelum bekerja

5 Tips WFH Tanpa Terganggu Anggota Keluarga, Jadi Lebih Fokus!unsplash/Aleksandar Popovski

Anak tentu menjadi kendala ketika harus bekerja di rumah bagi para orangtua. Tentu susah apabila anak tiba-tiba rewel dan mengganggu konsentrasi bekerja. Untuk mengurangi risiko anak rewel, kita perlu memastikan kebutuhan anak sudah terlaksana sebelum bekerja. Pastikan anak sudah makan dengan kenyang, sudah mandi, dan sudah terpenuhi kebutuhan lainnya sebelum bekerja. 

5. Jangan ragu minta bantuan apabila suasana semakin tidak kondusif!

5 Tips WFH Tanpa Terganggu Anggota Keluarga, Jadi Lebih Fokus!pexels/EllyFairytale

Apabila suasana memang tidak memungkinkan untuk kondusif selama bekerja di rumah, jangan ragu untuk meminta bantuan. Kamu bisa minta bantuan saudara atau orang terpercaya untuk menjaga anakmu selama kamu bekerja.

Meminta bantuan bukan berarti kamu gak mampu menyeimbangkan pekerjaan dan domestikmu, kok. 

Demikian tips WFH agar suasana kondusif tanpa diganggu anggota keluarga. Selamat bekerja!

Baca Juga: 5 Langkah Membersihkan Rumah untuk Antisipasi Corona, Nyaman buat WFH!

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya