Comscore Tracker

Yuk, Lakukan 5 Cara Ini agar Kamu Jadi Bagian dari Indonesia Sehat

Mulai terapkan pada keluarga kecilmu dahulu, ya!

Bertempat di Harlequin Bistro Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (11/01) acara yang diselenggarakan oleh Good Doctor by Grab x IDN Times, berlangsung cukup meriah. Bertajuk "Gizi Seimbang, Pertumbuhan Cemerlang", acara yang mayoritas dihadiri oleh para good parents ini membahas tentang pentingnya asupan gizi seimbang guna menunjang pertumbuhan si kecil yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa.

Selain itu, untuk memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2020, diharapkan para good parents memiliki kesadaran untuk ikut serta berperan aktif dalam rangka meningkatkan atau melakukan perbaikan gizi. Minimal pada keluarga kecil mereka terlebih dahulu untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang semakin sehat dan produktif.

Dihadiri oleh dua narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Dr. Shanty Handayani sebagai seorang General Practitioner Good Doctor dan Kushandari Arfanidewi (@kelincitertidur) yang merupakan seorang Healthy Food Content Creator.

Selain membahas mengenai pentingnya gizi seimbang untuk buah hati melalui penjelasan dan tanya jawab oleh Dr. Shanty Handayani, acara ini juga menampilkan demo memasak kreasi makanan sehat dan praktis untuk dicoba di rumah yang dipandu oleh Kushandari Arfanidewi (@kelincitertidur).

Tak hanya itu, acara tersebut turut pula membahas mengenai layanan online kesehatan terpadu yaitu, layanan Good Doctor yang ada di dalam aplikasi Grab Health dan telah dijelaskan cukup detail oleh tim dari Good Doctor.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu tak ketinggalan informasi-informasi penting seputar kesehatan maupun gizi seimbang supaya kamu dapat menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang sehat? Yuk, lakukan lima cara simple ini ya!

1. Jangan malas untuk mengikuti perkembangan berita seputar pentingnya kesehatan di media-media yang ada

Yuk, Lakukan 5 Cara Ini agar Kamu Jadi Bagian dari Indonesia Sehatunsplash.com/@austindistel

Di era perkembangan teknologi dan informasi yang serba cepat seperti saat ini, kamu tak punya alasan lagi untuk bermalas-malasan dalam mencari berita yang beguna untuk menambah pengetahuanmu terlebih berita-berita seputar kesehatan.

Tak sulit untuk menjangkau berita-berita tersebut melalui media-media online ataupun offline. Namun perlu diingat, meskipun berita-berita tersebut sangat mudah kamu akses, sebagai pembaca yang cerdas, ada baiknya bila kamu tak mudah termakan berita hoaks. Seleksi dan cermati dengan baik ya isi pembahasan dari berita-berita tersebut agar kamu tak salah memperoleh informasi.

2. Sesekali kamu perlu mengikuti seminar-seminar edukasi mengenai kesehatan

Yuk, Lakukan 5 Cara Ini agar Kamu Jadi Bagian dari Indonesia Sehatunsplash.com/@climatereality

Bila ada seminar-seminar edukasi yang mengangkat topik tentang kesehatan, cobalah untuk sesekali menghadirinya. Di sana kamu akan mendapatkan banyak sekali informasi dan juga tips-tips menarik seputar kesehatan yang mungkin saja belum pernah kamu dapatkan sebelumnya dan tentu saja materi-materi tersebut disampaikan langsung oleh para ahli berpengalaman.

Dan bila terdapat hal-hal yang tak kamu pahami atau selama ini menjadi ganjalan di pikiranmu, tentu saja kamu bisa menanyakannya dan memperoleh jawaban langsung dari sang ahli.

3. Mulai beralih ke bahan-bahan makanan sehat untuk diolah menjadi panganan yang bergizi lengkap

Yuk, Lakukan 5 Cara Ini agar Kamu Jadi Bagian dari Indonesia Sehatunsplash.com/Brandless

Untuk para orang tua khususnya ibu rumah tangga yang selama ini kurang peduli terhadap pentingnya keseimbangan gizi keluarga, ada baiknya lebih memerhatikannya lagi mulai sekarang. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah efektif untuk menunjang kesehatan anggota keluarga di masa kini maupun masa yang akan datang.

Dimulai dari mengganti bahan-bahan makanan yang rendah nutrisi menjadi bahan-bahan makanan yang lebih bernilai gizi untuk diolah menjadi panganan sehat untuk keluarga tercinta.

Misalnya dengan mengganti camilan anak seperti snack yang mengandung MSG tinggi menjadi buah-buahan segar yang diolah menjadi salad dan aman untuk dikonsumsi jangka panjang.

4. Terapkan pola hidup sehat mulai hari ini

Yuk, Lakukan 5 Cara Ini agar Kamu Jadi Bagian dari Indonesia Sehatunsplash.com/@curtismacnewton

Mengganti bahan-bahan makanan saja tak cukup rasanya bila tak diimbangi dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat seperti apa yang hendaknya dilakukan? Pola sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan rajin berolahraga minimal dua kali dalam seminggu, mengurangi makan makanan cepat saji, minum air putih delapan gelas sehari dan yang terakhir usahakan mengatur jam tidurmu agar tak terlalu larut malam sehingga badan tetap fit keesokan harinya.

5. Gunakan aplikasi layanan kesehatan online Good Doctor by Grab yang ramah keluarga untuk memudahkan setiap aktivitasmu

Yuk, Lakukan 5 Cara Ini agar Kamu Jadi Bagian dari Indonesia SehatDok. IDN Times/Mahestidita

Bila kamu termasuk seseorang yang aktif bekerja namun tetap ingin memiliki akses yang mudah dan praktis untuk mengontrol kesehatan keluarga, ada baiknya bila kamu mulai berkenalan dengan tampilan menu terbaru dari aplikasi Grab yaitu Grab Health di mana di dalamnya terdapat layanan Good Doctor yang memiliki misi, yaitu "Satu Dokter untuk Satu Keluarga" yang memiliki tujuan mulia untuk menjaga kualitas kesehatan setiap keluarga di Indonesia.

Good Doctor yang merupakan layanan kesehatan terpadu memiliki empat fitur unggulan yang bisa dengan mudah diakses:

  1. Get Health Consultation, yaitu layanan chat 24 jam/minggu dengan para dokter umum maupun dokter spesialis yang saat ini dapat kamu gunakan secara gratis untuk berkonsultasi langsung tentang permasalahan kesehatan pada "dokter pribadimu" yang tentu saja sudah berpengalaman di bidangnya.

    Setiap sesi pertanyaan diberikan waktu 15 menit di mana kamu bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Apabila waktu tersebut kurang, kamu akan mendapatkan tambahan waktu 15 menit berikutnya.

    Setelah kamu selesai melakukan sesi tanya jawab dengan dokter pribadimu tersebut, kamu bisa klik menu End. Dan jangan lupa untuk memberi rating / bintang pada doktermu ya sebagai masukan atau saran untuk pelayanan mereka di kemudian hari.

  2. Buy Health & Beauty Products, yaitu gerai online produk-produk kesehatan yang bekerja sama dengan lebih dari 300 apotek berlisensi resmi pemerintah dengan harga yang terjangkau dan bisa diantarkan langsung ke rumahmu melalui jasa antar Grab Express. Jadi, bila kamu malas keluar namun membutuhkan produk-produk tersebut, kamu bisa memesannya dengan mudah dan praktis.

  3. Make Medical Appointments, yaitu layanan booking online janji temu dengan dokter di rumah sakit atau klinik yang sudah terdaftar pada aplikasi tanpa kamu harus susah payah mengantri offline selama berjam-jam seperti sebelumnya. Mudah dan cepat, bukan?

  4. Read Health Tips, yaitu konten atau tips kesehatan yang terinspirasi dari menu makanan sehat, pola hidup yang baik, pentingnya gizi seimbang untuk keluarga, dan lain sebagainya yang dikurasi oleh tim dokter mitra berdasarkan fakta-fakta kesehatan yang ada. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh informasi kesehatan dengan mudah tanpa harus was-was berita tersebut adalah hoax.

Dengan adanya aplikasi Good Doctor ini, kamu dapat dengan mudah memperoleh informasi-informasi penting maupun layanan kesehatan tanpa harus repot-repot download aplikasi tambahan pada handphone. Karena semua kemudahan itu sudah tersedia di dalam aplikasi Grab yang tentu saja sudah sering kamu gunakan. Tunggu apalagi, yuk segera gunakan layanan Good Doctor by Grab untuk memudahkan hari-harimu!

Nah, itu tadi adalah lima cara agar kamu dapat turut serta aktif menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang sehat dan produktif. Sudahkah kamu ikut menjadi bagiannya saat ini? Jika belum, lakukan mulai hari ini ya!

MahestiDita Photo Verified Writer MahestiDita

"penyuka warna hitam yang mudah sekali tertidur" ----- find me on instagram : mahestidita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya