Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Melatih Anak untuk Bersikap Ramah

Sangat penting untuk dilatih sejak dini

Mendidik anak sudah menjadi tugas terpenting buat orangtua. Bahkan orangtua mengusahakan anaknya menjadi yang terbaik. Terkadang ketika anak sudah beranjak dewasa, ada beberapa sikapnya mengecewakan hati orangtua. Tetapi balik lagi ke cara orangtua memberi didikan pada anak, apakah sudah benar atau belum? 

Oleh sebab itu, orangtua tidak ada kenal lelah untuk mendidik anak. Dan agar orangtua lebih memahami bagaimana cara mendidik anak menjadi ramah maka latih sejak dini. Perhatikan lima cara berikut untuk dapat kalian praktikkan. 

1. Mengajarkan anak tentang sapaan yang ia ucapkan untuk menyapa

5 Cara Sederhana Melatih Anak untuk Bersikap RamahPexels/Emma Bauso

Agar anak mengerti bagaimana ia bersikap ramah maka orangtua harus mengajarkan caranya. Dan lebih baik anak tahu ucapan yang sopan saat menyapa orang lain. Misalnya ajarkan dia memanggil orang yang lebih tua dengan sebutan 'om', 'tante', atau 'kakak'. 

Jika seperti itu, anak akan tahu bahwa ramah juga harus dengan sopan. Setelah anak mengerti panggilan apa yang harus ia gunakan, maka selanjutnya akan memudahkan anak memulai menyapa orang lain tanpa orangtua harus menyuruh. 

2. Jangan lupa ingatkan ia untuk murah senyum

5 Cara Sederhana Melatih Anak untuk Bersikap RamahPexels/Brett Sayles

Anak tidak mudah untuk mengikuti semua yang kita ajarkan. Tapi ketika orangtua mempraktikkannya bisa jadi anak akan mudah mengingat dan melakukan. Seperti ajarkan anak untuk murah senyum ketika bertemu orang lain. 

Beritahu bahwa dengan murah senyum akan menandakan kita bersikap ramah. Jika sejak dini diajarkan perlahan, pasti anak akan paham dan menyukai kebiasaan ini. 

Baca Juga: 10 Nama Anak Seleb Indonesia Kelahiran 2019 Ini Bisa Jadi Inspirasimu

3. Praktikkan bagaimana cara menyalam yang benar

5 Cara Sederhana Melatih Anak untuk Bersikap Ramahsittercity.com

Jangan lupa praktikkan cara menyalam yang benar pada anak. Dan beritahu bahwa memberi salam pada orang lain akan menunjukkan kita menghargai orang tersebut. Secara otomatis akan membuat anak mengerti akan baik atau buruknya, sehingga semakin banyak orangtua mengajarkan hal yang baik, ia juga akan banyak menerima dan melakukan hal baik.

4. Jangan sungkan untuk menyuruhnya duduk ketika ada tamu datang ke rumah

5 Cara Sederhana Melatih Anak untuk Bersikap Ramahsuccessfulgenerations.com

Terkadang orangtua masih mengabaikan perlakuan anak ketika datang tamu ke rumah. Jika sejak dini ia tau bagaimana menyambut atau memberi salam dengan ramah pada tamu, maka biarkan juga ia duduk ketika kalian mengobrol. Daripada anak bermain handphone di kamar, menandakan ia cuek dan tidak tahu bagaimana bersikap ramah dengan orang lain. 

5. Tidak salah memberi hadiah kecil jika anak berhasil bersikap ramah

5 Cara Sederhana Melatih Anak untuk Bersikap RamahPexels/freestocks.org

Nah, memberi hadiah kecil pada anak itu yang harus dilakukan orangtua. Apalagi ketika anak berhasil atau menanamkan sikap ramah dalam diri. Tandanya, kamu sebagai orangtua akan menghargai atas sikap anak yang mau mendengar didikanmu. Dan dengan begitu anak akan semakin semangat juga bangga bahwa ia mampu bersikap ramah. Tapi ingat jangan terlalu sering, sebab membuat anak akan mengharapkan hadiah ketika ia melakukan kebaikan. 

Menanamkan hal yang benar bagi anak sangat penting dan pertanda kalian sudah berhasil menjadi orangtua yang baik. Dan lima cara di atas wajib orangtua terapkan agar anak mengerti bahwa bersikap ramah itu penting. 

Baca Juga: Cara Mengasuh Anak ala Orangtua Korea yang Positif Dicoba Millennials

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You