Comscore Tracker

Bikin Kamu Gak Dihargai Orang, Hindari 8 Hal Ini! 

Jaga penampilan juga penting lho

Siapa sih yang gak ingin dihargai oleh orang lain? Tentu semua ingin, kan? Sebab perlakuan yang sebaliknya akan menimbulkan perasaan terhina. Namun ternyata tak jarang, justru sikap kita sendiri yang membuat orang lain gak bisa menghargai kita.

Kalau kamu sering bertanya-tanya kenapa seseorang sepertinya lebih dihargai ketimbang dirimu, coba deh becermin. Jangan-jangan, kamu punya kebiasaan seperti di bawah ini:

1. Candaanmu jorok atau menyakiti hati orang lain 

Bikin Kamu Gak Dihargai Orang, Hindari 8 Hal Ini! Unsplash.com/jibarofoto

Buat kamu yang suka bercanda, sekarang harus lebih berhati-hati ya? Benar, candaan jitu untuk mencairkan suasana. Bisa bikin orang-orang lebih akrab. Tetapi itu hanya berlaku kalau candaanmu sehat dan di situasi yang tepat. Kalau candaanmu jorok atau bikin orang lain sakit hati, dijamin orang-orang akan membantin, ‘Ih, apaan sih?

2. Gak jaga penampilan di depan orang banyak 

Bikin Kamu Gak Dihargai Orang, Hindari 8 Hal Ini! Unsplash.com/karsten116

Jaga penampilan bukan berarti kamu harus mengenakan pakaian dan alas kaki yang mahal kok. Pakaian yang sederhana pun gak masalah. Yang penting bersih, jangan lupa mandi, dan kalau perlu pakai parfum. Walaupun kamu bisa berdalih isi buku gak bisa dinilai dari sampulnya, tetap saja yang pertama dilihat orang lain adalah penampilanmu. Jadi, jangan lagi meremehkannya ya?

3. Selalu kepo dan hobi bergunjing 

Bikin Kamu Gak Dihargai Orang, Hindari 8 Hal Ini! Unsplash.com/awcreativeut

Agak sulit memisahkan dua hal ini. Kebiasaan kepo sering kali juga membawamu ke dalam pergunjingan. Yang mungkin belum kamu sadari, dua hal ini sebenarnya membuatmu menerobos privasi orang lain. Kalau yang bersangkutan gak menceritakan urusan-urusannya ke kamu, dia pasti punya alasan. Bahkan jika alasannya sesimpel kenapa juga dia harus memberitahumu?

Baca Juga: 5 Konteks 'Berani', yang Bisa buat Kamu Tak Lagi Dihargai Orang Lain

4. Gak pernah mau mengambil peran lebih dalam urusan apa pun 

Bikin Kamu Gak Dihargai Orang, Hindari 8 Hal Ini! Unsplash.com/sachaverheij

Apakah kamu tipe orang yang selalu cari aman dengan menjadi pengikut saja dalam setiap urusan? Saat yang lain sibuk berpendapat dan berunding untuk menemukan jalan terbaik, kamu pasif saja. Gak punya pendapat, juga gak punya inisiatif untuk langsung ambil tindakan. Jika kamu seperti ini, wajar bila kamu dianggap gak ada oleh orang-orang. Sebab ada atau tiadanya kamu gak berdampak bagi mereka.

5. Memilih utang sampai ke hal-hal kecil padahal sebenarnya kamu mampu secara finansial 

Bikin Kamu Gak Dihargai Orang, Hindari 8 Hal Ini! Unsplash.com/zlucerophoto

Boleh kok berutang kalau memang darurat sekali. Namun jika kamu sebenarnya mampu, kebiasaanmu berutang di sana sini tak ubahnya mempermalukan diri sendiri. Belum lagi kalau kamu sulit saat ditagih atau malah pura-pura lupa. Padahal, pembayaran darimu mungkin berarti besar untuk orang lain. Kalau kamu meremehkan kepentingan mereka, tentu kamu juga gak bisa berharap mereka akan menghormatimu.

6. Menjelek-jelekkan pekerjaanmu sendiri 

Bikin Kamu Gak Dihargai Orang, Hindari 8 Hal Ini! Unsplash.com/burntnegative

Semembosankan apa pun pekerjaanmu, kenyataannya kamu masih bisa memilih untuk tidak melakoninya. Tentu dengan segala risikonya. Maka akan tampak aneh bagi orang lain bila kamu menjelek-jelekkan pekerjaanmu sendiri. Sedikit banyak, itu pilihanmu sendiri kok.

Kalau kamu melakukan ini, kamu akan terkesan munafik. Mau menerima penghasilannya, tetapi sekadar menjaga nama baik tempat kerjamu pun kamu gak bisa. Lagi pula, untuk orang dewasa, pekerjaan itu bagian dari identitas. Jadi jika kamu menjelek-jelekkan pekerjaanmu, itu sama artinya kamu mencela sebagian dari dirimu sendiri.

7. Sering minta dikasihani 

Bikin Kamu Gak Dihargai Orang, Hindari 8 Hal Ini! Unsplash.com/albijana

Kalau kamu sebenarnya layak dikasihani tetapi kamu sendiri gak pernah berusaha meminta belas kasih orang, mereka akan makin menghargaimu. Kamu terlihat punya harga diri sesulit apa pun hidupmu. Namun jika hidupmu sebenarnya terbilang baik-baik saja, masih banyak yang jauh lebih menderita darimu, kebiasaanmu minta dikasihani akan membuat orang memandangmu rendah.

8. Kamu sendiri gak bisa menghargai orang lain 

Bikin Kamu Gak Dihargai Orang, Hindari 8 Hal Ini! Unsplash.com/matt909

Banyak hal di dunia ini adalah hubungan timbal balik. Maka jika kamu ingin dihargai orang lain, kamu harus terlebih dahulu menghargai mereka. Kalau sikapmu saja semena-mena, tentu kamu bukannya dihargai malah dibenci. Walau akan tetap ada satu atau dua orang yang gak bisa menghargaimu, itu karena mereka memang gak bisa menghargai semua orang termasuk dirinya sendiri.

Namun secara umum, hubungan timbal balik ini berlaku. Jadi sekarang sudah siap kan, untuk lebih menghargai orang lain?

Baca Juga: Simpel, 5 Sikap Ini Bikin Orang Lain Merasa Dihargai 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya