Comscore Tracker

5 Alternatif Hadiah untuk Anak Kecil Ketika Lebaran Selain Uang

#RamadanMasaKini Biar lebih bermakna

Lebaran datang sebentar lagi. Menurut tradisi di masyarakat kita,  orang yang sudah memiliki penghasilan wajib untuk memberikan uang kepada anak kecil yang silaturahmi ke rumah. Mereka memberikannya bisa melalui amplop atau langsung diselipkan di genggaman tangan ketika sedang bersalaman.

Namun, ada beberapa alternatif yang tidak kalah seru sebagai pengganti uang. Kamu dapat mempertimbangkan hal di bawah ini untuk kalian coba pada lebaran mendatang. Yuk mari kita simak apa saja itu!

1. Berikan buku dan pensil

5 Alternatif Hadiah untuk Anak Kecil Ketika Lebaran Selain UangUnsplash/Tamarcus Brown

Kamu bisa membeli buku dan pensil dalam jumlah yang besar. Kamu bisa menggulungnya lantas dibungkus dengan plastik transparan disertai ucapan selamat hari raya dari keluargamu. Dan jika ingin lebih menarik, kamu juga bisa menyelipkan sejumlah uang kecil ke dalamnya. Hadiah seperti ini sangat ditunggu anak-anak sekolah, apalagi jika buku yang kamu berikan punya cover yang menarik.

2. Berikan boneka

5 Alternatif Hadiah untuk Anak Kecil Ketika Lebaran Selain UangUnsplash/Khanh Steven

Siapa sih yang tidak suka dengan boneka? Dari anak kecil sampai remaja selalu tergila-gila dengan boneka yang lucu dan menggemaskan. Kamu bisa mencari boneka-boneka kecil yang dijual oleh toko khusus kado itu. Kamu bisa memilih tema hewan atau karakter kartun yang sedang populer. Setelah sampai di rumah, kamu bisa membungkusnya dengan plastik atau kertas yang gelap untuk membuat anak-anak menjadi penasaran akan isinya.

3. Berikan gelang unik dan etnik

5 Alternatif Hadiah untuk Anak Kecil Ketika Lebaran Selain UangUnsplash/Jonas Svidras

Gelang yang memiliki tema budaya akan cocok untuk dipakai cowok atau cewek. Kamu bisa memilih desain gelang yang abadi dan elegan. Bisa dipakai untuk anak dan dewasa. Selain mengenalkan aneka kebudayaan nusantara, gelang-gelang ini akan menambah penampilan lucu mereka. Pastikan juga untuk memberikan perbedaan mana yang untuk putra mana yang untuk putri.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Menguntungkan Jelang Lebaran, Cocok buat Milenial!

4. Jam tangan lucu sangat disukai

5 Alternatif Hadiah untuk Anak Kecil Ketika Lebaran Selain UangUnsplash/Brigitte Tohm

Untuk saat ini banyak pedagang yang menjual jam tangan murah di bawah Rp100.000. Jam tangan ini memang memiliki desain khas anak-anak. Seperti berdesain karakter Batman, Superman atau Spiderman. Kamu bisa memberikan ini kepada anak-anak yang kamu anggap spesial, misalkan anggota keluarga dekat yang sering bertemu atau anak yang sering membantumu. Jam seperti ini sangat berharga dan tak akan mudah dilupakan karena bersifat awet.

Untuk hadiah yang satu ini, kamu tidak harus membelinya baru. Jika kamu ingin lebih berhemat, ada kok yang menjual jam bekas yang masih layak pakai. Yang tentu saja dengan harga yang miring.

5. Kamu bisa memberikan sebuah tempat pensil

5 Alternatif Hadiah untuk Anak Kecil Ketika Lebaran Selain UangPexels/Dzenina

Anak usia sekolah tentu saja memiliki banyak peralatan untuk belajar. Seperti pensil, penghapus, penjepit kertas dan lain-lain. Benda kecil ini mudah sekali tercecer jika tidak memiliki tempat yang khusus. Nah, kamu akan memberikan solusi yang jitu dengan memberikan hadiah ini kepada mereka.

Itulah 5 hadiah alternatif untuk menggantikan uang sebagai hadiah lebaran. Tentunya ini memiliki nilai yang lebih besar daripada uang itu sendiri. Selain itu, kamu juga bisa kok menyelipkan sejumlah uang jika merasa kurang pantas.

Baca Juga: Tata Cara Salat Ied yang Bisa Kamu Terapkan Pas Lebaran Nanti

Layangseta Photo Community Writer Layangseta

Saya seorang blogger yang mempunyai hobi jalan-jalan ke tempat yang memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Tidak menyukai pantai, daging dan semua hal yang berbau amis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You