Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Mewarnai Perjalanan Hidupmu di Masa Dewasa

#IDNTimesLife Gak mudah, tetap hadapi dengan senyuman

Masa dewasa adalah masa yang penuh tantangan. Ini akan sangat menentukan apakah kamu bisa menjadi pribadi yang mandiri dan memiliki kehidupan yang baik atau justru hidupmu gak jelas dan terus bergantung pada orang lain.

Tentu saja kamu gak perlu terlalu memikirkannya sehingga mengalami kecemasan berlebih. Akan tetapi, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi lima hal berikut ini.

1. Capek di tengah jalan saat berusaha meraih mimpi

5 Hal yang Akan Mewarnai Perjalanan Hidupmu di Masa DewasaIlustrasi kelelahan psikis (unsplash.com/timtrad)

Seperti dalam ilustrasi, jalan yang harus kamu tempuh barangkali bukanlah sebuah jalan lurus melainkan berkelok. Artinya, akan ada banyak rintangan yang mengadang. Itu membuat perjalananmu terasa makin panjang dan melelahkan.

Saking lelahnya, kamu akan dihampiri keputusasaan. Namun setiap kali kamu merasakannya, kamu harus kembali menguatkan tekadmu. Sebab jika kamu berhenti begitu saja, semua perjuanganmu selama ini malah menjadi sia-sia.

2. Sulitnya mendapatkan pekerjaan atau merintis usaha sendiri

5 Hal yang Akan Mewarnai Perjalanan Hidupmu di Masa DewasaIlustrasi bekerja (unsplash.com/dylanluu)

Tentu gak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan pekerjaan dalam waktu singkat setelah lulus kuliah. Bahkan pekerjaan yang memang didambakan. Akan tetapi, jangan lupakan kemungkinan sebaliknya sebab banyak yang mengalaminya.

Kamu rajin mencari lowongan pekerjaan dan melamar ke sana kemari, tetapi tak kunjung mendapatkan kabar baik. Gagal di tahap seleksi kesekian atau surat lamaranmu sama sekali gak mendapat jawaban. Merintis usaha sendiri pun butuh keuletan yang luar biasa.

3. Hanya sedikit orang yang selalu setia di sisimu

5 Hal yang Akan Mewarnai Perjalanan Hidupmu di Masa DewasaIlustrasi berjalan sendiri (unsplash.com/jacalynbeales)

Makin sulit perjalanan hidupmu, sayangnya kamu makin gak bisa berharap orang-orang akan setia mendampingimu. Padahal, kamu lagi butuh banget dukungan atau sekadar teman bercerita.

Namun beginilah dunia orang dewasa. Terlalu banyak orang yang sudah sangat sibuk dan pusing oleh urusan masing-masing sehingga kamu gak bisa banyak menuntut dari mereka. Sama seperti dirimu yang juga belum tentu bisa memberikan dukungan dan menjadi teman cerita bagi orang lain.

Baca Juga: 5 Tips Mengendalikan Sifat Kompetitif yang Berlebihan

4. Kadang hidupmu melambat, kadang kamu sendiri yang dituntut lebih berhati-hati

5 Hal yang Akan Mewarnai Perjalanan Hidupmu di Masa DewasaIlustrasi perempuan muda (unsplash.com/danielmonteirox)

Ada kalanya semua terasa cukup mudah dalam hidupmu. Kamu bisa meraih ini itu dengan usaha yang gak terlalu menguras tenaga dan pikiran. Namun gak peduli seberapa keras usahamu, ada kalanya kamu terasa seperti hanya sedang membuang-buang tenaga.

Gak ada hasilnya. Terus seperti itu sampai kamu mulai kehilangan kepercayaan diri dan optimisme. Namun ingatlah, inilah yang disebut roda kehidupan selalu berputar. Memang nyaris gak terasa saat kamu masih sepenuhnya dalam perlindungan orangtua.

Orangtuamu yang sudah terbiasa merasakan perubahan hidup dari mudah ke sulit dan sebaliknya. Mereka juga selalu berusaha membuatmu senyaman mungkin bahkan gak perlu tahu apa yang terjadi. Akan tetapi setelah dewasa, kamu harus menghadapinya sendiri.

5. Akhirnya mengerti bahwa hidup gak bisa dijalani hanya dengan mengeluh

5 Hal yang Akan Mewarnai Perjalanan Hidupmu di Masa DewasaIlustrasi seorang pria (unsplash.com/ricaros)

Memang butuh waktu untukmu bisa sampai di titik ini. Sebelum ini, kamu tiada hari tanpa mengeluh. Malah merasa mustahil untuk tidak mengeluh dan marah jika dinasihati untuk menahan keluhan.

Namun pada akhirnya kamu mengerti bahwa mengeluh gak membuat hidupmu benar-benar menjadi lebih baik. Kamu cuma merasa lega sesaat, tetapi lebih sering makin kesal saat orang lain gak menanggapinya sesuai dengan harapanmu.

Maka kamu belajar untuk lebih tenang dalam menjalani hidup. Kamu belajar menahan banyak ketidakenakan dalam hidup. Tidak lagi banyak mengeluh dan lebih fokus pada tindakan atau berdoa.

Meski gak mudah menghadapi kelima hal di atas, menjadi dewasa gak akan membuatmu kapok, kok. Justru makin lama kamu akan makin puas dengan dirimu. Kamu punya kehidupan sendiri dan keleluasaan untuk mengatur dan mengarahkannya. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Sifat Ini Buktikan Kamu Sosok Perempuan Dewasa dan Bijak

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya