Comscore Tracker

5 Tips Menambah Kekompakan Orangtua dan Anak, Yuk Cari Tahu! 

Agar keluarga jauh lebih harmonis

Ada banyak alasan yang membuat keluarga menjadi tidak harmonis. Ketika masalah dalam keluarga tidak dapat diselesaikan maka, kehancuran akan segera datang. Sebelum hal tersebut terjadi lebih baik, cari tahu apa yang menjadi akar permasalahannya. Dengan begitu kekompakan dalam keluarga dapat terus terjadi. Nah, berikut ini lima tips menambah kekompakan orangtua dan anak. 

1. Mengantar anak juga istri ke sekolah dan tempat kerja

5 Tips Menambah Kekompakan Orangtua dan Anak, Yuk Cari Tahu! Pexels/Tobi

Kekompakan bisa dimulai dari hal yang kecil misalnya, ayah mengantar anaknya juga istri ke sekolah dan tempat kerja. Jika jam masuknya masih sama, ayah, ibu, dan juga anak bisa pergi berangkat bareng.

Dalam perjalanan dapat mengobrol bersama, bercanda, dan saat itu anak akan banyak bercerita. Semakin mengenal tentu hubungan akan dekat dan mudah untuk terbuka. 

2. Membuat jadwal liburan bersama keluarga

5 Tips Menambah Kekompakan Orangtua dan Anak, Yuk Cari Tahu! Pexels/Muhammad Rahmat Yulianto

Keluarga yang kompak pasti sering menghabiskan waktu bersama. Dan usahakan orangtua membuat liburan bersama. Anak akan memiliki waktu yang berkualitas sekaligus bermain bersama orangtua. Anak juga akan merasa bahwa orangtua begitu perhatian padanya. Alhasil, anak tidak melawan saat diberi nasihat dan bahkan akan ia lakukan karena, anak sudah mengenal orangtuanya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Menjadi Orangtua yang Bijak

3. Sisihkan waktu untuk bermain bareng keluarga

5 Tips Menambah Kekompakan Orangtua dan Anak, Yuk Cari Tahu! Pexels/Film Bros

Saat di rumah orangtua terkadang tidak memberi waktu pada anak. Sibuk dengan gadget masing-masing dan anak akan merasa sendiri. Saat seperti ini orangtua seharusnya lebih peka dan mengajak anak bermain bersama. Ini sesuatu yang sangat disukai oleh anak dan ia akan bangga memiliki orangtua seperti kalian.

4. Boleh juga membuat jadwal memasak bersama

5 Tips Menambah Kekompakan Orangtua dan Anak, Yuk Cari Tahu! Pexels/Maarten van den Heuvel

Keluarga dapat kompak seperti layaknya sahabat dan itu sangat mudah untuk dilakukan. Melibatkan semua anggota keluarga sangat membantu dalam menambah kedekatan satu sama lain. Seperti membuat jadwal memasak bersama dan anak juga akan menyukai hal baru tersebut. Dengan memasak bersama, orangtua dan anak bisa saling bercanda, mengenal, dan saling membantu. 

5. Mengajak keluarga makan malam bersama

5 Tips Menambah Kekompakan Orangtua dan Anak, Yuk Cari Tahu! Pexels/cottonbro

Makan malam bersama keluarga ternyata sangat ampuh dalam menambah kekompakan antara ayah, ibu, dan anak. Makan malam sambil mengobrol akan membuat suasana antar anggota keluarga semakin akrab. Jadi orangtua juga bisa cerita pada anak dan di saat seperti ini, ia akan mengerti tentang masalah yang kalian hadapi. 

Itu tadi lima tips untuk menambah kekompakan antara orangtua dan anak. Semua dimulai dari orangtua untuk membangun keluarga yang harmonis dan semakin kompak. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengajari Anak Rasa Bersyukur, Orangtua Wajib Baca!

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya