Comscore Tracker

Duh Enaknya, Ini 5 Manfaat Kalau Menjadikan Orangtua Sebagai Teman

Ayo, mau nyoba gak?

Hayo, siapa yang sering bad mood karena bertengkar dengan orangtua sendiri? Semoga kamu tetap mempunyai hubungan yang harmonis selalu ya dengan orangtuamu. Bahkan nih, kalau bisa jadikanlah mereka sebagai teman baikmu, gak hanya sekadar orang yang kamu hormati.

Pasalnya, lima keuntungan ini akan menantimu jika Berkawan baik dengan orangtua. Penasaran dong tentunya, ayo langsung dibahas aja. 

1. Membangun rasa saling memahami antara orangtua dan anak

Duh Enaknya, Ini 5 Manfaat Kalau Menjadikan Orangtua Sebagai TemanDok.Pribadi/Laurensius Aldiron
Pertengkaran yang bisa terjadi antara orangtua dan anak bisa diakibatkan karena masing-masing tidak memahami ego dan perannya. Jika orangtua marah, kamu gak segan melawannya. Ya gak bakal selesai kalau begini.
 
Coba kamu dan orangtua sama-sama duduk bersama, tekan ego masing-masing agar tau apa yang sebenarnya diinginkan. Jika hal ini sering kamu lakukan, maka pasti deh hubungan kamu dan orangtua gak sekaku saat ego kamu dan mereka masih sama-sama keras.

2. Gak ada perasaan gak enak karena mungkin harus bohong

Duh Enaknya, Ini 5 Manfaat Kalau Menjadikan Orangtua Sebagai TemanDok.Pribadi/Laurensius Aldiron

Akibat sering terjadi bentrok itulah, anak jadi selalu membohongi orangtua saat terjadi masalah. Padahal, gak enak banget kan pasti rasanya bohong sama orangtua? Makanya, jika kamu membangun hubungan layaknya seperti seorang teman, sekhilaf apa pun kamu, pasti deh akan memilih jujur, karena kamu tau sikap orangtuamu.

Baca Juga: Pola Pengasuhan Setara, Ini 5 Keuntungannya bagi Orangtua dan Anak  

3. Rahasiamu tentunya akan jauh lebih aman jika diceritakannya sama orangtua sendiri

Duh Enaknya, Ini 5 Manfaat Kalau Menjadikan Orangtua Sebagai TemanDok.Pribadi/Laurensius Aldiron

Seringkali kamu malah menceritakan masalah pada teman yang sebenarnya gak terjamin keamanannya. Kamu bisa kok, bebas curhat sama orangtua, asal masalah yang ada harus sering segera dibereskan. Dengan curhat ke orangtua, masak ia mereka mau bocorin ke orang lain? Dan lagi, orangtua bisa lebih cepat mengerti apa yang sedang kamu lalui.

4. Meminimalisir rasa kecewa sama orangtua yang akan berdampak di masa depan

Duh Enaknya, Ini 5 Manfaat Kalau Menjadikan Orangtua Sebagai Temanpixabay.com/gpalmisanoadm

Rasa kecewa pada orangtua itu bisa berdampak besar terhadap masa depan kamu, lho. Apalagi jika kamu berumah tangga kelak. Makanya, biar kamu tumbuh dengan normal dan tanpa rasa trauma apa pun, menjadikan orangtua sebagai teman baikmu bisa dicoba. Sering hang out dan quality time. Dijamin deh, keluargamu bahagia.

5. Orangtua jadi selalu merasa dibutuhkan

Duh Enaknya, Ini 5 Manfaat Kalau Menjadikan Orangtua Sebagai TemanDok.Pribadi/Laurensius Aldiron
Hal yang rentan dan ditakutkan orangtua hilang darimu adalah, melupakan orangtua, saat sudah bisa menghidupi diri sendiri. Saat kamu sudah punya pekerjaan, otomatis kamu gak lagi bergantung dengan mereka. Dengan memberi orangtua jatah bulanan, kamu kira itu udah cukup buat orangtua. Padahal gak demikian juga. 
 
Kalau hubungan kamu buruk dengan orangtua, ya udah pasti kamu semakin melupakan orangtua. Makanya, cobalah berteman baik dengan orangtua agar mereka selalu merasa dibutuhkan dan diingat kamu, walau sudah bisa cari uang sendiri.
 
Gak ada ruginya menganggap orangtua sebagai sahabat baikmu. Jangan sungkan dan menjadikan orangtua sebagai orang yang gak boleh tau kehidupanmu. Sebaliknya, jadikan mereka sebagai orang pertama yang tau tentang kamu, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Hubungan Orangtua dan Anak Tidak Akur 

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya