Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Mengajarkan Anak Agar Tidak Suka Ngambek

Yuk, orangtua segera terapkan!

Impian semua orangtua sangat sederhana yaitu dapat mendidik anaknya dengan baik. Namun, mendidik anak bukan hal yang mudah dan malah harus dilatih sejak dini. Dengan begitu anak mudah mengingat apa yang baik dan salah. 

Seperti mengajarkan anak agar tidak suka ngambek bisa orangtua terapkan sejak dini. Ini akan sangat membantu dan ketika ia dewasa maka, anak tidak menjadi pribadi yang suka ngambek. Nah, berikut ini lima cara sederhana mengajarkan anak agar tidak suka ngambek. 

1. Beri tahu anak betapa penting untuk bersyukur

5 Cara Sederhana Mengajarkan Anak Agar Tidak Suka NgambekPexels/Pixabay

Orangtua jangan pernah cuek dalam mendidik anak walaupun itu dimulai dari hal kecil. Mengajarkan anak untuk bersyukur ternyata mampu membuatnya menjadi tidak suka ngambek. Kenalkan pada anak bahwa hidup perlu bersyukur dalam melakukan segala hal. Jadi ketika anak sudah bisa bersyukur tentu, ia berpikir bahwa ngambek itu tidak baik.

2. Tetap memberi teguran ketika anak melakukan kesalahan

5 Cara Sederhana Mengajarkan Anak Agar Tidak Suka NgambekPexels/Movidagrafica Barcelona

Biasakan sejak dini ketika anak melakukan kesalahan kamu harus berani untuk tegur. Jangan dibiarkan saja karena dapat membuat anak merasa dibela untuk hal salah.

Walaupun orangtua sangat menyayangi anak tetapi tetap tunjukkan yaitu, dengan cara menegur dan mendidik anak saat ia melakukan kesalahan. Dengan adanya ketegasan dari orangtua maka anak akan mandiri dan tidak suka ngambek. 

Baca Juga: 5 Tips Menambah Kekompakan Orangtua dan Anak, Yuk Cari Tahu! 

3. Biarkan anak yang meminta maaf dahulu ketika dia melakukan kesalahan

5 Cara Sederhana Mengajarkan Anak Agar Tidak Suka NgambekPexels/Katie E

Orangtua harus biasakan anak untuk mengucapkan maaf ketika ia berbuat salah. Hal sederhana ini justru sangat ampuh membuat anak tidak suka ngambek. Misalnya, saat anak melakukan kesalahan dan jangan sampai orangtua yang lebih dulu minta maaf tetapi biarkan anak melakukannya.

Membiasakan yang baik untuk anak, sangat tidak salah dan sebaliknya dapat memberi dampak positif.  

4. Jangan semua keinginan anak dituruti

5 Cara Sederhana Mengajarkan Anak Agar Tidak Suka NgambekPexels/Ba Phi

Biasanya anak suka ngambek karena situasi tidak sesuai keinginannya. Oleh sebab itu, orangtua harus mulai dari dini untuk mengajarkan anak hidup apa adanya. Karena apa yang dia inginkan tidak harus orangtua penuhi. Jadi orangtua jangan merasa bersalah karena ini, menjadi salah satu cara agar anak tidak suka ngambek. 

5. Coba sisihkan waktu untuk orangtua mengobrol rutin dengan anak

5 Cara Sederhana Mengajarkan Anak Agar Tidak Suka NgambekPexels/cottonbro

Menyisihkan waktu untuk mengobrol rutin dengan anak ternyata sangat baik untuk diterapkan orang tua. Karena pada dasarnya ketika orang tua sudah dekat dengan anak maka, ia sangat mudah untuk terbuka. Semakin orangtua mengenal anaknya tentu memudahkan dalam mendidik. Sehingga anak akan takut dan melakukan hal buruk seperti suka ngambek.

Anak yang suka ngambek pasti mempengaruhi pertumbuhannya bahkan, ketika dewasa ia akan dikucilkan oleh orang sekitar. Jadi sebelum hal itu terjadi, orangtua lebih dulu mendidik dan memberitahukan bahwa ngambek itu sikap yang salah. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengajari Anak Rasa Bersyukur, Orangtua Wajib Baca!

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya