Comscore Tracker

Kata Siapa Susah? 5 Hal Simpel yang Buat Orangtua Lebih Bahagia!

Sayangi orangtua selagi mereka masih hidup
Sebagai anak kamu seringkali merasa bingung, gimana sih cara membalas jasa orangtua? Jawabannya gak akan pernah bisa. Yang kamu bisa lakukan hanya membahagiakan mereka kalau kamu masih punya kesempatan. Namanya jasa orangtua gak akan pernah bisa terbalaskan.
 
Namun, bukan berarti kamu gak bisa membahagiakan orangtua kamu. Gak susah dan gak rumit kok, asal kamu mau melakukan lima hal ini, wah orangtua kamu udah senang bahagia, lho.

1. Selama belum bisa menghasilkan, jangan menyusahkan

Kata Siapa Susah? 5 Hal Simpel yang Buat Orangtua Lebih Bahagia!pixabay.com/DanaTentis
Jika saat ini kamu mungkin masih sekolah, dan belum bisa lepas secara mandiri menghidupi diri sendiri, maka jangan ambil peran menjadi beban bagi orangtua. Ketahuilah biaya jajan, pakaian, dan sekolah kamu saja sudah bikin orangtua harus berpikir ekstra keras supaya kebutuhanmu terpenuhi. 
 
Jangan ditambah lagi dengan harus membiayai shopping kamu, mengganti rugi jika kamu merusak sesuatu, dan sebagainya. Bahagiakan orangtua itu cukup jadi anak yang nurut dan gak neko-neko kok nakalnya.

2. Bantulah pekerjaan mereka

Kata Siapa Susah? 5 Hal Simpel yang Buat Orangtua Lebih Bahagia!pixabay.com/nastya_gepp

Sekecil apa pun kamu mengambil peran dalam membantu meringankan beban pekerjaan orangtua dalam mencari nafkah, mereka pasti bahagia sekali. Anak yang dulunya mereka jaga dan rawat, mereka beri makan dan susu terbaik, sekarang bisa mengurangi beban tenaga mereka mencari nafkah. Wah udah deh, pasti orangtua kalian langsung menceritakan itu kepada orang lain, saking senengnya.

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Merasa Tidak Dicintai Orangtua, Jangan Abaikan!

3. Tetep ingat jaga nama baik mereka di setiap momen kamu

Kata Siapa Susah? 5 Hal Simpel yang Buat Orangtua Lebih Bahagia!pixabay.com/StockSnap

Cukuplah jadi anak yang nurut, sopan, dan tidak melawan orangtua ketika sedang emosi. Udah deh, dijamin orangtua pun juga jarang marah sama kamu. Ingat, kamu tinggal di Indonesia, yang mana nama orangtua akan kamu bawa sampai kapan pun. 'Anaknya siapa' itu akan selalu dipertanyakan orang lain. 

Jadi berusahalah buat orangtua mu bangga ketika namanya kamu buat harum dengan prestasimu. Bukan malahan membuat nama orangtua terkenal dengan rentetan kasus yang kamu buat. Susah, 'kah?

4. Coba katakan "I love you" kepada mereka

Kata Siapa Susah? 5 Hal Simpel yang Buat Orangtua Lebih Bahagia!pixabay.com/gpalmisanoadm

Hayo, yang suka bilang I love you sama orangtua siapa? Pasti gengsi ya? Nah, kalau malu jika diucapkan secara lisan, kamu bisa mengucapkan lewat pesan di WhatsApp atau di kartu ucapan saat mereka ulang tahun. Kalau bisa setiap hari lebih baik. Kadang kata-kata juga perlu diucapkan sebagai pemanis, tidak hanya melalui tindakan.

5. Usahakan luangkan waktu buat sekadar kumpul makan bersama

Kata Siapa Susah? 5 Hal Simpel yang Buat Orangtua Lebih Bahagia!businessinsider.com
Ini biasanya penyakit anak remaja, beranjak dewasa, dan dewasa ketika mereka sudah punya penghasilan sendiri dan tinggal terpisah. Mungkin juga penyakit kamu sendiri. Diajak makan aja susah setengah mati, padahal gak dimintai bulanan lho sama orangtua. 
 
Yang dibutuhkan orangtua tidak hanya materi, namun juga rasa perhatian dan kebersamaan. Jadi gak susahlah dalam membuat waktu bertemu dan sekadar makan bersama. Bukannya udah jarang ya kalau udah gede bisa kumpul sama orangtua. Makanya yuk luangkan waktumu.
 
Mari, segera bahagiakan orangtuamu sebelum semuanya terlambat. Waktu gak ada yang tau. Jika kamu ada kemauan, lima hal di atas gak akan sulit buat kamu lakukan. Ayo, lakukan mulai sekarang, ya!

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh Jika Tulus Membahagiakan Orangtua

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya