Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Kamar Mandi agar Tidak Lembap dan Bau, Bebas Jamur!

Bebas bau juga lho!

Kamar mandi memang sangat potensial untuk menjadi lembap karena penggunaan air di dalamnya. Menjaga agar kamar mandi gak lembap memang perlu trik khusus. Gak sulit, banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti rajin membersihkannya.

Untuk menjaganya agar tetap kering, bisa lakukan tips di bawah. Karena kamar mandi yang lembap bisa jadi sarang kuman.

1. Pilih shower atau bak mandi kecil

5 Tips Menjaga Kamar Mandi agar Tidak Lembap dan Bau, Bebas Jamur!healthline.com

Sebaiknya pilih shower untuk mandi karena kucurannya lebih terukur. Jika kesulitan, gunakan bak mandi yang kecil agar gak ada air yang terus tertampung dalam jumlah banyak. Menggunakan air dengan kucuran yang deras seperti memakai gayung akan lebih lama diserap drainase sehingga memicu kelembapan berlebih.

2. Pasang exhaust fan

5 Tips Menjaga Kamar Mandi agar Tidak Lembap dan Bau, Bebas Jamur!thearchitectsguide.com

Exhaust fan berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara. Sehingga udara dari dalam kamar mandi bisa dibuang keluar dan menggantinya dengan yang baru. Umumnya exhaus fan menyatu dengan saklar lampu, sehingga saat menyalakan lampu, kipas ikutan menyala. Bonusnya kamar mandi juga lebih minim bau tak sedap.

Baca Juga: Tingkatkan Kesegaran, Ini 5 Tanaman yang Cocok Ditaruh di Kamar Mandi

3. Letakkan penyerap kelembapan

5 Tips Menjaga Kamar Mandi agar Tidak Lembap dan Bau, Bebas Jamur!cnairsto.en.made-in-china.com

Banyak dijual di pasaran, umumnya terbuat dari karbon untuk menyerap kelembapan di dalam kamar mandi dan bisa menetralisir aroma. Benda ini memiliki batas penggunaan, biasanye memiliki banyak bulir dan akan menyerap kelembapan dengan mengubah bentuk menjadi air. Jika air sudah berada di batas maksimal, kamu wajib membuang air dan mengganti karbonnya.

4. Meletakkan keset di luar pintu

5 Tips Menjaga Kamar Mandi agar Tidak Lembap dan Bau, Bebas Jamur!independent.co.uk

Ada kamar mandi kering yang membiarkan meletakkan keset di dalamnya. Namun, hal tersebut justru akan 'menyimpan' air di dalamnya. Ketika kaki basah dan menggunakan keset, airnya akan bertahan di sana dan butuh waktu lama untuk kering. Gak jarang malah menimbulkan bau tak sedap. Disarankan meletakkan keset di pintu terluar kamar mandi.

5. Meletakkan kapur barus kamar mandi

5 Tips Menjaga Kamar Mandi agar Tidak Lembap dan Bau, Bebas Jamur!darknowstudent14.live

Selain menambah aroma yang wangi, butiran kapur barus juga dipercaya menjaga kelembapan di kamar mandi. Gak ada salahnya meletakkan di sudut kamar mandimu, pilih yang khusus untuk kamar mandi karena ada beberapa jenis di pasaran. Meskipun kamu sudah meletakkan penyerap lembab, boleh juga menambahkannya.

Tinggal pilih sesuai kebutuhan, semoga kamar mandimu jauh dari lembap ya. Jika kamu memiliki kamar mandi basah, pastikan drainasenya lancar dan gak tersumbat residu sabun, sampo, atau rambut.

Baca Juga: 5 Kamar Mandi dengan Berbagai Model, Jadi Makin Semangat Mandi!  

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya