Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan, Dicoba Yuk!

Dijamin berhasil deh!

Mengonsumsi makanan bergizi, menjadi salah satu kunci penting agar anak bisa tumbuh sehat tanpa masalah apa pun. Menyadari hal tersebut, pada 11 Januari lalu Good Doctor by Grab bersama IDN Times menyuarakan pentingnya gizi anak dengan menyelenggarakan acara bertajuk "Gizi Seimbang, Pertumbuhan Cemerlang" yang dihadiri oleh dr. Shanti dan @kelincitertidur sebagai pembicara.

5 Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan, Dicoba Yuk!Dok.Pribadi/lia-89

Event yang dihadiri oleh pasangan ibu dan anak ini membahas tentang pentingnya gizi seimbang bagi pertumbuhan anak, games seru tentang fakta dan mitos kesehatan anak, sampai demo memasak makanan sehat bersama @kelincitertidur.

5 Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan, Dicoba Yuk!Dok.Pribadi/lia-89

Tidak ketinggalan, ada juga sesi tanya jawab bersama dr. Shanti seputar masalah yang sering dihadapi orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Salah satunya adalah urusan makanan. Pasalnya tidak semua anak suka menyantap makanan sehat. Beberapa anak bahkan cenderung pemilih dalam urusan makanan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1. Buat suasana makan yang menyenangkan

5 Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan, Dicoba Yuk!unsplash.com/Tong Nguyen van

Salah satu kesalahan orang tua saat anaknya tidak mau makan adalah dengan memaksanya. Bukannya berhasil, hal ini justru akan membuat anak menangis dan semakin enggan untuk menyentuh makanan.

Daripada memaksa anak duduk dan makan, kamu bisa membuat acara piknik "kecil-kecilan" di halaman belakang, makan bersama, atau kegiatan apa pun yang membuat suasana makan jadi lebih menyenangkan.

2. Pastikan kamu membuat jadwal makan dan camilan

5 Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan, Dicoba Yuk!unsplash.com/Heather Ford

Biskuit, cokelat, atau permen menjadi beberapa camilan favorit anak-anak. Meski camilan bisa membuat anak senang, tidak berarti mereka boleh makan camilan kapan pun mereka mau. Sebagai gantinya, kamu bisa membuat jadwal makan dan camilan. Misalnya satu jam setelah makan siang.

Pastikan kamu tidak memberi camilan sebelum anak makan ya! Ini karena makanan yang manis seperti camilan memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, akibatnya anak akan merasa kenyang dan akhirnya menolak untuk makan.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasih

3. Olah makanan dengan cara yang berbeda

5 Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan, Dicoba Yuk!unsplash.com/Brandless

Mengolah makanan untuk anak-anak butuh kreativitas yang tinggi. Terlebih untuk anak yang suka pilih-pilih makanan, ibu dituntut untuk pintar-pintar dalam mengolah makanan. Bukan hanya rasa makanan yang harus enak, penampilan makanan juga harus terlihat semenarik mungkin.

Jika anak tidak suka makan kuning telur misalnya, kamu bisa mengolahnya jadi scramble egg. Atau jika anak tidak suka sayuran, kamu bisa memotong sayur jadi lebih kecil dan "menyembunyikannya" di makanan lain yang dia suka.

4. Beri si kecil pilihan

5 Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan, Dicoba Yuk!unsplash.com/Brooke Lark

Sayuran adalah makanan yang penting bagi pertumbuhan anak. Masalahnya, tidak sedikit anak yang menghindari sayur karena rasanya yang dianggap tidak enak. Jika anak tidak suka mengonsumsi satu jenis sayur dan kamu tidak berhasil membujuknya, trik lain yang bisa kamu coba adalah dengan menawarkan beberapa makanan lain yang memiliki gizi yang sama. Dengan begitu, anak akan tetap makan dan kebutuhan gizinya akan terpenuhi.

5. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi

5 Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan, Dicoba Yuk!unsplash.com/humberto chavez

Kebiasaan memilih makanan bisa jadi masalah yang mengkhawatirkan. Untuk mengatasi ini, kamu bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter. Tenang, sekarang kamu enggak perlu lagi pergi ke rumah sakit untuk konsultasi. Sebagai gantinya, kamu bisa berkonsultasi secara online dengan dokter profesional melalui layanan Good Doctor by Grab yang bisa diakses selama 24 jam penuh.

Bahkan jika akhirnya kamu harus ke rumah sakit, kamu bisa lebih dulu membuat janji dengan dokter melalui Good Doctor. Beli obat pun jadi lebih mudah, karena Good Doctor sudah bekerja sama dengan lebih dari 300 apotek resmi berlisensi. Yang perlu kamu lakukan hanya memilih apotek, dan  obat yang dibutuhkan. Nantinya obat akan dikirim dengan Grab Express.

Terakhir, Good Doctor juga menyediakan aneka tips kesehatan termasuk resep makanan enak dan sehat yang bisa kamu coba di rumah. Oh ya, untuk kamu yang penasaran, Good Doctor ini tersedia di aplikasi Grab ya! Jadi kamu enggak perlu lagi instal aplikasi baru di smartphone. Pokoknya praktis banget deh!

Nah, itu dia trik untuk mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan. Dicoba ya tipsnya, semoga berhasil!

Baca Juga: 10 Aplikasi Meditasi untuk Relaksasi dan Bugarkan Tubuh, Unduh Yuk!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya