Comscore Tracker

5 Tips Rayakan Ulang Tahun Anak agar Tak Jadi Hedonis, Sederhana Saja

Isi acaranya harus bermanfaat untuk semua tamu

Merayakan ulang tahun anak tentu boleh-boleh saja. Perayaan ini dapat menjadi bentuk syukur kita atas kehadiran anak di tengah keluarga, pertambahan usianya, serta tumbuh kembangnya yang baik.

Namun hati-hati, keliru membuat konsep perayaan ultah anak justru dapat membentuknya jadi hedonis kala dewasa. Ia telah melihat kemewahan pesta dan menerima hadiah-hadiah mahal sejak kecil.

Ketika anak mementingkan kedua hal tersebut, dalam hal apa pun dia akan menjadikan materi sebagai ukuran. Seperti kebahagiaan diukur dari seberapa banyak uang yang bisa diperoleh dan dibelanjakan, termasuk buat berpesta.

Untuk mencegah akibat buruk seperti di atas, mari lebih cermat dalam merencanakan perayaan ulang tahun anak. Semoga anak tetap merasa senang dan orangtua pun tenang karena tak sedang mengajarkan kebiasaan yang kurang baik. Berikut ini tips merayakan ulang tahun anak!

1. Gak usah pesta mewah karena sejatinya anak juga belum mengerti

5 Tips Rayakan Ulang Tahun Anak agar Tak Jadi Hedonis, Sederhana Sajailustrasi ulang tahun anak (pexels.com/Vlada Karpovich)

Semua anak mungkin menyukai kue ulang tahun karena rasanya yang manis dan hiasannya yang menarik. Namun soal harganya, siapa yang benar-benar peduli? Jadi, gak masalah juga seandainya kue ulang tahunnya berharga sedang-sedang saja atau buatan sendiri.

Pesta ultah yang penuh kemewahan sejatinya lebih menggambarkan ambisi orangtua ketimbang keinginan anak. Kita mungkin ingin sekalian meningkatkan gengsi di depan sesama orangtua. Sesuatu yang sama sekali tidak penting bagi anak.

2. Jangan meminta kado, kalau bisa justru memberikan bingkisan untuk tamu undangan

5 Tips Rayakan Ulang Tahun Anak agar Tak Jadi Hedonis, Sederhana Sajailustrasi ulang tahun (pexels.com/Kampus Production)

Biasanya, menghadiri ulang tahun teman berarti juga membawakannya kado. Namun, bagaimana jika sesekali kita melakukan hal yang berbeda? Tamu undangan diimbau tak usah membawa kado, yang penting hadir saja.

Kemudian saat pesta berakhir, justru mereka mendapatkan bingkisan untuk dibawa pulang. Bingkisannya bisa berupa makanan, peralatan sekolah, atau yang lain. Dengan begini, anak yang sedang berulang tahun bisa belajar berbagi di hari istimewanya.

Baca Juga: 9 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merencanakan Pesta Ulang Tahun Anak

3. Isi dengan kegiatan yang menambah pengetahuan dan keterampilan anak

5 Tips Rayakan Ulang Tahun Anak agar Tak Jadi Hedonis, Sederhana Sajailustrasi melukis telur (pexels.com/Gustavo Fring)

Supaya pesta ulang tahun bermakna lebih, pastikan acaranya gak cuma bernyanyi dan tepuk tangan saat lilin ulang tahun ditiup. Jadikan acara ini menyenangkan untuk semua orang. Bukan hanya buat anak kita yang sedang menjadi pusat perhatian.

Kegiatannya mesti membuat semua anak sibuk dan terkesan. Kita bisa mengisinya dengan sama-sama belajar melukis telur, kaus, atau tas kain. Nanti di akhir acara, hasil lukisan itu dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

4. Undang seluruh temannya atau khusus acara keluarga inti

5 Tips Rayakan Ulang Tahun Anak agar Tak Jadi Hedonis, Sederhana Sajailustrasi ulang tahun anak (pexels.com/Ron Lach)

Jika ingin mengundang teman-teman anak, pastikan gak ada yang ketinggalan. Hindari hanya mengundang sahabat anak dan mengabaikan teman-teman yang tidak terlalu dekat. Bagaimanapun juga, mereka satu kelas di sekolah.

Cerita tentang ulang tahun anak pasti akan tersebar. Anak-anak yang tidak diundang tentu merasa tersisih. Maka apabila mengundang seluruh teman anak terasa merepotkan, sebaiknya ultah anak dirayakan secara sederhana saja dengan keluarga inti.

Atau, ulang tahun anak dirayakan dengan konsep murni berbagi kebahagiaan. Kita dapat memesan nasi kotak untuk dibagikan pada teman-teman anak di jam pulang sekolah. Gak ada acara pesta ulang tahun di rumah. Jangan lupa gurunya juga dikasih, ya.

5. Tak perlu dijadikan acara tahunan

5 Tips Rayakan Ulang Tahun Anak agar Tak Jadi Hedonis, Sederhana Sajailustrasi ulang tahun (pexels.com/Ivan Samkov)

Kalau perayaan ulang tahun anak diadakan setiap tahun, ia bisa berpikir hal itu wajib dilakukan. Maka ada baiknya kita sengaja tidak merayakan setiap ulang tahun anak dengan membuat pesta. Kita dapat membuat pesta dengan mengundang teman-temannya hanya saat anak berusia tertentu.

Selebihnya, hari kelahiran anak diperingati secara lebih sederhana di rumah saja. Bisa dengan makan bersama keluarga yang diisi dengan ucapan selamat ulang tahun serta harapan-harapan terbaik untuk anak. Jelaskan pada anak bahwa pesta ulang tahun bukanlah hal yang harus diadakan.



Sama seperti kegiatan lainnya, perayaan ulang tahun anak juga akan menjadi sarananya belajar. Tentang konsep memberi dan menerima, mensyukuri usia serta kesehatan, menjaga hubungan baik dengan orang lain, dan bagaimana menggunakan uang dengan bijaksana. Pastikan sebagai orangtua, kita membuat konsep ulang tahun anak dengan mempertimbangkan akibatnya di masa depan.

Baca Juga: 7 Toko Kue Ulang Tahun di Malang, Enak dan Ramah di Kantong

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya