Comscore Tracker

5 Tips Meminimalkan Perabot biar Lebih Lega dan Gampang Bersih-bersih

#IDNTimesLife Hemat juga, kan?

Kalau baru punya rumah, biasanya semua jadi ingin dibeli ya? Biar lengkap, seperti rumah 'sungguhan'. Padahal, terlalu banyak perabot malah bisa bikin rumahmu terasa sesak. Membersihkannya juga jadi lebih sulit.

Banyak banget yang harus dilap. Kalau mau menyapu dan mengepel, cuma bisa lantai yang gak terhalang perabot. Nah, daripada ribet dan mengeluarkan banyak uang untuk membeli perabot, lima tips berikut bisa kamu terapkan. Simak ya!

1. Menggunakan meja multifungsi

5 Tips Meminimalkan Perabot biar Lebih Lega dan Gampang Bersih-bersihPexels.com/jonathanborba

Maksudnya, gak perlu ada terlalu banyak meja di rumahmu. Misal, ada meja dapur, meja makan, meja ruang tengah, meja ruang tamu, juga meja di teras. Nah, sudah berapa banyak tuh, mejanya?

Belum lagi meja di setiap kamar. Padahal, meja dapur bisa sekalian untuk meja makan. Bisa juga meja makan atau meja ruang tengah sekaligus menjadi meja belajar atau bekerja dan seterusnya.

Yang penting kamu belajar rapi sehingga mejamu gak penuh oleh berbagai benda. Jangan lupa rutin membersihkan permukaan meja agar setelah digunakan makan, berkas-berkas pekerjaanmu gak terkena noda makanan atau tetesan minuman.

2. Mengurangi jumlah kursi

5 Tips Meminimalkan Perabot biar Lebih Lega dan Gampang Bersih-bersihPexels.com/fotoaibe

Sebenarnya bisa sih, kamu meniadakan kursi di rumah. Jadi, model lesehan saja. Cukup alas duduk biar gak dingin. Namun bukan gak mungkin suatu saat kamu akan menerima tamu yang kesulitan bila harus duduk di bawah.

Misalnya, lansia. Jadi, kalau mau tetap ada kursi, ya gak usah banyak-banyak. Satu set sofa saja sudah cukup. Kalau lagi ada banyak tamu, sebagian lesehan saja. Gak usah merasa gak enak sama tamu.

Coba deh, tanya orang-orang. Pasti banyak yang lebih suka duduk di bawah karena terasa lebih leluasa. Apalagi anak muda. Daripada kebanyakan kursi yang belum tentu diduduki dan bagian bawahnya jarang dibersihkan, kan?

3. Meminimalkan barang sehingga gak butuh banyak lemari atau rak

5 Tips Meminimalkan Perabot biar Lebih Lega dan Gampang Bersih-bersihPexels.com/max-artbovich

Terkadang, yang bikin rumah terasa penuh justru berbagai benda pajangan. Yah, namanya saja benda pajangan. Pasti butuh meja atau rak khusus biar bisa dilihat orang-orang yang berkunjung ke rumah, kan?

Memang sih, ini soal selera. Namun kalau kamu ingin rumahmu terasa lebih longgar, ada baiknya berbagai benda pajangan juga dikurangi. Cukup dengan menguranginya, mungkin kamu juga bisa meniadakan satu meja atau rak yang biasa digunakan untuk memajangnya.

Lagi pula, benda pajangan yang kecil-kecil memerlukan usaha ekstra untuk membersihkannya. Perlu dilap satu per satu. Malas sedikit, malah jadi kusam oleh debu. Malu kan, dilihat tamu?

Baca Juga: 9 Ide Tata Letak Kumpulan Buku di Rumah, Bisa Jadi Dekorasi Menarik!

4. Manfaatkan ruang kosong di bawah tangga

5 Tips Meminimalkan Perabot biar Lebih Lega dan Gampang Bersih-bersihPexels.com/fotoaibe

Kalau ada ruang yang cukup di bawah tangga; kamu bisa memasang rak, lemari, bahkan meletakkan sofa. Yang penting saat orang berdiri, kepala gak terbentur. Dengan begini, ruangan jadi terasa lebih lapang.

Ruang kosong terhampar di tengah. Praktis banget buat dibersihkan setiap hari. Mau menyapu atau mengepel, sudah gak terhalang berbagai perabot. Pekerjaanmu lekas beres!

5. Pakai tempat tidur susun atau yang sekaligus bisa menyimpan barang

5 Tips Meminimalkan Perabot biar Lebih Lega dan Gampang Bersih-bersihPexels.com/tristan-paolo-2664265

Terutama untuk rumah yang gak luas, tempat tidur susun memang cocok banget. Terbayang kan, kamu butuh ruang lebih kalau tempat tidurnya gak susun? Ada dua tempat tidur biasa, berarti juga harus bersih-bersih dua kolong.

Kalau kamu kurang menyukai tempat tidur susun, kamu masih bisa menyiasati rumahmu biar tetap terkesan simpel dengan membeli atau memesan tempat tidur berlaci banyak. Kamu bisa menyimpan pakaian, sepatu, sampai buku di sana. Gak perlu lemari atau rak lagi deh.

Zaman sekarang, isi rumah yang simpel memang menjadi idaman. Terutama di tengah kesibukan kerjamu. Biar pekerjaan kantor beres, kebersihan rumah juga gak telantar karena kamu bisa mengerjakannya sendiri setiap saat.

Dari segi keuangan pun akan jauh lebih hemat. Harga perabot itu lumayan, kan? Mending uangnya ditabung atau untuk hal-hal lain yang lebih penting.

Baca Juga: 9 Tanaman Bercorak Putih untuk Dekorasi Indoor dan Outdoor, Naksir!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya