Comscore Tracker

6 Sikap yang Bikin Kamu Masuk Golongan Anak Durhaka, Jauhi Ya!

Cinta mereka berhak dibalas dengan hal baik

Orangtua melakukan banyak pengorbanan untuk membesarkan kita. Dari bayi hingga dewasa, betapa banyak peluh dan lelah yang mereka habiskan. Tentu hal ini tak cukup menjadi alasan kita untuk berbuat baik pada orang tua. Menjadi anak yang baik adalah kewajiban. Nah, agak kamu tak dicap golongan anak durhaka, hindari beberapa di bawah ini ya. 

1. Bermuka masam

6 Sikap yang Bikin Kamu Masuk Golongan Anak Durhaka, Jauhi Ya!.pexels.com/Mash Babkova

Jangan suka memasang muka masam atau kesal kepada orangtua karena tidak suka mendengar nasehatnya, orangtua selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya dan nasehat yang mereka berikan juga untuk kebaikan dirimu sendiri. 

2. Membentak atau pun mendesis

6 Sikap yang Bikin Kamu Masuk Golongan Anak Durhaka, Jauhi Ya!pexels.com/Craig Adderley

Jangan lukai orangtua dengan bentakanmu, berapa pun kekesalanmu pada orangtua karena sesuatu hal namun jangan pernah meninggikan suara di atas suara mereka. Sedikit saja teriakan kemarahan dan bentakanmu darimu mampu membuat hatinya sangat  hancur dan sudah dipastikan Allah pasti akan memurkaimu. Jangankan bentakan, suara mendesis seperti "cis" atau pun "ah" sudah termasuk bentuk kedurhakaan.

3. Mencela dan mengumpat

6 Sikap yang Bikin Kamu Masuk Golongan Anak Durhaka, Jauhi Ya!pexels.com/Andrea Piacquadio

Terang-terangan mencela dan mengumpat orangtua juga termasuk sikap durhaka, jangan sesekali membuat hati mereka sedih karena bila mereka sudah tidak ridho denganmu maka pasti Allah juga tidak akan meridhoimu. Bayangkan bagaimana perasaan mereka, selama ini mereka telah berjasa di hidupmu dan bersusah payah demi kalian anak-anaknya sementara dengan mudahnya kamu berlaku buruk pada mereka. 

4. Menelantarkan orangtua

6 Sikap yang Bikin Kamu Masuk Golongan Anak Durhaka, Jauhi Ya!pexels.com/Immortal shots

Jika orangtuamu sudah mulai lanjut usia, maka sudah saatnya tugasmu berbakti, balaslah jasa mereka karena pintu surga ada pada orangtua dan kesempatanmu untuk berbakti  terbuka lebar.

Mereka telah merawatmu dari kecil dan sekarang giliranmu berbakti pada mereka, jangan telantarkan mereka sendirian tanpa ada yang menjaga, atau bahkan membawa mereka ke Panti Jompo karena takut akan menyusahkanmu. Jangan tunggu penyesalan datang ketika mereka sudah tiada.

Baca Juga: 5 Anak Paling Durhaka dalam Anime, Calon-calon Penghuni Neraka!

5. Kekerasan fisik

6 Sikap yang Bikin Kamu Masuk Golongan Anak Durhaka, Jauhi Ya!pexels.com/pixabay

Sudah banyak kejadian yang sering kita dengar berupa kekerasan fisik yang dilakukan seorang anak terhadap ibu atau ayahnya, ada yang tega memukul, menendang bahkan menghabisi nyawa orangtua yang berujung di jeruji besi. Tidak sepantasnya orang yang selama ini merawat kita dari kecil namun ketika kita besar malah melakukan perbuatan sangat tidak terpuji pada orangtua, dimana hatimu?

6. Tidak patuh pada perintah mereka

6 Sikap yang Bikin Kamu Masuk Golongan Anak Durhaka, Jauhi Ya!pexels.com/david Garrison

Sering kita lihat atau bahkan ada yang sudah merasakan kejadian atau kesialan yang menimpa seseorang anak yang tidak mau mendengar nasehat orangtuanya, kadang kesedihan orangtua atas perlakuan anak bisa menjadi bencana di hidupnya.

Contohnya saja anak yang tidak mendapat restu menikah dari orangtua namun tetap memaksakan diri, lama kelamaan rumah tangga mereka menjadi  berantakan atau malah bercerai karena tidak ada keberkahan, dan contoh lain ada juga anak yang diam-diam berpacaran, padahal sudah dilarang, tiba-tiba di jalan mendapat musibah kecelakaan. Kejadian tersebut juga merupakan bentuk kemarahan Allah dalam bentuk musibah dan teguran. 

Jadi, jangan pernah sakiti orangtuamu, salah satu akibat yang akan kamu dapat di dunia yaitu azab berupa hidup sengsara, tak selesai sampai di situ, kelak di  akhirat mendapat siksa serta diharamkan masuk surga karena durhaka pada orangtua termasuk dosa besar.

Berbaktilah pada mereka walau emas setinggi gunung pun takkan mampu membalas segala jasa mereka. Jika kamu belum bisa membahagiakan mereka, setidaknya jangan menyusahkan mereka dengan perlakuan burukmu!

Baca Juga: 7 Cara Berbakti pada Orangtua yang Sudah Meninggal

Lathifah. B Photo Verified Writer Lathifah. B

Jika lisan tak cukup mewakilkan, biarkan pena yang bicara lewat tulisan. Menulislah demi menebar manfaat!☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya