Comscore Tracker

5 Jenis Omelan Ibu yang Dulunya Kamu Benci Ternyata Berfaedah saat Ini

#IDNTimesLife Yang gak enak, memang biasanya bermanfaat!

Orangtua dan omelan, rasanya tak bisa dipisahkan. Apalagi buat sosok ibu. Saat ibu ngomel, jarang banget kamu langsung sadar. Justru perasaan yang kerap hadir, adalah sebal, menuduh ibu cerewet, atau malah jadi benci.

Ketika sudah besar seperti sekarang, baru deh paham. Omelan ibu dulu itu bukannya tak berdasar. Tapi memang bertujuan membentuk kamu untuk jadi pribadi yang baik. Seperti jenis omelan ibu berikut ini. Ternyata banyak faedahnya, lho!

1. Saat ketiduran dan TV masih menyala

5 Jenis Omelan Ibu yang Dulunya Kamu Benci Ternyata Berfaedah saat Iniilustrasi tidur di sofa (pexels.com/Pixabay)

Ibu sering ngomel saat kamu tidur, tapi TV tetap nyala. Padahal itu memang penting supaya kamu gak buang-buang listrik.

Selain bisa mengakibatkan tagihan listrik membengkak, perbuatan demikian juga gak ramah lingkungan. Perilaku boros listrik, dapat membuat cadangan energi tak terbarukan jadi cepat habis.

2. Bangun siang

5 Jenis Omelan Ibu yang Dulunya Kamu Benci Ternyata Berfaedah saat Iniilustrasi mengantuk (pexels.com/Andy Barbour)

Dulu paling sebal kalau ibu ngoceh ketika kamu bangun siang. Katanya nanti rezeki dipatok ayam. Meskipun hal itu cuma kiasan, tapi makna di baliknya memang masuk akal.

Bangun pagi membuat otak jadi lebih segar, sehingga kamu pun bisa bersemangat dalam menjalani hari. Selain itu, sekarang ketika kamu sudah bekerja, dalam hatimu bersyukur dulunya sering mendapat omelan kalau bangun siang. Sehingga sekarang ini, kamu jadi terbiasa bangun pagi. Gak telat ngantor, deh!

Baca Juga: 5 Kekeliruan Pola Asuh Anak Ini Kerap Diterapkan Orangtua Millennial

3. Mengerjakan tugas rumah tangga

5 Jenis Omelan Ibu yang Dulunya Kamu Benci Ternyata Berfaedah saat Iniilustrasi cuci piring (pexels.com/cottonbro)

Paling kesal kalau akhir pekan. Rencana untuk bangun siang dan malas-malasan, buyar karena kena omelan.

Boro-boro bisa tidur-tiduran, yang ada disuruh ibu mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Tapi setelah dewasa, baru deh terasa manfaatnya. Kamu jadi terbiasa hidup rapi dan tumbuh jadi pribadi yang rajin. Alhamdulillah punya ibu yang bisa mengajarimu disiplin.

4. Ketika makan

5 Jenis Omelan Ibu yang Dulunya Kamu Benci Ternyata Berfaedah saat Iniilustrasi anak sedang makan(pexels.com/Anna Shvets)

Ibu suka murka kalau makanan tak dihabiskan. Mubazir katanya. Dan orang yang mubazir, berarti saudaranya setan. Duh, seram amat!

Namun dari omelan itu, kamu jadi terbiasa untuk tidak membuang-buang makanan dan makan seperlunya saja, tidak sampai berlebihan. Secara tidak langsung, ibu mengajari empati. Bahwa di luar sana masih banyak orang kelaparan. Apa yang ada di benak mereka, kalau tahu perilaku sering membuang-buang makanan. Hati mereka pasti menjerit!

5. Jajan sembarangan

5 Jenis Omelan Ibu yang Dulunya Kamu Benci Ternyata Berfaedah saat Iniilustrasi anak sedang makan (pexels.com/Shohei Ohara)

Dulu kamu gak mengerti, kenapa sih kalau jajan di pinggiran jalan itu suka diomelin. Toh, makanannya enak.

Nah, pas sudah besar dan akhirnya bisa tahu kandungan apa saja dalam makanan. Serta berbagai perilaku penjual tak bertanggung jawab yang suka menambahkan bahan-bahan berbahaya ke dalam jajanan, kamu pun bersyukur dulunya sempat diomelin. Jadinya, jajan gak sembarangan.

Dalam hidup, sering kali yang gak enak itu malah memberi manfaat. Termasuk omelan ibu. Setelah besar seperti sekarang, baru deh terasa manfaat besar di balik ocehan ibu yang dulu sempat membuat kamu benci. Banyak faedahnya ternyata!

Baca Juga: 5 Ucapan Anak yang Ternyata Membuat Hati Orangtua Terluka

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya