Comscore Tracker

5 Cara Membangun Hubungan Baik dengan Anak, Orangtua Wajib Tahu!

Yuk, diterapkan! 

Adanya hubungan yang awet itu terjadi akibat saling menyayangi. Terkhusus dalam membangun sebuah keluarga harus butuh perhatian lebih. Untuk keluarga yang harus kalian pahami adalah mengolah rasa sayang sesama anggota keluarga. Sehingga muncul keterikatan dan sikap pengertian. 

Yuk, bagi keluarga yang baru mau tahu lima cara mengawetkan hubungan dengan anak perhatikan penjelasan berikut. 

1. Meluangkan waktu untuk mengobrol

5 Cara Membangun Hubungan Baik dengan Anak, Orangtua Wajib Tahu!Pexels/Pixabay

Mengobrol dengan anak adalah cara terbaik menjadikan hubungan lebih baik. Tidak salah jika kamu meluangkan waktu sebentar untuk bertanya kabarnya. Sebagai orangtua juga harus pandai membangun pembicaraan yang asik. Agar anak tidak takut dan bosan untuk terbuka kepadamu. 

2. Mengetahui kelemahan dan kelebihan anak

5 Cara Membangun Hubungan Baik dengan Anak, Orangtua Wajib Tahu!Pexels/Agung Pandit Wiguna

Orangtua yang baik pasti akan mencari cara untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan anak. Bantu dan bimbing anak untuk keluar dari kelemahannya. Begitu juga akan kelebihannya, arahkan agar ia merasa nyaman dan dapat menggapai segala cita-cita. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Pola Asuh Orangtua Millennial Vs Orangtua Baby Boomers

3. Tidak langsung memukul ketika ia buat kesalahan

5 Cara Membangun Hubungan Baik dengan Anak, Orangtua Wajib Tahu!Pexels/Emma Bauso

Jangan jadi orangtua yang ringan tangan. Dikit-dikit memukul anak hingga dia nangis dan kalian akan melakukannya secara terus-menerus. Itulah yang membuat perkembangan anak rusak dan hubungan orangtua dengan anak akan renggang. 

Lebih baik ubah cara didik kalian dan sayangi anak dengan kata-kata yang lembut. Hal ini akan sangat membantu kalian sebagai orangtua dalam menjaga hubungan dengan anak. 

4. Tidak salah memberikan anak pujian

5 Cara Membangun Hubungan Baik dengan Anak, Orangtua Wajib Tahu!Pexels/Anastasiya Gepp

Menjadikan anak seperti sahabat sangat penting untuk orangtua lakukan. Dimulai dari hal kecil yaitu memberi anak pujian. Seperti ketika ia mendapat rangking atau menang perlombaan di sekolah. Anak pasti akan senang dan bangga memiliki orangtua seperti kamu. Yang memberi apresiasi ketika ia berhasil, walaupun itu hanya sebatas pujian. 

5. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan anak

5 Cara Membangun Hubungan Baik dengan Anak, Orangtua Wajib Tahu!Pexels/Ana Francisconi

Ini juga tidak boleh terlewatkan untuk orangtua lakukan. Wajib memenuhi kebutuhan anak bukan hanya sebagai tanggung jawab, tetapi tanda kalian sayang pada anak. Hal tersebut tentu membuat anak merasakan kasih sayang dari orangtua. Sehingga hubungan tetap terjaga dan harmonis. 

Anak merupakan harta berharga yang dimiliki orangtua oleh sebab itu, jangan sepeleh dalam mendidiknya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Menurut Orangtua Baik, Tapi Ternyata Tidak Bagi Mental Anak

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You