Comscore Tracker

5 Alasan Mertua Menganggapmu seperti Anak Sendiri, Hubungan Lengket

Kamu jadi nyaman bersamanya

Terutama untuk kamu yang tinggal serumah dengan mertua, baik buruknya hubungan kalian akan sangat menentukan kebahagiaan rumah tanggamu. Bersyukurlah bila sampai hari ini mertua selalu memperlakukanmu dengan baik.

Bahkan sejak kamu menikah dengan anaknya, mereka tak hanya menganggapmu menantu melainkan seperti anak sendiri. Sikap mertua yang positif wajib kamu apresiasi. Mereka dapat menganggapmu bak anak sendiri dengan alasan berikut ini!

1. Tidak punya anak berjenis kelamin sepertimu

5 Alasan Mertua Menganggapmu seperti Anak Sendiri, Hubungan Lengketilustrasi mertua dan menantu (pexels.com/RODNAE Productions)

Kehadiranmu dalam keluarganya menjadi pelengkap kebahagiaan dalam pernikahan mertua. Mereka tidak dikaruniai anak laki-laki atau perempuan, tetapi seakan-akan memperolehnya melalui hadirnya menantu. Apalagi kalau kamu menantu pertama di keluarga itu.

Antusiasme mereka pasti begitu besar. Kamu akan diperlakukan dengan istimewa, bahkan bisa melebihi istimewanya sikap mereka pada anak sendiri. Walaupun pada dasarnya anak laki-laki dan perempuan sama saja, kamu sudah mengobati kerinduan mereka akan anak dengan jenis kelamin tertentu.

2. Sangat menghargai keputusan anaknya untuk menikah denganmu

5 Alasan Mertua Menganggapmu seperti Anak Sendiri, Hubungan Lengketilustrasi keluarga muda (pexels.com/Kampus Production)

Sikap menghargai pilihan anak soal pasangan hidup tak cuma ditunjukkan dengan merestui hubungan kalian. Namun juga setelah kalian menikah, bagaimana mertua memperlakukanmu di tengah keluarganya? 

Mertuamu yang baik sadar bahwa tugasnya belum selesai. Mereka masih harus menciptakan suasana yang nyaman buatmu. Sebab jika kamu nyaman dan bahagia, anaknya juga pasti menjadi senang.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dilakukan agar Betah Tinggal Serumah dengan Mertua

3. Kamu memang baik

5 Alasan Mertua Menganggapmu seperti Anak Sendiri, Hubungan Lengketilustrasi menantu baik (pexels.com/Kampus Production)

Hanya orang tak tahu diri dan siap merugi yang bakal membenci orang baik. Dengan kebaikan yang kamu tunjukkan pada mertua, rasanya jahat sekali bila mereka membalasnya dengan perlakuan yang buruk. Bahkan, kamu boleh jadi lebih perhatian pada mereka ketimbang anak-anaknya.

Tidak ada mertua yang tak senang memiliki menantu sepertimu. Kebaikanmu gak cuma berlaku selama masa mencari restu mereka. Setelah kamu menikah dengan anaknya, kasih sayangmu terhadap mertua justru kian terlihat jelas dan tulus.

4. Kamu sudah tergabung dalam keluarga besar, tak ada alasan untuk membedakanmu dari yang lain

5 Alasan Mertua Menganggapmu seperti Anak Sendiri, Hubungan Lengketilustrasi mertua dan menantu (pexels.com/Askar Abayev)

Sebelum kamu menjadi menantunya, dirimu masihlah orang luar. Lumrah apabila saat itu calon mertua cenderung menjaga jarak dan bersikap penuh kehati-hatian padamu. Akan tetapi, sekarang dirimu telah berada di dalam lingkaran keluarganya.

Terlepas dari status menantu, kamu tetaplah bagian dari keluarga besarnya. Akan lebih baik kalau semua orang di dalamnya mendapatkan sikap yang adil. Tak terkecuali terkait kasih sayangnya sebagai orang yang dituakan.

5. Sadar sikapnya dapat memengaruhi keharmonisan rumah tangga kalian

5 Alasan Mertua Menganggapmu seperti Anak Sendiri, Hubungan Lengketilustrasi berpelukan (pexels.com/RODNAE Productions)

Mertua bisa saja merasa kurang cocok dengan menantu. Akan tetapi kalau mereka harus memilih mengurangi ego pribadi demi kebahagiaan anak atau melihatnya menderita, mayoritas orangtua pasti memilih yang pertama.

Sikapnya yang buruk padamu pasti memancing pertengkaran antara kamu dengan pasangan. Anaknya pun bingung seakan-akan harus memilih berada di pihakmu atau orangtuanya. Belum lagi bila saudara-saudara yang lain terbelah jadi dua kubu.

Demi keharmonisan pernikahan kalian dan keluarga besarnya secara  keseluruhan, mertuamu berkomitmen buat berusaha menerimamu sepenuh hati. Sejumlah ketidakcocokan yang dirasakannya terhadap kamu coba dinetralkan dengan terus membangun kedekatan serta sikap toleran di antara kalian.

 

Dalam hubungan mertua dan menantu, dibutuhkan kesediaan mengerem ego serta harapan masing-masing. Mertua yang telah menganggapmu seperti anak sendiri sudah berhasil melakukannya. Semoga dari pihakmu pun sama sehingga kamu dapat menyayangi dan menghormati mertua seakan-akan mereka orangtua kandungmu.

Baca Juga: 5 Ketakutan Seseorang saat Tinggal Serumah dengan Mertua

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya