Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Orangtua Tidak Selalu Menuruti Permintaan Anak

Pasti ada alasan tersendiri di balik keputusan itu

Banyak pelajaran hidup yang kita pelajari seiring beranjak dewasa. Salah satunya adalah bahwa hidup tidak selalu memberikan apa yang kita inginkan, sekeras apa pun kita berusaha.

Mungkin di usia lebih muda, kita sering merengek kepada orangtua kita dan cenderung ngambek kalau keinginan kita tidak terpenuhi. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, orangtua kita tidak sepenuhnya salah. Mungkin ada alasan tertentu yang membuat mereka tidak serta merta menuruti keinginan kita saat kecil, misalnya saja karena lima hal berikut ini.

1. Mengajarkan anak untuk bersabar

5 Alasan Mengapa Orangtua Tidak Selalu Menuruti Permintaan Anakilustrasi anak kecil (unsplash.com/Chinh Le Duc)

Sebutan anak-anak itu bukan hanya sekedar panggilan saja. Dibandingkan orang dewasa, mereka yang masih anak-anak umumnya belum bisa mengatur diri mereka secara mandiri. Seorang anak masih masih harus belajar untuk mengendalikan pikiran dan keinginannya.

Bisa saja keinginan seorang anak hanyalah sebuah godaan sesaat. Mereka terkadang menuntut sebuah hal hanya demi memuaskan hati mereka saja. Kalau begini, orangtua memang harus menjadi rem bagi anak. Dengan begitu, anak juga bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih sabar dan tidak egois.

2. Sedang ada kebutuhan lain yang lebih mendesak

5 Alasan Mengapa Orangtua Tidak Selalu Menuruti Permintaan Anakilustrasi mengatur keuangan (pixabay.com/stevepb)

Hal pahit lain dalam hidup adalah tidak semua orang hidup berkecukupan. Namun, meski berada di kehidupan serba terbatas, orangtua yang baik pasti akan mengusahakan kebutuhan anaknya. Mereka bisa rela tidak makan demi menafkahi anaknya dahulu   

Kondisi ekonomi keluarga seperti ini yang kadang tidak diperlihatkan kepada seorang anak. Makanya ketika anak meminta untuk dibelikan sesuatu, orangtua kadang terpaksa harus menolak. Seandainya mereka diberikan rejeki lebih, mungkin mereka tidak akan segan-segan membelikan apa yang kita mau, kok.

Baca Juga: 5 Kenakalan Anak yang Justru Sering Disepelekan Orangtua, Hindari!

3. Mengajarkan anak untuk mengontrol diri

5 Alasan Mengapa Orangtua Tidak Selalu Menuruti Permintaan Anakilustrasi mengajarkan anak mencuci tangan (unsplash.com/CDC)

Secara psikologis, pikiran anak masih belum matang dan masih berpusat pada kepuasan diri sendiri. Makanya, mereka sangat mudah tergoda pada ajakan sesaat yang menggiurkan baginya.

Meskipun tidak tega, orangtua pun harus berani mengatakan tidak pada keinginan anak yang kurang beralasan. Ajarkan anak secara perlahan untuk memilih prioritas kebutuhan dalam hidup. Hal ini tidak mudah untuk diterapkan, tapi tetap harus diusahakan, ya.

4. Merasa ada hal lain yang lebih pantas kamu dapat

5 Alasan Mengapa Orangtua Tidak Selalu Menuruti Permintaan Anakilustrasi ibu dan anak (pexels.com/Julia M Cameron)

Sebagai orang yang punya pengalaman hidup lebih lama dari kita, orangtua mungkin memiliki pertimbangan lain dalam memilih sesuatu. Pemikiran mereka tidak selalu benar, tapi juga tidak akan salah untuk dijadikan pertimbangan.

Oleh karena itu ketika orangtua mengatakan tidak, mungkin mereka merasa hal itu tidak cocok untuk kamu miliki. Sebagai anak, kita bisa coba untuk menanyakan alasan mereka menolak secara baik-baik, sekaligus menanyakan saran dari mereka. 

5. Barang itu kurang bermanfaat untuk jangka panjang

5 Alasan Mengapa Orangtua Tidak Selalu Menuruti Permintaan Anakilustrasi belanja dengan kartu (unsplash.com/Pickawood)

Lagi-lagi dengan bertambahnya usia, orang dewasa cenderung lebih fokus pada hal-hal yang penting dalam hidup. Mungkin berbeda dengan kita yang masih anak-anak. Usia muda membuat kita masih memiliki segudang impian yang ingin dicapai.

Kalau cuma sesekali, kamu berhak meminta dibelikan sesuatu kepada orangtua. Tapi jika kamu terlalu sering menuntut sesuatu, mungkin kamu perlu pikirkan lagi apakah hal-hal itu akan kamu gunakan terus dalam jangka waktu lama atau hanya untuk sesaat.

Jadi jangan selalu berprasangka buruk ya kalau orangtuamu tidak mengabulkan keinginan kamu. Siapa tahu berkat kesabaran itu, kamu akan mendapatkan hal yang lebih baik kelak.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Bukanlah Orangtua yang Adil bagi Anak-anak, Hindari!

Leonaldo Lukito Photo Verified Writer Leonaldo Lukito

Interested in Health and Medicine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya